Perjalanan Evolusi ROM MIUI dari Versi MIUI1 sampai MIUI7

Standard

Sekarang ini custom ROM MIUI seperti menjadi primadona bagi hampir semua brand Android saat ingin porting ROM. Selain CyanogenMOD tentu saja. Hal ini menurut saya wajar, karena “kecantikan” UI dari MIUI ini serta fitur-fitur yang menarik, membuat siapa saja pengguna Android pasti terpikat.

Kali ini saya akan share tentang perjalanan evolusi MIUI ROM mulai dari versi 1 rilis, sampai dengan MIUI 7 yang sebentar lagi (gak sampai seminggu) akan segera dirilis.

Oiya ya bro, FYI ya, MIUI itu dibaca : “mi yu ai” jadi jangan sampai salah pengucapan lagi ya bro. Cekibrooottt…

 


Ini dia MIUI versi Pertama

 

 

 

 



Ketika MIUI v1 ini dirilis, Android masih menggunakan versi 2.2 Froyo, dan sekarang kita sudah menuju Android 5.0, perjalanan yang panjang ya, hehehe
Di masanya, MIUI ini disebut inovatif, karena sangat berbeda dengan versi asli Android (Stock) dan membawa beberapa widget baru serta lockscreen yang berbeda dan keren.


Di MIUI V1, iconnya kotak dan agak membulat disisinya. Gimana ya menggambarkannya, kira-kira seperti ini lah : #LOL



Beda banget ya sama MIUI 6 sekarang yang kesannya lebih simple, flat dan elegan. Jadi penasaran MIUI 7 yang akan segera rilis…

 

 

Setelah tadi sudah melihat MIUI V1, mari kita lanjut ke MIUI V2

 



MIUI V2 di desain bagi mereka yang menekankan pada performa ringan dan sangat detail. Para desainer MIUI mulai mengembangkan beberapa aplikasi di V2 ini, memperbaiki kemampuan telepon dan mengorganisasikan struktur dari app system.


MIUI V2 launching pada bulan Desember 2010. Ketika itu Android juga baru saja merilis versi Android terbarunya, yaitu versi 2.3 Gingerbread. Di versi ini MIUI mulai menaruh semua aplikasi di homescreen dan bentuk icon nya sudah mulai agak membaik desainnya 🙂
Mari lanjut ke MIUI V3

Di MIUI V3 inilah orang-orang mulai menyadari keberadaan dan kecantikan dari MIUI. Banyak sekali perubahan dalam versi ini, terutama di User Interface nya.

 


Music Player Lock Screen. Setiap versi punya lockscreen yang unik dan berbeda.

Icon yang lebih classy

Tampilan Contact

Di MIUI V3 ini muncul fitur yang sangat keren. Yaitu SCHEDULE MESSAGING. Jadi kita bisa mengirimkan SMS sesuai dengan jadwal. Jadi misalnya ada teman kita yang berulang tahun besok, kita bisa mengeset nya sekarang, sehingga besok, tepat pukul 00:00 WIB otomatis mengirim pesan ucapan selamat ultah. Mantap kan.
Tampilan Music player nya.

 

Tampilan Gallery

Sekarang saatnya menuju MIUI V4
Di versi inilah saya dulu pertama kali menggunakan MIUI. Saat itu saya menggunakan device Lenovo A390 (sampai sekarang masih saya simpan dan menggunakan ROM ini)

 

Tampilan di MIUI V4 ini lebih flat dan mengikuti dengan Android versi 4.0 ICS jadi lebih selaras dan terlihat lebih “android”
Mari beralih menuju MIUI V5

 

Di MIUI V5 ini pertama kali saya merasakan melalui device Smartfren Andromax U. Dan akhirnya mengenal MIUI yang benar-benar murni di Xiaomi Redmi 1S.

MIUI V5 ini berjalan di Android versi 4.1-4.3 Jelly Bean.


 




Music player paling keren yang pernah saya pakai.

 

 


Akhirnya, kita sampai di MIUI V6 Versi paling keren dan “berwarna”
MIUI V6 ini berjalan pada Android 4.4 Kitkat dan untuk beberapa device seperti Xiaomi Mi4i berjalan di Android 5.0 Lollipop
Gambar ini selalu kita temui di Updater, biasanya bergerak karena ada animasinya, keren banget deh pokoknya.


Nah itu dia, MIUI V1 – V6. V7 mana?
kita akan segera melihatnya kurang dari seminggu dari sekarang.
Makin gak sabar deh nungguinnya.
Jadi pantengin terus Website Xiaomi pada tanggal 13 Agustus 2015, kita akan menjadi saksi lahirnya Custom ROM paling “hits” dengan merilis update versi 7 terbarunya.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s