Setelah sebelumnya saya membahas tentang Perbedaan ROM Stabil, Developer dan Ported di MIUI, kali ini saya akan membahas kembali tentang variasi ROM di MIUI. Kali ini adalah China version atau Global version. Nah, mau tau perbedaanyaa? Cekibrooottt…

Para pengguna biasanya dibuat bingung oleh pilihan ROM di MIUI. Mau pilih yang China build atau Global ya? Karena biasanya pengguna akan takut, nanti jangan-jangan setelah saya install versi China, HH saya jadi error nih karena hardware / software yang tidak cocok.
Jadi ini tambahan aja ya bro, kalian tidak perlu kuatir, karena baik ROM China atau Global sama-sama bisa digunakan koq seperti biasa dan tidak akan ada kendalanya, cuma di ROM China dan Global ini ada perbedaannya. Apa itu?
 
ROM CHINA
Ini bukan rasis ya bro. Tetapi memang itu namanya. Mengapa dinamakan ROM China? Karena ROM ini sebenarnya diperuntukkan bagi mereka yang tinggal di Tiongkok. Kan di Tiongkok itu banyak banget pembatasannya, seperti Google tidak boleh atau Facebook yang diblokir dan sebagainya.
Nah di versi China ini, MIUI yang kita install juga tidak menyertakan GAPPS (Google Apps and Services) seperti PlayStore, Keep, Maps, Gmail, dll karena di Tiongkok memang dilarang.
Sebagai gantinya, MIUI di versi China ini menyertakan beberapa “bloatware” aplikasi China yang sebenarnya bagi kita (para pengguna di luar Tiongkok) tidak berguna, tetapi bagi mereka yang tinggal di Tiongkok akan sangat berguna sekali.
Tetapi bila kita menggunakan ROM China ini tidak perlu kuatir dengan tidak adanya GAPPS ini. Kita bisa dengan mudah menginstall nya dengan menggunakan Google Installer. Sehingga kita bisa memasang PlayStore dan berbagai aplikasi Google lainnya.
Kelebihan lain dari ROM China ini adalah pilihan tema yang lebih banyak ketimbang versi Global. Selain tema, ROM China ini juga biasanya sudah native root atau sudah dalam keadaan rooted, sehingga kita tidak perlu repot-repot lagi melakukan rooting.
ROM GLOBAL
Berbeda dengan ROM China yang tidak menyertakan GAPPS dalam ROM nya, ROM Global ini datang dengan menyertakan hampir semua Gapps, antara lain PlayStore, Maps, Google Play Music, Play Newsstand, YouTube, dkk.
Seperti namanya, yaitu Global, ROM ini diperuntukkan buat kalian yang memang tinggal diluar Tiongkok, atau di seluruh dunia, sehingga disertakan pula GAPPS ini, agar memudahkan kita dalam penyesuaian dan penginstallan aplikasi-aplikasi lain.
ROM Global ini juga biasanya menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa defaultnya ya bro, serta biasanya menyertakan bahasa-bahasa lain, seperti Bahasa Indonesia pula. Berbeda dengan ROM China yang biasanya hanya menyertakan dua bahasa saja, seperti English & Chinese.
ROM Global ini biasanya juga lebih ringkas, karena tidak adanya bloatware aplikasi China. Tetapi ROM Global ini juga mempunyai kekurangan, antara lain seperti pilihan tema yang terbatas (tidak sebanyak ROM China), fitur Music & Video yang hanya bisa offline, serta update yang biasanya datang lebih lambat dari ROM China.
 

Baca juga artikel lainnya mengenai ROM di MIUI, yaitu :
1. Perbedaan ROM Stable, Developer dan Ported
Inspired by this
Advertisements