Deep Review Xiaomi Redmi Note 2: Kelebihan & Kekurangan

Standard

Xiaomi kembali menggemparkan dunia dengan merilis smartphone seri Redmi terbaru yaitu Xiaomi Redmi Note 2. Bagaimana tidak terguncang? Xiaomi menggunakan chipset terbaru dari MediaTek yaitu MT6795T yang lebih sering disebut dengan Helio X10 untuk seri Redmi Note 2 ini. Chipset Helio X10 ini adalah seri paling mutakhir dari MediaTek yang digunakan juga oleh salah satu flagship Android, yaitu hTC M9+.

Makin penasaran kan dengan Redmi Note 2 yang dibanderol dengan harga 2 jutaan ini? Mari kita ulas dan mengenal lebih dekat dengan Xiaomi Redmi Note 2.

url

DESAIN

Xiaomi Redmi Note 2 menggunakan layar berukuran 5.5 inch seperti kakaknya Xiaomi Redmi Note sebelumnya. Dari segi ukuran dimensi, Xiaomi Redmi Note 2 ini terlihat lebih kecil dari seri sebelumnya, yaitu Xiaomi Redmi Note. Ukuran yang lebih kecil ini membuat kita lebih nyaman dalam penggunaannya dan muat untuk masuk saku celana pula.

Untuk bagian back cover, nampaknya Xiaomi mulai senang dengan finishing matte. Setelah sebelumnya digunakan dalam Xiaomi Mi4i, plastik dengan finishing matte ini juga digunakan untuk Xiaomi Redmi Note 2, sehingga memberi kesan mewah dan lebih bersih karena tidak meninggalkan sidik jari. Saat disentuh pun, back cover Xiaomi Redmi Note 2 sangat halus sehingga ada kesan agak licin saat digunakan.

Penutup belakang dari Xiaomi Redmi Note 2 ini dapat dicopot, sehingga kita juga dapat mengganti dengan warna lain kesukaan kita. Karena yang tersedia / masuk ke Indonesia sekarang ini (walau belum resmi ya) adalah warna putih. Bagus sih, tapi kalau dipakai terus menerus, kadang rasa bosan itu hinggap. Selain itu, penutup belakang yang saya dapatkan juga terasa agak longgar, jadi ketika ditekan, seperti ada suara “krek-krek” gitu, makanya saya memesan penutup belakang lain, yang kebetulan berwarna hitam sehingga lebih rapat penutupnya dan penampilan pun jadi lebih kece :p

Xiaomi Redmi Note 2 ini pun, selain mempunyai penutup belakang yang bisa dicopot, kita juga bisa mencopot baterai. Baterai Xiaomi Redmi Note 2 mempunyai kapasitas 3060mAh. Selain itu, setelah kita buka penutup belakangnya, kita menjumpai pula ada 2 slot kartu SIM yang keduanya sudah support 4G LTE. Hal lain yang menarik adalah ketersediaan slot MicroSD yang berada di sebelah kiri dari Slot 1 kartu SIM. Ini sekaligus menjawab desas-desus bahwa Xiaomi Redmi Note 2 tidak memiliki slot MicroSD.

Di bagian bawah dari Xiaomi Redmi Note 2, kita menjumpai port USB untuk proses charge maupun sebagai port koneksi USB ke PC. Serta di sebelah kiri port USB, kita jumpai lubang microphone. Di sebelah kiri dari body Xiaomi Redmi Note 2 tidak kita jumpai tombol apapun. Lalu di sebelah kanan, ada Tombol Power _dan di atasnya, kita menemui tombol _volume rocker. Beralih ke bagian atas, ada port headphone dan lubang microphone kedua. Nah asiknya, di sebelah kiri dari lubang microphone kedua, kita menemui sesuatu yang baru dalam seri Redmi ini. Berbentuk oval berwarna hitam, itu adalah IR Blaster, yang memungkinkan kita menjadikannya _remote control _untuk berbagai barang elektronik kita, seperti TV, AC, DVD, dll.

LAYAR

Xiaomi Redmi Note 2 ini mengalami upgrade di bagian resolusinya, dari sebelumnya Xiaomi Redmi Note yang hanya HD 720p menjadi Full HD 1080p yang mana membuat layar Xiaomi Redmi Note 2 ini menjadi lebih jernih dan tajam.

Resolusi ini diperkuat juga dengan layar IPS yang sekarang mempunyai kerapatan 401 ppi yang mana memanjakan mata kita saat menatapnya. Gap antara layar dan touch screen pun sekarang lebih tipis, sehingga refleksi cahaya yang dihasilkan menjadi lebih baik.

Viewing angle saat kita melihatnya dari sisi samping juga menawan, tidak ada perubahan warna / kontras yang berarti, yang mana itu sangat bagus untuk sisi layar dari Xiaomi Redmi Note 2.

KINERJA

Dengan bekal prosesor MediaTek MT6795 Helio X10 2Ghz, serta didukung oleh GPU PowerVR G6200 dan RAM 2 GB, tentunya kita akan berekspetasi lebih terhadap Xiaomi Redmi Note 2 ini. Hal itu wajar, mengingat spesifikasi yang ditawarkan sangat menggoda. Lalu bagaimana dengan performanya?

Saya sudah mencobanya selama kurang lebih 2 minggu. Skor Antutu Benchmark nya bisa mencapai angka 46ribuan. Tentu saja ini bagi mereka para pemuja Antutu sangat memuaskan, mengingat harganya yang dibandrol 2 jutaan saja.

Xiaomi Redmi Note 2 ini saya coba menggunakan MIUI 7 Developer berbasis Android Lollipop dan hasilnya mencengangkan. Saya belum pernah mencoba device yang selancar ini menunggangi custom ROM MIUI. _Lag _ataupun hal lain yang tidak mengenakkan tidak saya temui di Xiaomi Redmi Note 2 ini.

Performa lain Xiaomi Redmi Note 2 dalam hal bermain game juga sangat memuaskan. Berbagai_game_ HD, seperti Asphalt 8, WWE, Fifa 16 UT, Minion Rush, Mortal Kombat, Framed, Virtua Tennis Future Fight, dll bisa dilibas dengan mantap. Saat kita gunakan dalam jangka panjang pun, saya tidak merasakan panas yang berlebih di layar maupun bagian belakang dari Xiaomi Redmi Note 2 ini, hanya hangat normal yang saya rasakan.

Tetapi saya menemukan lag yang cukup mengganggu ketika bermain Clumsy Ninja. Rupanya hal ini juga terjadi di hTC One M9+ yang menggunakan prosesor sama. Usut punya usut, setelah melihat review di YouTube, ternyata prosesor ini belum sepenuhnya optimal untuk beberapa games, jadi kita harus menunggu update terbaru dari games yang berkendala supaya bisa lancar ketika kita mainkan.

HARDWARE

Xiaomi Redmi Note 2 dipersenjatai dengan ROM 16GB. Menurut saya pribadi, 16GB ini sudah cukup banyak, terutama saya sebagai gamer. Nyatanya sampai sekarang, saya juga belum menambah memori tambahan untuk media penyimpanan. Selain itu, yang menarik dari segi hardware adalah kedua slot SIM nya yang mendukung 4G LTE, membuat kita sangat dimudahkan ketika bergonta-ganti kartu. Apalagi di kota saya, Salatiga, saat ini hanya ada Smartfren yang mendukung 4G, saya pun mencoba nya di Xiaomi Redmi Note 2 dan berhasil, walau jaringan Smartfren hanya bisa untuk data saja, sedangkan untuk voice nya menganggur 🙂

Di segi lain dari hardware, yaitu speaker, saya cukup kecewa dengan suara yang dihasilkan. Mengapa? Karena suaranya kurang nyaring ketika kita gunakan saat gaming atau pun melihat film. Tetapi saya berharap nanti akan ada update software MIUI terbaru yang dapat mengatasi hal ini.

SOFTWARE

Di sisi software, Xiaomi Redmi Note 2 saat pertama kita beli menggunakan versi MIUI 6 berbasis Android Lollipop bawaan pabrik, yang penuh dengan bloatware, yang mana versi 66.77.66.99 adalah bukan versi resmi dari MIUI yang dikeluarkan oleh developer _Xiaomi. Makanya kita perlu meng-update nya ke versi resmi, baik ke MIUI 6 ataupun menggunakan MIUI 7 versi _Developer (Beta) yang sekarang saya gunakan.

Walaupun MIUI 7 untuk Xiaomi Redmi Note 2 masih bersifat beta atau dalam tahap pengembangan, tetapi saya tidak menemui kendala yang berarti saat menggunakannya dalam kegiatan sehari-hari, seperti browsing, chatting, blogging serta gaming.

KAMERA

Xiaomi Redmi Note 2 hadir dengan 13MP kamera belakang dan 5MP untuk kamera depan. Kamera di Xiaomi Redmi Note 2 ini mengalami peningkatan dibandingkan seri Redmi Note sebelumnya. Pengaturan fokus saya rasakan sangat cepat. Hasil yang didapatkan pun menurut saya lebih baik dalam produksi warnanya. Kamera depannya juga menghasilkan foto yang memuaskan. Hal yang cukup mengganjal saya adalah tidak hadirnya dual tone led flash di Xiaomi Redmi Note 2, melainkan masih menggunakan single-led flash, yang menurut saya memang sudah cukup bagus untuk menyinari obyek ketika keadaan low-light.

KESIMPULAN

Xiaomi Redmi Note 2 hadir dengan harga sekitar 2 jutaan di Indonesia. Walaupun Xiaomi belum merilisnya secara resmi di Indonesia, tetapi kita sudah bisa mendapatkannya di beberapa toko online di Indonesia.

Kelebihan dari Xiaomi Redmi Note 2 ini adalah tentu saja pertama dari segi harga. Dengan harga 2 jutaan, kita mendapatkan gadget dengan desain yang menawan, kamera yang mempunyai fokus sangat cepat, performa dan kinerja yang sangat mumpuni serta hadirnya IR Blaster yang menambah daya pikat terhadap Xiaomi Redmi Note 2. Selain harga, sisi kelebihan yang lain adalah karena MIUI. Ya, MIUI memang mempunyai berbagai fitur menarik buat kita yang membuatnya salah satu Custom ROM paling diminati oleh para oprekers android.

Tetapi selain kelebihan tersebut, tentu saja Xiaomi Redmi Note 2 ini mempunyai kelemahan, antara lain adalah daya tahan baterai yang tidak sesuai dengan ekspetasi saya. Tetapi saya yakin, dengan adanya update software MIUI, ke depannya membuat masalah ini menjadi teratasi. Selain baterai adalah masalah garansi. Tentu saja ya, karena Xiaomi Redmi Note 2 ini masih belum rilis resmi, makanya kita akan kesusahan ketika akan klaim garansi ke distributor.

Demikian review saya terhadap Xiaomi Redmi Note 2, ponsel yang sedang hits saat ini di pasaran, semoga bisa membantu kalian yang sedang galau mau beli apa tidak. Jangan ragu lagi, kalau dulu ada istilah “Ada Harga, Ada Rupa”, sepertinya Xiaomi mulai memudarkan istilah tersebut, karena dengan harga yang “hanya” 2 jutaan, kita mendapatkan pengalaman seperti memegang ponsel Flagship 5-6 jutaan.

27 thoughts on “Deep Review Xiaomi Redmi Note 2: Kelebihan & Kekurangan

  1. Andrie

    kalo ngecas dari posisi 5% atau 10% sampai full bs brpa jam Om ? Screen On time nya dapet brpa pemakaian sehari2nya dgn MIUI 7 beta?

  2. mysukmana

    smartphone yang satu ini sepertinya lagi hit di pasaran, banyak orang menuliskannya di blog ya mas.. ponsel di kelas menengah kebawah tapi fiturnya udah kayak menengah ke atas..made china lama lama menginvasi nih..

    • bener banget bro…
      selama saya menggunakan MIUI, baik itu di Redmi 1S, Redmi 2, Redmi Note sampai Mi4i dan Mi4, MIUI dapat berjalan baik cuma di Redmi Note 2 ini bro… smooth banget dan anti lag…

      selama ponsel itu berkualitas dengan harga yang murah, mau buatan mana aja, gak cuma China ya bro, pasti akan laris…

      sayang produk Indonesia kurang bisa bersaing, contoh produk Advan, Evercoss, MITO, dll… harga yang ditawarkan terkadang agak overprice dengan saingannya yang produk Tiongkok ini…

      • saya juga pernah pakai bro Advan S5Q Barca…
        secara desain, saya sangat suka…
        awalnya mantep banget bro…
        tapi ketika kamera saya bandingkan dengan Redmi 1S, yang notabene harga lebih murah… hehehe…

        performa pada awalnya mantap banget… tetapi ketika aplikasi sudah mulai banyak, performa mulai turun, ini terlihat banget saat melakukan kegiatan multitasking, banyak aplikasi yang harus mulai dari awal lagi, tidak bisa resume…

  3. Hendrik

    Mas bro Rendy… Tetep voice lom bisa yah… Ane ud ngarep abis gitu. Kirain 4G LTE TTD bisa voice. Emang TTD sm non-TTD bedanya apa ya?

  4. akbarjember

    bro rendy, kalau dibanding sama zenfone 2 versi ram 2giga bagus mana note2 ini?
    juga hasil kameranya. trims

    • secara spesifikasi beti ya bro alias beda tipis… untuk gaming dua-duanya dapat diandalkan… untuk kamera, beti juga, Zenfone 2 lebih unggul dikit sih secara pengolahan gambar digital…

      tapi kamera Redmi Note 2 juga gak kalah jauh koq, beda tipis banget dan Redmi Note 2 unggul di harga, yang jauh lebih murah…

  5. Beli barangnya di toko online mana mas? saya cek di bberapa toko online, baru nemu di blibli. masnya beli dimana ya? saya juga naksir dengan yg satu ini, hehe

  6. ical

    nanya mas rendy,
    1. tentang software MIUI 7 (beta) Yg anda pakai saat ini pada redmi note 2 ada menu pilihan bahasa indonesianya gak?
    2. terus apa bener, hp xiaomi imi4i itu terkenal dengan panasnya kalo memang iya, lebih panas mana sih dibanding zenfone 2?
    3. menurut mas rendy, direntang harga 2jutaan hp terbaik disisi hasil kamera apa yah? zenfone 2, atau mi4i, atau…?
    trims mas rendy, sukses…

    • 1. MIUI 7 di Redmi Note 2 memang gak ada bahasa Indonesia nya bro, karena China DEV… dan dari dulu saya gak pernah pakai Bahasa Indonesia, malah bikin bingung, so bukan masalah bagi saya…

      2. Itu cerita bulan Mei 2015, saat saya pertama menggunakan Mi4i memang panas banget, tapi sekarang menggunakan MiUI 7, masalah tersebut sudah hilang… baca review saya tentang Mi4i, sudah tidak ada kendala panas bro…

      3. Untuk 2 jutaan, kamera Mi4i belum ada yang mengalahkan bro, bisa dibuktikan dengan cek yang harganya rentang segitu bro…

  7. dhan

    om mau nanya niih., ane bener” galau antara redmi note 2 , mi4i dan meizu m2 note., tp kalo tentang meizu om belom hands on gpp di apus aja om..,
    1 dari segi standbay dan SOT rata” dapet brpa om reno2 dan mi4i?
    2. untuk telfon load speker lebih jernih mana om?
    3. untuk layar kalo di pake di bawah matahari lebih nyaman mana om?
    4. waktu lama carger reno2 dan mi4i?
    5. untuk gesture, seperti duble tap to wake ada ga om?

    maaf banyak bngt nanya nya om., mohon di bantu yaa om

    • 1. Redmi Note sekitar 2-3 jam an bro… sementara Mi4i bisa 3-4 jam an…

      2. Loudspeaker saya gak pernah pakai bro, jadi belum bisa jawab…

      3. Layar : Mi4i menang segalanya bro

      4. Mi4i dan Redmi Note 2 serta Meizu M2 Note rata-rata 2 jam an bro, dari posisi 4% sampai full…

      5. Double tap to Wake ada di Meizu M2 Note dan Mi4i, untuk Redmi Note 2 tidak ada bro…

      • Andrie Pratama

        Sy bantu jawab ya untuk Redmi Note 2 dgn MIUI7 tidak ada pilihan Bahasa Indonesianya. (Hanya ada 3 pilihan bahasa saja). Kalau MIUI6 Stable kurang tahu, apakah ada pilihan Bahasa atau tdk, blm Install MIUI6 di Redmi Note 2 soalnya.

  8. Amri Sukmana

    update buat yg dijakarta bro, bisa pake BOLT 4G, maknyuss… nonton film 1080p juga lancar jaya, kekurangannya harus di flash manual MIUI bapuk dari distributor, sama setting LTE 4G manual juga

    • di Tokopedia yang jual buanyak, sudah cek Tokopedia belum? wkwkwk
      saya beli juga di Tokopedia koq bro…
      ning Salatiga gak iso diandalke, mending online…

      jajal cek Tokopedia, nama Tokonya Oceanic, recommended…

      ora promosi…
      sekalian ae gabung grup FB Xiaomi, di Mi Fans Salatiga…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s