[REVIEW] Kelebihan & Kekurangan Xiaomi Mi4i

Standard

Setelah menggunakannya 2 harian, kali ini saya akan share pengalaman saya saat menggunakan Xiaomi Mi4i. Xiaomi dibanderol dengan harga 2.799.000 di Mi.com, apakah ponsel ini pantas untuk diperebutkan? Yuk simak ulasan saya berikut… Cekibroootttt….

CGHGewxVIAAZi4t.jpg large

Credit to @AhSyaiful

Kelebihan :

  • MIUI 6 berbasis Android 5.0 Lollipop! Ya, Inilah kelebihan utama dari Xiaomi Mi4i. Modifikasi Android yang paling keren menurut saya. banyak fitur dan tampilan yang menarik membuat OS MIUI ini menjadi banyak peminatnya.
  • Desainnya yang simple dan elegan. Serta tipis dan nyaman ketika dipegang dengan bobotnya yang hanya 130g.
  • Fitur Do Not Disturb! Fitur ini menjadi kelebihan bagi Xiaomi Mi4i, saya sangat menyukai fitur yang bisa mematikan suara dering ketika kita sedang mengaktifkan fitur tersebut.
  • Fitur Guest Mode. Sangat penting ini, apalagi saya sebagai dosen, hape saya sering dipinjam mahasiswa saya baik itu untuk coba-coba, gaming, browsing atau biasanya untuk selfie 😀
  • Filter foto bawaan yang beraneka-ragam. YA! Di MIUI 6 ini bagi yang suka fotografi akan dimanjakan dengan filter dan setting kamera yang mendekati fitur PRO.
  • Xiaomi Mi4i memakai Snapdragon 615 (generasi kedua), dengan clock speed 1,7 Ghz. Jadi untuk multitasking, gaming, browsing dll saya tidak menemui kendala. Untuk gaming lancar koq, so kalian para gamers, gak perlu kuatir lagi.
  • Dual ON 4G, GSM-GSM. Hari gini saya harus pakai Dual SIM, satu untuk internet (saja) dan satu untuk berkomunikasi.
  • 2 Slot Xiaomi Mi4i sudah mendukung 4G, sehingga kecepatan dalam berinternet membuat sangat nyaman.
  • Layarnya menggunakan corning OGS, jadi memberikan ketajaman dalam hal display, membuatnya nyaman untuk dipandang.
  • Layar 5 inch dengan resolusi Full HD yang ditawarkan 1920×1280 dengan kerapatan pixel 441 ppi membuat kualitas gambar yang ditawarkan memukau dan HH pun enak saat di genggam.
  • Selain itu, layar Mi4i juga dilengkapi dengan FHD Sunlight Display, yang membuat layar akan tetap nyaman dipakai ketika dibawah terik matahari langsung tanpa kita mengalami masalah dengan kecerahan warna di layar.
  • Layarnya sudah dilapisi dengan Gorilla Glass 3, sehingga saat pertama datang sampai sekarang, anti-gores sudah tidak pernah saya sematkan lagi, sehingga layarpun lebih jelas dan terlihat mewah tanpa ada rasa takut untuk tergores atau scratch.
  • Support USB-OTG. Ini dia, bagi saya fitur ini cukup penting, karena Mi4i ini “hanya” disematkan memori internal 16GB tanpa dukungan dari SDCard, maka fitur ini saya maksimalkan untuk bisa colokkan data-data penting saya saat bekerja dan memindahkan ke HH melalui USB Flashdisk.
  • Kamera belakang 13MP. Inilah yang menjadi kekuatan Mi4i menurut saya. Kamera nya luar biasa, lebih bagus dari kakaknya, Xiaomi Mi3. Hasilnya pun ketika saya bandingkan dengan Samsung Galaxy S4 gak kalah. Dalam keadaan low light pun masih bisa diatasi. Video pun kuat untuk merekam Full HD 1080p dan hasilnya luar biasa.

    11014963_10203571290237611_648736933830442444_n

    Hasil tangkapan foto Mi4i. Credit to Dzikrul Hakim

  • Kamera depan 5MP. Hasilnya mencengangkan, hasil sangat tajam dan jelas, tidak seperti HH lain yang menawarkan resolusi besar, tetapi hasil agak buram / noise. Kalau di Mi4i ini hasilnya tidak mengecewakan. Selain itu bisa juga untuk merekam video HD 720p yang cukup bagus. Gak percaya? beli aja, terus cobain deh.
  • Dari segi speaker, saya cukup senang dengan suara yang dihasilkan. Karena menggunakan teknologi Dirac Sound yang membuat suara yang dikeluarkan mempunyai kualitas yang cukup baik.
  • Bluetooth versi 4. Sudah saya coba pairing dengan MiBand + transfer file dengan Xiaomi Redmi Note dan dalam kirim data sangat cepat.
  • Wifi Direct supported. Saat bertransfer menggunakan aplikasi Superbeam atau Xender, kita akan lupa dengan teknologi bernama bluetooth :p
  • Kapasitas baterai yang besar, yaitu 3.120mAh, bisa buat berkegiatan seharian penuh. Mantap lah pokoknya. Dimana lagi kita bisa dapat desain ramping, tetapi baterai tetap mantap 😀
  • GPS! Ini dia juga menjadi primadona. GPS nya locked dengan sangat cepat.
  • Sensor-sensor di Mi4i pun cukup lengkap ya, jadi gak perlu kuatir

Kekurangan :

  • Tidak adanya dukungan SDCard. Tapi bisa diakalin dengan USB-OTG sih, jadi buat saya masih worth it banget sih.
  • Agak panas ketika main game atau menggunakan kamera dengan fitur Live HDR. Tapi update firmware terbaru sudah teratasi koq, walau cepat panas, tetapi turunnya juga tetap cepat.

Demikian review saya terhadap Xiaomi Mi4i, ponsel yang sedang hits saat ini di pasaran, semoga bisa membantu kalian yang sedang galau mau beli apa tidak. Jangan ragu lagi, kalau dulu ada istilah “Ada Harga, Ada Rupa”, sepertinya Xiaomi mulai memudarkan istilah tersebut, karena dengan harga yang “hanya” 2.8 juta, kita mendapatkan pengalaman seperti memegang ponsel Flagship 5-6 jutaan.

Advertisements

18 thoughts on “[REVIEW] Kelebihan & Kekurangan Xiaomi Mi4i

  1. akbarjember

    mantap banget.
    dari kmarin sy emang nyari hp dg ukuran yg nyaman disaku. berkamera bgs, baterai kuat dan lock gps yg cpt.
    trims reviewnya.

  2. wangsit

    Gan..rom xiaomi mi4i yg dari segi

    1. kamera mantab hasilnya…?

    2. tidak terlalu panas buat game sebentar”…?

    3. Systemnya nggak ada bug…?

    Mojon pencerahan ya gan…rom versi yg mana ..yg bisa meliputi semua pertanyaan saya di atas….

    Thx sebelumnya

  3. wangsit

    Gan..rom xiaomi mi4i yg dari segi

    1. kamera mantab hasilnya…?

    2. tidak terlalu panas buat game sebentar”…?

    3. Systemnya nggak ada bug…?

    Mojon pencerahan ya gan…rom versi yg mana ..yg bisa meliputi semua pertanyaan saya di atas….

    Thx sebelumnya

  4. naraswari

    Tolong dijawab… mana bagusan xiaomi mi 4i dengan xiaomi mi 4? Saya bingung memilih diantara keduanya

    • untuk kamera, hampir sama, cuman saya pilih Mi 4i…
      untuk performa pilih Mi 4…

      Pertanyaan : kenapa dulu saya jual Mi 4 saya dan beli Mi 4i?

      Jawab : Simple! Saya butuh DualSIM, gak ribet, hehehe…

      so, sesuaikan dengan kebutuhan ya….

  5. naraswari

    Saya mau nanyak lagi mana pilih mi 4i atau mi 4c? Dan mi 4c itu sudah keluar kah di indonesia?

  6. kurniawan

    Gan/suhu mohon bantuannya, ane br aja beli mi band 2 eh ga bs pairing sm mi4i ane, mohon pencerahan suhu.. Trus 1 lg suhu, hehe.. GPSnya kagak mau maen, dibilangnya tidak bisa terhubung dengan jaringan, mohon pencerahannya suhu, ane hampir msk tahap stress ini mecahin mslh ini.. Thx

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s