4 Alasan Mengapa Smartphone Harga 1 Jutaan Tidak Kalah Dengan Smartphone Harga 10 Jutaan

Standard

Vendor-vendor smartphone asal Asia, seperti Xiaomi dan Lenovo telah melahirkan era baru, yakni smartphone murah berkualitas. Benar saja, di tahun 2015 ini, jurang perbedaan antara smartphone murah dan smartphone mahal semakin hilang.

Di awal tahun lalu, mungkin smartphone murah masih lekat dengan image baterai kecil, kualitas kamera rendah, atau kapasitas memori ‘seadanya’. Namun kini, Anda bisa menemukan smartphone Rp 1 jutaan dengan performa dan spesifikasi dahsyat, sebuat saja Xiaomi Redmi 2A dan Lenovo A6000.

Selain faktor-faktor yang familiar di atas, setidaknya ada 4 alasan lain yang menyebabkan smartphone murah tidak kalah bersaing dengan smartphone mahal seperti iPhone atau seri Galaxy S.

1. Resolusi layar

Embel-embel layar Quad-HD yang diklaim super jernih mungkin banyak menggoda fans gadget untuk mengupgrade smartphone mereka. Namun, sejak smartphone murah sudah mencapai kerapatan layar di atas 300ppi, peningkatan kualitas layar tidak akan terlalu terasa bagi pengguna awam.

Modifikasi layar yang saat ini dilakukan vendor smartphone hanyalah meningkatkan ketajaman dan kualitas warna saja.

2. Kamera

Era selfie telah membuat vendor berlomba-lomba menjual smartphone dengan kamera depan dan belakang beresolusi tinggi. Jika dulu Anda harus mengeluarkan uang jutaan untuk mendapatkan smartphone dengan kamera di atas 8MP, maka sekarang dengan uang Rp 1 jutaan, smartphone dengan kamera utama 13MP dan depan 5MP sudah ada digenggaman.

3. Baterai

Banyak vendor yang menawarkan smartphone mahal dengan kapasitas baterai besar, namun tetap saja baterai-baterai tersebut hanya mampu membuat si smartphone hidup maksimal satu hari. Hampir tidak ada bedanya dengan smartphone murah yang kebanyakan kini bisa tahan seharian

4. Tampilan muka (UI)

Smartphone boleh saja menggunakan OS yang sama, yakni Android. Namun, banyak vendor smartphone yang telah mengembangkan user interface (UI) atau tampilan awal layar yang mudah digunakan.

Dalam beberapa tahun terakhir, belum ada UI yang benar-benar menghebohkan dan revolusioner. Dari smartphone Samsung murah hingga yang mahal, UI-nya pun terlihat mirip.

Source credit to Bramy Biantoro

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s