Tutorial Install Aplikasi / Game Android di SDCard dengan Link2SD

Standard

Banyak sekali yang komplain / tanya kepada saya di Twitter / Instagram, cara install aplikasi / game android di SDCard pada Xiaomi tuh gimana sih? Okelah, pada kesempatan kali ini, saya akan share cara untuk memindahkan aplikasi / game Android ke SDCard. Kali ini saya menggunakan Link2SD! Cekibrooot…

Pada Link2SD ini aplikasi / game akan terinstall seluruhnya pada SDCard, termasuk file libraries dan lain sebagainya. Akan tetapi, pada HH dibaca seakan-akan aplikasi ini terinstall pada memory internal. Menurut saya ini sangat menguntungkan karena tidak mengurangi jatah memori internal sedikitpun. Akibatnya kita bisa meng install aplikasi lebih banyak lagi dari sebelumnya tanpa ada batasan dari kapasitas memory internal. Selain itu, yang membuat Link2SD saya rekomendasikan adalah aplikasi yang ter Link2SD akan terus aktif walau digunakan pada mode penyimpanan menggunakan kabel data.

Bahan :

Tutorial Partisi MicroSD : (harap teliti, lakukan backup, karena semua data akan hilang! DWYOR)

  • Install MiniTool Partition di PC
  • Colokkan MicroSDnya ke PC (pakai card reader atau adapter)
  • Buka MiniTools Partition Wizard Home Edition
  • Klik move / resize
  • Sisakan 2 GB atau bisa diketik langsung 2048 mb
    (PERHATIAN: untuk membuat partisi kedua (partisi pertama harus primary dan fat32)
  • Klik Create pada partisi kedua
  • Isi dengan primary dan ext3
  • Akan terlihat 2 partisi (partisi 1 primary fat32, partisi kedua primary ext3)
  • Klik apply (tunggu sampai selesai)

Tutorial Link2SD :

Syarat : Rooted

Bahan : Link2SD (download di Play Store)

Intruksi :

  • Install Link2SD di Play Store
  • Buka Link2SD
  • Pilih ext3
  • Reboot
  • Buka lagi Link2SD
  • Klik filter
  • Pilih on internal
  • Klik multi select
  • Pilih semuanya
  • Create link (tunggu sampai proses selesai)
  • Reboot

Selamat menikmati dan Happy Oprek!

Tested & worked on Xiaomi Redmi 1S, Xiaomi Redmi Note 3G & Nexus 4!

7 thoughts on “Tutorial Install Aplikasi / Game Android di SDCard dengan Link2SD

  1. Rizki Feriz

    Mas, saya sudah ikuti tutorialnya langkah demi langkah, Tetapi kok saya tidak ada menu untuk CREATE LINK pada Aplikasi Link2SD Free. Posisi HH sudah Rooted, HP tipe Xiaomi Redmi Note 3G.
    Saya sudah berhasil membuat second partition pada Micro SD dengan partisi primary EXT3. Dan aplikasi Link2SD berhasil mounted ke second partition. Kira – kira langkah apa yang kurang ya mas ?
    Jadi ketika saya pilih aplikasi yang akan saya Create Link tidak bisa karena menu Create Link tidak ada. Yang ada hanya : Link to SD Card, Remove Link, Move to SD card, Launch, Manage, Reinstall, Uninstall, Freeze, Convert to system app, Clear Data, Clear cache, View on Google Play, Share, Share APK, Create Shortcut.

    Saya dulu pernah install aplikasi Folder Mount Free, dan sudah saya unmount yg dulu pernah saya mountkan untuk aplikasi 2 game/semua, dan aplikasi Folder Mount Free sudah saya uninstall. Tetapi masih belum muncul menu Create Link.

    Mohon bantuannya ^_^..

      • Rizki Feriz

        Alhamdulillah saya sudah berhasil mas Rendy. Saya menggunakan Micro SD HC Transcend 32GB Class 10, second partisi di micro SD saya ganti ke EXT4 (12GB) sebelumnya EXT3,dikarenakan kalau game HD seperti Asphalt 8 Airborne yg total gamenya sekitar 1,5GB tidak bisa dimainkan selalu muncul Error “Not Enough Free Some Space And Try Again”. Tetapi kalo game kecil pake EXT3 normal.Posisi pake stock ROM MIUI 5 OS 4.2.2 Xiaomi Redmi Note 3G.Dan anehnya kalo file Data/Obb dipindah ke Partisi pertama Micro SD yg FAT32, Create Link sudah berhasil tapi file nya malah ilang di Link2SD tapi kalo dicek pake Root Explorer masih ada. Saya refresh & rebind all external folder masih ga bisa.Jadinya saya pindahkan semua game+aplikasi yg ukurannya besar ke Second Partisi MicroSD yg EXT4 kapasitas 12GB, Alhamdulillah lancar jaya dan memori internal jadi Lega….” It’s Works ”

        *Saya beli aplikasi Link2SD Plus Original langsung dari PlayStore murah pake pulsa telkomsel cuma kena sekitar 22rb perak supaya bisa sekalian pindah file Data & Obb.

  2. Yuliarso

    Gan, apa bedanya Ex2, ext3, ext4, dan f2fs..?, dan yg recommended extention yg mana gan Rendy. ..?
    Saya di sd card 16Gb kelas 10, pada xiaomi redmi note 3G.
    Mohon petunjuknya serta pembagian partisi yg harus diterapkan pada sdcard saya, gan..
    Matur Tengkiyu sebelumnya ya, Gan.

  3. Doddy

    pada tutorial sebelumnya mengenai SWAP MEMORY, bukankah fungsinya sama seperti Link2SD ini? metode manakah yg lebih baik untuk saya terapkan?

Leave a Reply

