Powerbank Samsung Abal-abal Menjamur

Standard

Hati-hati membeli power bank bermerek Samsung. Sebab, dari waktu ke waktu, power bank Samsung palsu kian menjamur. Ironisnya, Samsung Electronics Indonesia (SEIN) cenderung adem ayem menghadapi kondisi tersebut. Mereka tak terlihat berusaha “melawan” dengan melakukan edukasi pasar maupun mengambil tindakan hukum.

Supaya Anda memperoleh gambaran lebih nyata, saya sengaja membeli sebuah power bank baru. Merek yang tercetak Samsung dan diklaim berkapasitas 85.000 mAh. Harganya hanya Rp 65.000. Bagaimana penampakan luar dan dalamnya? Mari kita bongkar!

Samsung palsu-5

Samsung palsu-1

Kardus kemasan power bank itu tampak mentereng. Cukup tebal, agak mengilap, dan dengan cetakan yang bagus. Di sisi depan tercantum informasi bahwa power bank tersebut memiliki tiga output. Nama lengkap power bank itu: Samsung Galaxy S. Ha… ha… ha… sama dengan nama ponsel Android Samsung yang diluncurkan lima tahun lalu.

Samsung palsu-2

Beralih ke sisi belakang kardus. Panduan pemakaian yang supersingkat tercetak di sana. Di sudut kiri bawah tertulis “Made in Korea”. Tulisan itu seakan ingin membentuk persepsi konsumen. Karena Samsung adalah merek Korea, maka power bank-nya juga dibuat di Korea.

Samsung palsu-3

Isi kardus tersebut relatif minimalis. Hanya ada satu power bank dan satu kabel yang memiliki empat macam konektor. Kabel berwarna putih itu terlihat kurang meyakinkan. Pengerjaannya tampak agak kasar. Di dalam kardus, konsumen takkan menjumpai buku panduan pemakaian, apalagi charger untuk mengisi ulang power bank.

Samsung palsu-4

Bertolak belakang dengan kabel charger, tampilan fisik power bank itu pantas diberi acungan jempol. Penampakannya keren. Permukaan depan dan belakangnya seperti terbuat dari kulit, lengkap dengan jahitan di sekelilingnya. Kala melihatnya, saya langsung teringat dengan penutup baterai Samsung Galaxy Note 3.

Samsung palsu-6

Samsung palsu-8

Tiga colokan USB dan tombol power terdapat di samping power bank. Sedangkan di bagian atas bakal dijumpai konektor micro USB dan lampu LED. Lampu mungil itu dapat difungsikan sebagai lampu senter.

Samsung palsu-9

Samsung palsu-10

Saatnya melakukan pembuktian. Saya membongkar power bank yang tertulis berkapasitas 85.000 mAh itu. Terlihat ada rangkaian listrik yang relatif sederhana dan lima sel baterai. Hmm… sebuah kebohongan terpampang nyata.

Samsung palsu-7

Samsung palsu-11

Samsung palsu-12

Kok bisa? Penjelasannya sederhana. Fakta pertama: kapasitas power bank diklaim 85.000 mAh, sedangkan isinya lima sel baterai saja. Kalau dihitung, berarti satu sel baterai dianggap mewakili 15.000 mAh.

Fakta kedua: baterai silindris di dalam power bank itu lazim disebut baterai 18650. Pasalnya, baterai itu berdiameter 18 milimeter dengan tinggi 65 milimeter. Kapasitas baterai 18650 bervariasi, mulai 300 mAh hingga 3.400 mAh. Varian yang saat ini paling banyak beredar di pasar berkapasitas 2.000-an mAh. Misalnya, 2.050 mAh, 2.600 mAh, dan 2.800 mAh.

Baterai 18650 berkapasitas lebih dari 3.000 mAh belum populer karena harga jualnya masih relatif tinggi. Para produsen sel baterai terus berusaha menciptakan baterai berukuran sama, tetapi dengan kapasitas lebih besar. Satu hal yang pasti, belum pernah ada baterai 18650 berkapasitas 15.000 mAh. Jangankan sebesar itu, yang berkapasitas asli 5.000 mAh pun belum ada kok.

Jadi, dengan memadukan fakta pertama dan kedua, power bank 85.000 mAh bermerek Samsung yang sengaja saya beli itu pasti palsu. Kapasitas nyata tidak sesuai dengan yang tertulis. Berapakah kapasitas sebenarnya? Saya tidak berani memastikannya karena tak memiliki alat ukur yang memadai.

Dengan mengacu kepada harga beli, estimasi harga kulakan, dan beberapa hal lain, saya yakin kapasitas sebenarnya tidak lebih dari 6.000 mAh. Amat mungkin hanya 4.500 mAh, bahkan lebih kecil. Pesan saya, bertindaklah lebih cermat dan cerdas saat membeli power bank.

Kiat Dapatkan Yang Asli

Kalau Anda sebelumnya telah berencana membeli power bank Samsung asli, tak perlu bimbang. Lanjutkan niat itu. Saya memiliki beberapa kiat agar Anda sukses mendapatkan power bank Samsung idaman. Tentu yang orisinal, bukan abal-abal.

Hal pertama yang perlu diketahui, Samsung belum menawarkan power bank berkapasitas superjumbo. Dalam pantauan penulis, kapasitas power bank terbesar yang telah dihadirkan Samsung adalah 11.300 mAh. Varian yang paling sering dijumpai di sini berkapasitas 3.100 mAh, 9.000 mAh, dan 9.500 mAh.

Jadi, jangan mencari power bank Samsung berkapasitas 30.000 mAh, 50.000 mAh, atau 99.000 mAh. Kalau Anda sampai menemukan penjual power bank Samsung yang diklaim berkapasitas sebesar itu, tinggalkan saja deh. Sebab, Anda pasti akan mendapatkan power bank Samsung palsu.

Hal kedua, bersiaplah merogoh kantong dalam-dalam. Power bank Samsung asli relatif mahal. Bahkan, seringkali lebih tinggi daripada power bank bermerek global seperti Sony dan MiLi. Untuk meminang power bank Samsung 3.100 mAh, misalnya, peminat minimal harus menyiapkan dana Rp 510 ribu. Kalau yang ingin diboyong power bank Samsung 9.000 mAh, pembeli mesti membayar paling sedikit Rp 799 ribu.

Sekadar pembanding, power bank Sony berkapasitas 5.000 mAh saat ini dijual Rp 400 ribuan. Sedangkan harga ritel resmi MiLi Power Ocean II 10.400 mAh dipatok Rp 598 ribu. Harga ritel resmi itu biasanya hanya diterapkan oleh pengelola gerai resmi penjualan produk Apple. Di tempat lain, power bank MiLi ditawarkan lebih murah.

Terakhir, bila ingin memperoleh power bank Samsung yang dijamin asli, bertransaksilah di Samsung Experience Store atau http://www.anymode.co.id. Semua aksesori bermerek Samsung yang dijual di sana pasti orisinal. Konsekuensinya, konsumen seringkali harus membayar lebih mahal daripada harga pasaran.

Source: Ponselmu credit to

One thought on “Powerbank Samsung Abal-abal Menjamur

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s