Solusi Format Microsoft Word yang Berantakan dari versi 2010 ke 2007

Standard

Jadi ceritanya begini. Kan belakangan banyak banget mahasiswa saya yang sedang mengerjakan KTI / Skripsi dengan menggunakan Microsoft Office 2007, tetapi di rental sebelah menggunakan Microsoft Office 2010, jadi banyak yang mengeluh kepada saya : “Pak, format word saya koq berubah ya, jadi acak2an begini? solusinya gimana?” Itulah yang membuat para mahasiswa saya menjadi galau akhir-akhir ini. Hal ini terjadi karena terjadi perbedaan pola baik itu di Word 2007 dan Word 2010. Walaupun sama-sama dengan extensi .docx, tetapi kedua versi Office tersebut mempunyai pola yang cukup berbeda.

Tetapi tenang saja, saya ada solusinya koq. Saya sudah rangkum ada 3 solusi buat kalian yang mengalaminya.

  1. Install The 2007 Microsoft Office Suite Service Pack 3
    Jadi nanti update an itu fungsinya untuk menyelaraskan pola di Office 2007 agar sama dengan pola yang digunakan pada Office 2010. Tetapi kalau internet nya pas-pas an, cara ini agak sedikit menyebalkan ya, karena harus download file 380an MB. Jadi harus sedikit bersabar.
  2. Save as ► Word 97-2003 document ► Save
        Cara kedua ini cukup sederhana dan gampang, yaitu dengan membiasakan menyimpan file dengan format .doc, yaitu dengan cara pilih Office Button, klik save as,
    pilih Word 97-2003 document lalu klik save.
    Cara ini cukup ampuh ya, karena format dasar dari Word 2003 lebih kompatibel di beberapa versi dari Office. Tetapi terkadang ada beberapa format dari Office 2010 yang tidak terbaca di cara ini, walaupun kemungkinannya kecil.
  3. Check Compatibility 2010
         Nah, di cara ketiga ini adalah jurus paling jitu dari semua jurus yang telah saya terangkan. Namun terkadang bagi beberapa orang, cara ini “katanya” cukup rumit, walaupun sebenarnya cara ini simple dan gampang.
    Jadi pertama adalah buka Microsoft Word 2010.
    Klik file ► pilih tab info ► klik Prepare for sharing ► check compatibility

Pastikan di Check Compability when saving documents dalam keadaan tercentang ya, nanti otomatis Office 2010 akan menyesuaikan pola file yang disimpannya agar kompatibel dengan seri Office sebelumnya.

Jadi buat para mahasiswa saya, gak usah kuatir, Belanda masih jauh (kayak jaman penjajahan aja, wkwkwk). Semua pasti ada jalan keluarnya, yang penting tetap tenang dan gak perlu emosi sampai banting laptop dan bakar asrama pula, hahaha. Happy KTI!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s