Tips Menggunakan Kartu Smartfren 4G di Smartphone non-Smartfren

Standard

Akhirnya kemarin baru aja dapat kartu perdana Smartfren yang 4G, setelah mencari-cari, akhirnya dapat di salah satu toko online Jual-Beli. Nah, untuk menggunakan kartu Smartfren di smartphone yang bukan punya Smartfren memang cukup tricky. Gini nih bro caranya…

P1070248-620x400

Tutorial :

  1. Pastikan smartphone kalian support 4G LTE.
  2. Download di PlayStore aplikasi Smartfren Customer Info
  3. Pasangkan kartu Smartfren (lebih baik di slot 1 agar setting lebih mudah)
  4. Masuk ke Settings
  5. Pilih dan aktifkan data pada slot 1
  6. Masuk ke Phone
  7. Ketik *#*#4636#*#* atau *#*#3646633#*#*
  8. Pilih Bandmode -> SIM 1
  9. Band 40 dan SET
  10. Pilih di Network Selecting menjadi LTE Only
  11. Setelah itu, masuk ke settings
  12. Atur APN seperti ini :
    APN: Smartfren4G
    Name: Smartfren
    Username: smartfren
    Password: smartfren
  13. Silakan di Save
  14. Tunggu sejenak, pastikan sinyal Smartfren akan terdeteksi
  15. Apabila sinyal sudah muncul, silakan aktifkan data
  16. Buka aplikasi Smartfren Customer Info
  17. Lalu beli paket internet yang telah tersedia
  18. Done

Tested di Xiaomi Mi4i. Tested dan berhasil juga di Xiaomi Redmi 2 dan Xiaomi Redmi Note 2. Bila tidak bisa, coba ganti dengan ROM Developer China atau yang Stable Version, karena ada beberapa kasus tidak berhasil di ROM Developer Global.

Tambahan dari salah satu follower di Twitter, cara ini bisa juga di terapkan di Meizu M2 Note, jangan lupa untuk potong kartunya dulu ke nano 🙂
Happy oprek!

101 thoughts on “Tips Menggunakan Kartu Smartfren 4G di Smartphone non-Smartfren

  1. Johny

    Mas rendy saya mau tanya xiaomi redmi 2 yang di pakai buat uji coba LTE smartfren yg garansi TAM apa distributor? Punya saya garansi TAM bisa gak buat SP smartfren LTE ?

  2. yulianto

    mas bro… mau tanya selain xiaomi apa ada merk lain yang sudah pernah coba ?? seperti lenovo or sony ? thanks for info

  3. roosdey agoez

    bro klau pke redmi 2 distributor bisa gak ? ane cb ko ga nongol sinyal nya ya.. ane pke rom stable

  4. densu mi4i

    Bro Rendy untuk smartfren 4G di Rom Stable 7.0.3.0 xiaomi mi4i apa bisa yah? Mohon suggest nya thanks

  5. Davin Redmi2

    Bro rendy, ad resiko gak dlm jangka pjg kalau menggunakan trik sedemikian rupa??
    soalny ane gak prnh buat, jd ragu ane
    mohon infony y agan” skalian

  6. alli

    bro rendy saya pake redmi2 resmi sudah ngikuti itu sinyalnya lte smartfren gak nongol apanya ya…
    thanks

  7. dwi

    mas saya pake redmi note 2, terus baru update juga pake rom global stable yg kemarin mas rendy share, mau pake perdana smartfren 4g tp ko ga nongol2 ya signalnya, padahal sudah sesuai sm apa yg diarahkan. makasih sebelumnya mas

  8. deo nurwijaya

    Saya punya redmi note 2. Rom nya miui 7 versi global yg sdh stabel. Bisa pakai smartfren nggak mas?

  9. yuangga

    well .. set band di 40 itu gmana? udah set LTE only sinyal smartfren tetep no service ..
    posisi 703 rooted
    any suggest?

  10. Kurosudiro

    Yg saya uji Alcatel flash 2 gagal walau support di band 40 2300 tp kayanya lebih support band 5 850 Dan sudah sukses saya uji di lenovo p1m

  11. IMAN WAHYUDIN

    kalo di Mi4i caranya gmn u/ bs pake smartfren?? koq saya gak muncul sinyal nya… saya pake MIUI 7.0 stable 7.0.3.0

  12. Kurosudiro

    Awalnya saya kesulitan pasang smartfren di p1m lenovo, ternyata saya harus install mtk enginering via playstore untuk bisa setting LTE only.buat yg pake hh dgn procie mediatek tentunya.

  13. Haris

    Redmi 2 ROM 7.0.9 Stable Global last update 4 desember 2015
    udah ikutin cara mas rendy tetep blm bisa dan no services

    Mau ganti ROM bingung belum tau ROM yang mana yang cocok, kalo romnya cuman 2-5 mb gpp deh
    ini bisa 600mb, jadi harus pilih2 mana yang cocok sama smartfren 4g ini

    Btw ada yang sukses pake Redmi2? boleh minta Rom berapa yang cocok
    Thanks

  14. riska

    halo bro. . sy bc koment koment …xiaomi redmi 2 gak bs utk pakai smartfren 4G,,yg sy mau tanya….yg klian mksd itu XIAOMI REDMI 2 atau XIAOMI REDMI NOTE 2??

  15. Alex Fauzi

    Bro Rendy, tq atas pencerahannya. Saya pengguna Xiaomi Redmi Note 2 Prime. Saya sudah sukses pakai kartu smartfren dan bolt, saya pakai ROM V7.1.3.0 bro.

    • yohanes300482

      Maaf bang, mau tanya, apakah sinyalnya hanya 2 bar saja? soalnya di redmi note 2 saya, sudah ikutin cara di atas, tapi sinyal mentok 2 bar, paling parah no signal. Padahal kalau cek coverage, daerah saya tercover yang 4G. Kira2 apa yang salah ya bang? Terima kasih..

  16. Haryy

    numpang nanya mas rendi.Kali aja ada yg nemu ROM buat Redmi 2 yg cocok dikasih Smartfren 4G…

    Mohon dishare bro sis sekalian.mksi

  17. Billy

    Dari beberapa tutorial menggunakan kartu smartfren 4G yang saya coba untuk Alcatel Flash 2 hanya baru tutorial ini yang berhasil..
    Fyi, sebelumnya padahal saya sudah datang ke service centre smartfren untuk coba menanyakan cara setting untuk connect ke jaringan internetnya tapi hanya mendapat penjelasan produk alcatel flash 2 belum ada kerjasama dengan pihak kantor menurut saya sih jawabannya tidak memberikan solusi..
    Sedikit tambahan klo kuota internet sudah ada, tidak perlu ikuti langkah no. 2 untuk Download di PlayStore aplikasi Smartfren Customer Info dan no. 16, 17.
    Selamat mencoba untuk yang lainnya..
    Terima kasih bro..

  18. Iksan

    gan kenapa di hp xiaomi redmi 2 prime saya kalo di phone *#*#3643366#*#* ga muncul apa apa? terus ga ada pilihan band mode

  19. Ryan

    Xiaomi note 2 saya pake kartu Smartfren koq ngak bisa, padahal sudah mengikuti langkahnya, MIUI nya sudah 7.2.2.

  20. Daniel

    Mass bro mau tanya smoga ada solusinya
    Unyuk hp bolt ivo v5 kura” bisa ga pake kartu 4G LTE smartfren?
    Mohon pencerahannya mas bro
    Ttims

  21. Brian

    Saya pake rom stable 2.2.3.0 pake smartfren awalnya susah, tapi pake trik *#*#3646633#*#* lepas centang di semua band LTE set ke band 40, awalnya no service, tunggu sebentar langsung jalan, saya pake kartu baru,

  22. darma

    gan kalo di xiaomi redmi note 2 prime bisa pasang kartu smartfren ga? kmaren saya nyoba kox gx kebaca ya? mohon penjelasannya…thx

  23. Herd

    Kalau Smartphone 4G non smartfren udah disetting bisa smartfren 4G, apakah masih bisa dipasang sim GSM tanpa di oprek ulang?

  24. eko sb

    Redmi 3 bisa bro.. Volte pun bisa, saya pake kartu smartfren 4G lte advanced yang merah terus diaktifin di konter hp nya, kartu selesai di daftarin tinggal pake aja hehe… Lancar

  25. Hafiz

    Bang rendy.. ane cb smartfren 4g lte di hp xiaomi.. koneksi 4g ny lancar..
    Tp cara cek kuota ny emg gk bs y klo pke dial number *995 n via sms ???

Leave a Reply

