[REVIEW] Kelebihan & Kekurangan Xiaomi Redmi 2

Standard

Setelah menggunakannya semingguan, kali ini saya akan share pengalaman saya saat menggunakan Xiaomi Redmi 2. Xiaomi dibanderol dengan harga 1.599.000 di Lazada, apakah ponsel ini pantas untuk diperebutkan? Yuk simak ulasan saya berikut… Cekibroootttt….

Kelebihan :

  • MIUI 6! Ya, Inilah kelebihan utama dari Redmi 2. Modifikasi Android yang paling keren menurut saya. banyak fitur dan tampilan yang menarik membuat OS MIUI ini menjadi banyak peminatnya.
  • Fitur Do Not Disturb! Fitur ini menjadi kelebihan bagi Redmi 2, saya sangat menyukai fitur yang bisa mematikan suara dering ketika kita sedang mengaktifkan fitur tersebut.
  • Fitur Guest Mode. Sangat penting ini, apalagi saya sebagai dosen, hape saya sering dipinjam mahasiswa saya baik itu untuk coba-coba, gaming, browsing atau biasanya untuk selfie 😀
  • Filter foto bawaan yang beraneka-ragam. YA! Di MIUI 6 ini bagi yang suka fotografi akan dimanjakan dengan filter dan setting kamera yang mendekati fitur PRO.
  • Redmi 1s memakai Snapdragon 410, dengan clock speed 1,2 Ghz, jadi untuk multitasking, gaming, browsing dll tidak menemui kendala. Walaupun RAM cuma 1GB, tetapi untuk gaming lancar koq, so kalian para gamers, gak perlu kuatir lagi.
  • Dual ON, GSM-GSM. Hari gini saya harus pakai Dual SIM, satu untuk internet (saja) dan satu untuk berkomunikasi.
  • 2 Slot Xiaomi Redmi 2 sudah mendukung 4G, sehingga kecepatan dalam berinternet membuat sangat nyaman.
  • Layarnya sudah IPS, jadi memberikan ketajaman dalam hal display, membuatnya nyaman untuk dipandang.
  • Layar 4,7 inch dengan resolusi HD yang ditawarkan 1280×720 dengan kerapatan pixel 312 ppi membuat kualitas gambar yang ditawarkan memukau dan HH pun enak saat di genggam.
  • Layarnya sudah dilapisi dengan Dragontrail, sehingga saat pertama datang sampai sekarang, anti-gores sudah tidak pernah saya sematkan lagi, sehingga layarpun lebih jelas dan terlihat mewah tanpa ada rasa takut untuk tergores atau scratch.
  • Support USB-OTG. Ini dia, bagi saya fitur ini cukup penting, karena bisa colokkan data-data penting saya saat bekerja dan memindahkan ke HH.
  • Kamera depan 8MP. Inilah yang menjadi kekuatan Redmi 2 menurut saya. Kamera nya luar biasa, lebih bagus dari kakaknya, Xiaomi Redmi 1S. Dalam keadaan low light pun masih bisa diatasi. Video pun kuat untuk merekam Full HD 1080p dan hasilnya luar biasa.
  • Kamera depan 2MP. Peningkatan dari kakaknya Xiaomi Redmi 1S yang hanya 1.3MP. Walaupun resolusi kecil, tapi hasilnya mencengangkan, hasil sangat tajam dan jelas, tidak seperti HH lain yang menawarkan resolusi besar, tetapi hasil agak buram / noise. Kalau di Redmi 2 hasilnya tidak mengecewakan. Selain itu bisa juga untuk merekam video HD 720p yang cukup bagus. Gak percaya? beli aja, terus cobain deh.
  • Dari segi speaker, saya cukup senang dengan suara yang dihasilkan. Karena menggunakan teknologi Dirac Sound yang membuat suara yang dikeluarkan mempunyai kualitas yang cukup baik.
  • Bluetooth versi 4. Sudah saya coba transfer dengan Xiaomi Redmi 1S dan dalam kirim data sangat cepat.
  • Wifi Direct supported. Saat bertransfer menggunakan aplikasi Superbeam atau Xender, kita akan lupa dengan teknologi bernama bluetooth :p
  • GPS! Ini dia juga menjadi primadona. GPS nya locked dengan sangat cepat.
  • Sensor-sensor di Redmi 2 pun cukup lengkap ya, jadi gak perlu kuatir

Kekurangan :

  • Belinya susah. Dengan hanya LAZADA yang menjadi tempat satu-satunya (walaupun sekarang sudah ada di Erafone) untuk membeli secara resmi, flagship ini menjadi sangat susah untuk didapatkan. Selain itu, flash-sale dari Lazada juga cukup saya keluhkan karena saat proses pembelian, beberapa kali web Lazada down dan susah untuk diakses, padahal saya tinggal konfirmasi pembayaran saja. Semoga ke depannya bisa lebih baik lagi.
  • RAM 1 GB. iya gak usah kaget, 1GB memang ukuran yang sudah baik untuk flagship harga 1.6 jutaan, tetapi ingat, Redmi 2 menggunakan user interface MIUI, yang memang menguras RAM. Tapi jangan kuatir, MIUI 6 walaupun mempunyai tampilan yang keren serta animasi yang bejibun, tetapi dipercaya MIUI 6 ini ramah RAM.
  • Baterai 2200mAh. Secara angka memang besar ya. Tetapi lagi-lagi karena MIUI inilah, membuat Redmi 2 sering kekurangan daya. Tapi tenang saja, saya ada solusinya. Root saja Redmi 2, lalu install All-in-One Toolbox untuk mengurangi boot speedup yang tidak penting, lalu install Greenify untuk meng-hibernate aplikasi yang tidak seharusnya berjalan di background. Sebelum di root, Redmi 2 ini mampu bertahan untuk pemakaian sehari-hari 5-6 jam, tetapi setelah root + oprek, bisa sampai 10-12 jam tergantung beratnya pemakaian. Kalau saya sih biasanya cuma untuk browsing, chatting, socmed, gaming jarang sih enakan pakai tablet, sms dan telpon aja.
  • Kamera yang agak kekuningan. Masalah ini termasuk saya dapatkan, tetapi setelah menggunakan aplikasi pihak ketiga (dalam hal ini saya menggunakan SNAP, saya beli, gak bajakan ya :p) masalah kekuningan agak teratasi.
  • Kelemahan terakhir menurut saya adalah belum ada fitur HDMI, tetapi bagi sebagian orang mungkin fitur ini kurang penting sih, hehehe…

Demikian review saya terhadap Xiaomi Redmi 2, ponsel yang sedang hits saat ini di pasaran, semoga bisa membantu kalian yang sedang galau mau beli apa tidak. Jangan ragu lagi, kalau dulu ada istilah “Ada Harga, Ada Rupa”, sepertinya Xiaomi mulai memudarkan istilah tersebut, karena dengan harga yang “hanya” 1.6 juta, kita mendapatkan pengalaman seperti memegang ponsel MidEnd 4-5 jutaan.

19 thoughts on “[REVIEW] Kelebihan & Kekurangan Xiaomi Redmi 2

  1. pery

    Wqh menarik sklai artikelnya bos.. Btw kalo dibndingkn dngn redminote 3g mna bgusan sama redmi 2 ?

  2. numpang nanya gan ,
    redmi 2 kok sensitifitas touchscreennya kurang greget ya ?
    apa ada settingan buat ngurangin ato nambahin sensitifitas touchscreennya ?

  3. Fachmy

    Numpang nanya Kang, saat ini sy pake Redmi Note / HMNoteW dan sdh pake CusRom Bibinshe terbaru V.5.4.1 7 menurut sy CusRom paling stabil utk harian & One Package. Nah td sore pesanan Redmi 2 adek sy baru nyampe dianterin LEX, sy mau coba instal CusRom Bibinshe utk Redmi 2, tp sy ragu dgn Seri HH Redmi 2, di thread binbinshe ada pilihan miui6_HM2XWC_5.4.17 dan miui6_HM2XWTD_5.4.17. Nah sebaiknya sy pilih yg mana ya Kang, takut bootloop. Mohon pencerahan nya Kang. Nuhun

  4. Mas saya mau nanya. Menurut mas lebih bagus mana Xiaomi Redmi 2 ama Lenovo A6000? sama Xiaomi redmi 2 ada earphone bawaannya gak sih? soalnya saya liat diartikel ad yg bilang gak ad. Terimakasih sebelumnnya atas infonya

Leave a Reply

