Review: Asus Zenfone 5 vs Xiaomi Redmi 2

Standard

Karena kemarin ada yang menanyakan di Twitter: Zenfone 5 lawan Redmi 2 itu pilih mana ya? Karena saya pernah merasakan keduanya, maka saya akan mencoba membandingkannya. Oiya, review ini tidak ada maksud untuk menjatuhkan atau mempromosikan merk tertentu, jadi murni menurut apa yang saya rasakan. Oke langsung aja.ASUS-Zenfone-5-vs-Xiaomi-Redmi-2

  1. Design
    Di sisi desain, keduanya hampir mirip ya. Cuma sekali lagi ini subyektif ya, saya lebih suka Redmi 2, karena desain tombolnya yang unik, berwarna merah. Sedangkan pada Asus tombolnya terkesan “standar” ya, boleh dibilang “pasaran”, makanya kadang saya tutup stiker, karena kurang sedap dipandang dan saya ganti dengan softkey, hehehe.
  2. Layar
    Asus Zenfone 5 berukuran 5 inch sedangkan Xiaomi Redmi 2 berukuran 4.7inch. Untuk masalah layar ini, lagi-lagi subyektif, karena saya suka ponsel berukuran besar, maka kali ini saya akan memilih Asus Zenfone, walaupun hanya beda tipis ya. Tetapi Redmi 2 lebih unggul dalam produktifitas dan ketajaman layar, karena kepadatan pixelnya yang lebih tinggi yaitu 312ppi dengan layar 4.7 inch, berbanding dengan punya Zenfone yang mempunyai kerapatan “hanya” 294ppi dengan layar yang lebih lebar yaitu 294ppi.
  3. User Interface
    Baik Asus Zenfone 5 dengan Xiaomi Redmi 2 mempunyai keistimewaan tersendiri. Zenfone punya ZenUI dan Redmi 2 punya MIUI. Tetapi saya lebih memilih MIUI 6 bawaan dari Redmi 2 ketimbang ZenUI dari Zenfone. Hal ini wajar ya, karena kecantikan dan kesederhanaan dari MIUI. Selain itu, MIUI punya sejumlah fitur seperti kustomisasi yang sangat banyak, sehingga buat mereka yang mudah bosan (seperti saya) dengan tampilan, bisa gonta-ganti tema supaya tampilan lebih variatif.
  4. Kamera
    Di sektor inilah, saya agak kesusahan dalam memilih keduanya. Keduanya memiliki hasil yang sama-sama memuaskan. Keduanya juga (lagi-lagi menurut saya) mempunyai hasil yang agak kekuningan, warna seperti terlalu banyak yellow tune, tetapi overall sangat memuaskan, apalagi kalau outdoor, juara deh keduanya. Tapi kalo foto di dalam ruangan, apalagi dalam keadaan low-light, Zenfone juaranya.
  5. Konektivitas
    Dalam hal ini, Xiaomi Redmi 2 lebih unggul, karena kedua SIM nya sudah support 4G LTE dan sepenuhnya berjalan sempurna dengan operator di Indonesia. Sedangkan Zenfone 5 hanya bisa berjalan di 3G / 3.5G saja, walaupun diluar sana (katanya, saya belum coba sih) sudah ada Zenfone 5 yang support dengan 4G.

  6. Benchmark
    Inilah hal yang sebenarnya saya benci, karena suatu ponsel tidak bisa dinilai dari besaran skor yang terpampang oleh salah satu aplikasi penyedia layanan benchmark. Karena baik / buruknya ponsel itu tergantung kita para pemakainya. Skor besar, belum tentu juga performa lebih unggul. Tetapi bila memang harus dibandingkan maka Asus Zenfone 5 lah yang keluar jadi pemenang. Unggul tipis dari Redmi 2 yang mendapatkan skor 20ribuan, Zenfone mempunyai skor 23ribuan.
  7. Performa
    Dalam hal performa, baik itu untuk gaming maupun kegiatan sehari-hari, seperti browsing, chatting, dll, Asus Zenfone 5 sedikit mengungguli Xiaomi Redmi 2. Jadi apakah Redmi 2 lemot? BUKAN! Melainkan RAM 2GB dari Zenfone 5 lebih mampu menjalankan multitasking lebih berat ketimbang Redmi 2.
  8. Ketahanan Baterai
    Di sektor ini, saya dibuat terpukan oleh Xiaomi Redmi 2. Ternyata berbeda dengan MIUI sebelumnya, MIUI 6 ini jauh lebih irit terhadap baterai. Redmi 2 bisa dipakai selama full seharian (12 jam-an) untuk pemakaian normal, sedangkan Zenfone 5, untuk pemakaian aplikasi yang sama, hanya mampu bertahan sekitar 10 jam-an. Selain itu, Asus Zenfone 5 juga mempunyai masalah terhadap panas. Jadi yang saya rasakan adalah Asus Zenfone ini mudah panas, apalagi dipakai nonstop. Mungkin karena pakai Procie Intel ya, kayak dulu saya pakai Lenovo K900 juga panasnya minta ampun.

Semoga review singkat saya tadi bisa menjadi jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang muncul. Sekali lagi ini murni pengalaman saya dalam menggunakan 2 ponsel tersebut, tanpa ada maksud untuk menjatuhkan satu dengan yang lain. Terima kasih!

11 thoughts on “Review: Asus Zenfone 5 vs Xiaomi Redmi 2

Leave a Reply

