[REVIEW] Kelebihan & Kekurangan Smartfren Andromax R

Standard

Kali ini saya akan share pengalaman saya saat menggunakan Smartfren Andromax R. Kebetulan di kampus Universitas Kristen Satya Wacana sedang ada booth nya, maka tanpa pikir panjang lagi, saya pun mencoba nya, walau cuma sebentar, tetapi paling tidak saya sudah mendapatkan esensi dalam menggunakannya.

Screenshot_3Screenshot_2

Kelebihan :

  • Desainnya sangat elegan bro, dengan sudut-sudutnya yang melengkung, membuatnya terasa seperti device yang mahal, serta bagian belakangnya juga cukup enak untuk dipandang mata.
  • Layar HD dengan mengadopsi teknologi IPS dengan kerapatan 294ppi (tulisan di brosur, tapi kata mas nya 304 ppi, gak tau deh siapa yang bener, hehehe) juga cukup memanjakan mata saat digunakan untuk menonton video ataupun bermain game.
  • Layar dilapisi dengan OGS Dragontrail sehingga kita tidak perlu lagi deh pakai TemperedGlass ataupun anti-gores (walaupun tidak dianjurkan ya, namanya juga ciptaan manusia, tidak ada yang sempurna, hehehe) karena saya suka melihat layar hape “telanjang” tanpa tertutup TG / anti-gores yang membuatnya seperti ponsel “murah”
  • Processor nya menggunakan Qualcomm Snapdragon versi 410 Quadcore yang berjalan pada 1.4Ghz membuatnya lancar untuk multitasking.
  • Menjalankan Android 5.0 Lollipop, sehingga tidak perlu lagi minder karena sudah menggunakan versi Android terbaru.
  • Kamera belakang 13MP yang mampu menghasilkan gambar dengan saturasi warna yang cukup akurat.
  • Kamera depannya mempunyai resolusi yang cukup besar, yaitu 5MP serta dilengkapi dengan flash sehingga buat yang suka selfie, Andromax R ini akan sangat menyenangkan ketika digunakan selfie baik dalam keadaan cukup cahaya ataupun ketika redup / low light / pada malam hari.
  • Support 4G LTE

Kekurangan :

  • Layar nya rentan terhadap cahaya matahari jadi harus menggunakan brightness yang full agar bisa terlihat jelas.
  • RAM 1 GB. iya gak usah kaget, 1GB memang ukuran yang sudah baik untuk flagship harga 1.7 jutaan, tetapi saat saya coba memainkan game Temple Run 2 terlihat “ngos-ngosan” saat loading dan terjadi lag saat di tengah permainannya.
  • Baterai 2200mAh. Secara angka memang besar ya. Tetapi saat saya gunakan gaming sebentar saja, terlihat   penurunan yang cukup signifikan.
  • Kamera 13MP nya menurut saya masih kurang begitu memukau ya, tetapi kalau cuma untuk upload ke jejaring sosial sudah cukup lah.
  • Harga 1.599.000 yang saya rasa “cukup mahal” ya, mengingat di rentang harga 1.5 – 1.7 masih banyak pesaing dari Smartfren Andromax R yang tidak bisa dianggap remeh, seperti Xiaomi Redmi 2, Lenovo A6000 dan Infinix Hot Note, tetapi semua ini kembali lagi ke pengguna ya, mau pilih yang mana.

Demikian review saya terhadap Smartfren Andromax R, ponsel yang sedang gencar promonya saat ini di pasaran, semoga bisa membantu kalian yang sedang galau mau beli apa tidak.

32 thoughts on “[REVIEW] Kelebihan & Kekurangan Smartfren Andromax R

  1. Anon

    kalau dari segi kamera, dibanding redmi 2 masih lebih bagus mana ? soalnya kamera dgn MP semakin tinggi di smartfren dgn harga murah begitu agak meragukan. hehehe.

    oya, jenis audio yang bisa diputar di andromax R?
    thx be4.

  2. oni

    menurut ente budget 2jt mana yang terbaik buat beli smartphone 4g lte bro ?
    ane lagi super galau nih mau milih Hp yg mana 😀

    • budget 2 juta pilihan lumayan banyak bro…
      Mulai dari Redmi Note 4G (walau sudah lama ya kayaknya, hehehe), lalu Alcatel OneTouch Flash Plus, lalu ada lagi Lenovo A7000…
      tapi kalau mau bersabar, tunggu aja bulan Agustus bro…
      Ada Meizu M2 Note… hihihi…

  3. oni

    Kalau antara Alcatel OneTouch Flash
    Plus, Lenovo A7000, Meizu M2 Note di banding smartphone yg udah lama dikit yaitu Microsoft Lumia 640 LTE..
    Ente pilih yg mana broo ? Hahaha..

  4. Gan untuk MAX -R bisa hapus aplikasi bawaan yang nggak digunakan gak? biar RAM lebih lega,… caranya gimana bisa di tutor kan? apakah harus root dulu? tool apa aja yang digunakan?

  5. fendhy

    4G nya cepet bgt bro.. tanpa pakai paketan 4G kaya GSM bro.. pake paketan kuota bisasa bisa bro.. beda sama GSM bro.. langsung bisa pakai 4G bro.. lancar jaya internetan bro.. oke bro..

  6. Adelina

    Bro, kasi saran donk. Better OPPO Mirror 5 atau ALCATEL Onetouch Flash Plus? Kebutuhan saya siy utk jualan online. Tenkiu ya Bro

  7. Andi M

    Brader… Andromax i3s sy gnti jd andromax r. Tp koq sumpah lemot klo d banding i3s. Camera emang lbh gde pixel tp utk photo tertentu ada yg kurang natural d gbr. Yg lbh parah lg applikasi kudu di install di memory internal, klo ga tu shortcut baik yg di homescreen maupun di pilihan saat buka file ti cuma nongol nama file .apk. Blm lg kaya BBM tu klo mo kirim photo ga bisa lngsng dr applikasi bbm krna ga punya akses ke memory card, bgitu juga klo mo save photo dr bbm tu ga bisa juga. Tambah lg niy klo dr browser misal UC qta mo save download ke memory card juga ga bisa, katanya ga punya akses juga. Jadi intinya tu memory card yg support ampe 32GB cuma utk save hasil camera ama nyimpen lagu. Kekecewaan blm lengkap tanpa hasil putar lagu pakai dolby ternyata sumpah mengecewakan banget. (Mengingat & menimbang sebelumnya pakai andromax i3s).
    Nah apa semua andromax r kaya gitu atau emang punya sy doang yg ky gitu?
    Tks brader 🙂

    • emang menurut saya Andromax R parah bro…
      laggy banget, apalagi kalau aplikasi yang terinstall banyak…
      makanya barusan, saya juga nge-tweet tentang Andromax R di Twitter saya, mengungkapkan kekecewaan saya terhadap Smartfren, terutama seri Andromax R.

  8. Alfred

    Ini HH saya pake bermodalkan

    1. Greenify
    2.Smartlaucher
    3.battere saver bawaan maxer

    Tetap hambar karena ga bisa di root.

  9. achan khan

    Semua nya lewat ama andromax r… Bagi ane andromax R the best smartphone…selain perfom kecepatan internetnya hrg paketan internet nya paling murah dibandingkan dgn telkompret,indosapret,xpret,thrpet,lewat semuanya dgn samrtfren…. Tnpa ada pembagian jam di smartfren beda ama provider yg lain….. Your Smart pke smartphone Smartfren…..

    • emang sih bro, bener tuh…
      tapi kalau boleh dibandingkan, harga segitu bisa dapat Xiaomi Redmi 2 denga kamera yang lebih baik atau Infinix Hot 2 dengan pengalaman multitasking dan update OS lebih baik…

      FYI : buat yang tinggal di kota besar, oke Smartfren punya jaringan luas, tapi buat saya yang sering pergi ke daerah “pelosok”, Smartfren tidak memberikan impresi yang baik kepada saya…

  10. Jonathan Dedit

    Ane sebenernya tertarik ama ini HP, bukan soal apanya. Cuma demen tampilan pure android doang sama spesifikasi yang “lumayan” buat harga segitu, ditambah paketan andromax skrg lagi promo gila. Hahahaha
    Tapi yg ane sayangin banyak yg bilang launcher kurang responsif, kira2 ada solusi gak bang? atau mungkin ada info ROM AOSP based buat ini hape jadi tinggal flash 😀

  11. Kak ren… adakah cara untuk mendowngrade OS Andromax R ini dari Lolipop ke OS dibawahnya?. Andro i3s saya sukses tewas karena terpelanting ke aspal, karena alasan nomor untuk kerja, harga dan lain sebagainya, trus ganti Andromax R yang memang luar biasa….. luar biasa lemotnya jika dibanding i3s sebelumnya… Thanks…

  12. Gan andromax R ane kenapa ya tiap gunain kamera belakang klo pakek flash suka shutdown sendiri, pasti ada bacaan android system trus reboot klo pakek flash, dan anehnya klo kamera depan lancar aja mau pake flash atau kaga

Leave a Reply

