Tutorial Menggunakan MiDrop | Fitur Baru di MIUI

Standard

Beberapa hari yang lalu, saya melakukan update untuk 2 smartphone kesayangan saya, yaitu Xiaomi Mi4i dan Xiaomi Redmi Note 2, ke versi MIUI 7 terbaru, yaitu versi 5.10.8 BETA China DEV. Nah, di versi tersebut, saya menemukan fitur baru yang sebelumnya belum saya temukan, apakah itu?

MiDrop

Fitur baru tersebut bernama MiDrop. Dimanakah fitur ini berada? Jadi fitur ini tuh ada di Toggle MIUI. Jadi saat kita menarik notification bar, nanti kita akan menemukan toggle baru bernama MiDrop.

Lalu muncullah pertanyaan di benak saya, kayak di sinetron-sinetron Indonesia yang ceritanya makin rumit itu, hehehe. “Fungsinya apaan nih MiDrop?” Apakah untuk buat kita Drop? atau buat ngedrop barang?

Akhirnya karena penasaran, saya pun mengaktifkannya dan apa yang terjadi? Tidak terjadi apa-apa! hahaha…

Saya pun makin bingung, lalu saya beralih dari Mi4i saya ke Redmi Note, ternyata juga ada fitur MiDrop ini. Lalu saya iseng-iseng buka File Explorer, nah saat saya ingin share foto ke Instagram, saya pencet tombol SEND dan saya menemukan fitur MiDrop ini.

Tanpa pikir panjang, saya pun memilihnya. Dan apa yang terjadi? Barulah sebuah menu muncul, diikuti pula tulisan “Recipient must turn on Mi Drop” yang artinya kira-kira “Penerima harus menghidupkan Mi Drop.”

Maka saya pun mengaktifkan fitur Mi Drop di Xiaomi Mi4i saya, dan hasilnya, muncul nama saya di Redmi Note 2. Maka saya pun menekannya dan hasilnya file yang saya pilih tadi terkirim ke Mi4i.

Akhirnya rasa penasaran saya pun berakhir, ternyata MiDrop ini berfungsi untuk mengirimkan file dari satu smartphone Xiaomi ke smartphone Xiaomi lainnya melalui media Wifi atau sering disebut dengan Wifi Direct. Jadi kurang lebih fungsinya seperti Superbeam, Xender ataupun ShareIt.

Jadi MiDrop ini juga mempunyai transfer rate yang cukup kencang. Saya sudah mencoba mengirimkan file berukuran 700MB (berupa file film), hasilnya cukup cepat. Kurang dari 3 menit saya mengirimkan dari Mi4i ke Redmi Note 2.

Nah, pengen tau lebih jelas cara menggunakannya? Cek aja video tutorialnya berikut ini :

Begitulah cara transfer file dengan menggunakan MiDrop. Semoga bisa memberikan tambahan pengetahuan bagi kita. Happy oprek!

7 thoughts on “Tutorial Menggunakan MiDrop | Fitur Baru di MIUI

  1. akbarjember

    nanya min, setelah sekian lama pemakaian kekurangan mi4i ini apa saja sih? apakah masih panas? meskipun sdh update MUI versi terbaru? atau ada kekurangan lainnya? soalnya baca beberapa thread ada beberapa permasalahan diantaranya hp panas dan kamera blur dsb. yang admin alami sendiri bagaimana?
    trims…

    • sudah sejak 26 Mei saya menggunakan Mi4i dan kekurangan yang saya hadapi adalah saya selalu kehabisan space memory karena cuma 16 GB, padahal saya gamers berat, hehehe…

      kalau panas, udah lupa tuh bro…
      terakhir kali ngalamin ya bulan2 awal pas beli, habis itu gak pernah lagi setelah update2 terbaru…

      kamera still the best bro… bahkan berani saya bandingkan dengan hTC One M8 dan iPhone 5S, liat aja perbandingannya di Instagram saya… makanya makin betah sama Mi4i, termasuk komentar ini saya buat melalui Mi4i juga bro, hehehe…

  2. abbi

    mas rendy mau tanya ini saya abis update mi4i saya via OTA tapi kok nggak dapet fitur mi drop di togle.y ya?
    bisa tolog bantu jelasin nggak?
    terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s