Ukuran MegaPixel di Kamera Smartphone Tidak Menjamin Hasil Bagus Pula

Standard

Bagi anda pecinta selfie atau penggemar foto-foto dengan kamera smartphone, ada baiknya jika anda mengetahui beberapa hal tentang kamera smartphone anda. Di era perkembangan teknologi yang pesat ini, kamera smartphone juga semakin bertambah canggih. Sehingga bagi kita yang hobi foto-foto dengan kamera smartphone jadi kebingungan untuk memilih smartphone yang tepat, apalagi harga smartphone juga gak bisa dibilang murah.

Kalau membahas kamera smartphone sudah pasti tidak terpisahkan dengan yang namanya Megapixel. Dalam penjualan smartphone, ukuran megapixel kameranya juga menjadi sorotan para konsumen dalam memilih smartphonenya.

Perlu diketahui kalau megapixel (one million pixels) itu merupakan resolusi sebuah foto kamera, yang dihitung dari jumlah pixel vertikal x jumlah pixel horizontal yang berdasarkan dari aspek ratio kameranya.

Jadi semakin besar ukuran megapixelnya, semakin besar resolusinya. Semakin besar resolusinya, semakin tajam fotonya. Selain itu, semakin besar resolusinya, hasil zoom fotonya juga lebih baik.

Namun perlu diketahui, bahwa jumlah ukuran megapixel sebuah kamera belum tentu menghasilkan foto yang bagus.

Jadi kamera smartphone dengan ukuran 8MP bisa saja menghasilkan foto lebih baik dari kamera 12MP. Bahkan, kamera smartphone dengan ukuran 41MP belum tentu hasil fotonya sebagus kamera DSLR dengan ukuran 20MP.

Makanya kali ini kita akan membahas hal-hal lain selain megapixel yang mempengaruhi kualitas sebuah foto dari kamera smartphone. Hal-hal lain tersebut adalah:

1. Sensor Kamera

Sensor merupakan bagian inti dan terdalam pada sebuah kamera, dalam sebuah sensor kamera terdapat jutaan pixel yang berfungsi untuk menangkap jumlah cahaya dan menentukan warna pada foto. Jadi semakin besar ukuran sensornya, semakin bagus hasil fotonya.

Karena sensor yang lebih besar berarti mampu mengambil lebih banyak cahaya, menghasilkan warna yang lebih akurat, foto lebih jernih karena lebih sedikit noise serta dynamic range (ratio antara pencahayaan paling terang dengan kegelapan paling gelap) yang lebih luas. Selain itu, sensor yang lebih besar berfungsi lebih baik pada saat keadaan sedikit cahaya (low light)

2. Lensa Kamera

Hal lain yang mempengaruhi hasil foto selain sensor kamera adalah kualitas lensa kamera itu sendiri. Kualitas lensa kamera mempengaruhi kejernihan kualitas foto dan bagaimana cahaya dapat masuk dan sampai pada sensor kamera.

Karena itu perlu diperhatikan juga kualitas lensa yang digunakan pada kamera smartphone.

3. Aperture


Aperture merupakan lubang/pembukaan kamera yang terletak paling depan pada bagian kamera. Ukuran aperture menentukan seberapa banyak cahaya yang masuk melalui lensa kamera dan menuju sensor.

Sehingga aperture berpengaruh terhadap exposure pada sebuah foto. Jadi aperture berfungsi untuk pengaturan cahaya yang masuk kedalam kamera. Perlu diketahui, semakin kecil ukuran aperturenya, semakin besar pembukaannya dan sebaliknya.

4. Ukuran Pixel
Ukuran pixel pada sebuah sebuah sensor kamera juga merupakan hal yang menentukan hasil dari sebuah foto. Ukuran pixel biasanya ditentukan dengan ukuran micro pixel (µm).

Jadi, ukuran pixel yang lebih besar akan lebih memaksimalkan kinerja sensor kamera, sehingga menghasilkan foto yang bagus.
5. Image Processing
Hal terakhir yang mempengaruhi kualitas foto yaitu image processing. Image processing merupakan proses pengolahan hasil foto saat sesudah foto ditangkap.

Image processing berbeda-beda pada setiap smartphone, karena hal tersebut ditentukan oleh pemrograman alogaritma serta firmware pada smartphone itu sendiri.

Nah sekarang anda sudah tahu hal-hal apa aja yang perlu diketahui tentang kamera smartphone. Jadi anda bisa lebih memilih lebih baik tentang kamera smartphone manakah yang cocok dan sesuai dengan selera anda.

Source

11 thoughts on “Ukuran MegaPixel di Kamera Smartphone Tidak Menjamin Hasil Bagus Pula

  1. rifki

    nah, kadang gk semua smartphone mengulas atau membeberkan atau mendetailkan, atau menjabarkan tntang sensor/lensa yg disematkan di smartphone nya,…

  2. rifki

    Kalo sensornya bagus pasti disebutkan,…bs mnjadi keunggulan dari si smartphone itu sndri,…biasanya sih brand s*ny, yg terbaru C4,..wakk,…tp harganya jg berlipet2 dari brand maxtr*n diam*nd,,,,hahaha,,

  3. dhimas

    Mas aq pke redmi 2.. Baru 3 hari… Sya pke.foto dg flash.. Ko hasilnya kuning ya fotonya.. Kira2 ap ya.. Mhom jwbannya…

  4. Rachel vendyesta

    Permisi saya mau nanya. Hp ane redmi note 3g . versi miui 7. Ada yang tau cara ganti font di versi boz. Mohon bantuanya. Terimakasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s