Mengenal MIUI 6, OS Android Racikan Xiaomi yang Bikin Happy

Standard

MIUI sudah menjadi ciri khas Xiaomi. Sistem operasi berbasis Android ini sudah dikenal banyak orang karena memiliki tampilan menarik dan mudah digunakan. Banyak yang ingin membeli perangkat besutan Xiaomi dikarenakan faktor MIUI digunakan secara default.

Perangkat Redmi 2 dan Mi Pad yang baru dirilis di Indonesia menggunakan MIUI teranyar, versi 6 yang dirilis 9 Januari silam dan menawarkan sejumlah perbaikan dan penambahan kemampuan.

“MIUI 6 akan membuat penggunanya happy,” ujar Hugo Bara, saat ditemui saat peluncuran Redmi 2 dan Mi Pad di XXI Djakarta Theatre.

Salah satu yang menarik perhatian dari sistem operasi MIUI adalah tampilannya. Banyak yang berpendapat mirip IOS 7. Namun sejatinya, ini merupakan tampilan flat interface yang saat ini menjadi tren di sistem operasi baik mobile maupun komputer.

MIUI 6 menawarkan tampilan minimalis dengan desain flat. Ikonnya masih berbentuk kotak datar namun kini terlihat seperti mengapung. Berpadu dengan background yang sederhana serta tampilan warna-warni membuat MIUI 6 terlihat menarik di mata. Untuk mengetahui pembaruan apa saja yang hadir di MIUI 6, berikut detailnya

Tema

Salah satu keunggulan MIUI adalah memungkinkan pengguna melakukan gonta-ganti tampilan, tanpa harus root dan memasang ROM lain. Hal ini dimungkinkan tersedianya banyak theme di MIUI. Saat ini lebih dari 5000 tema tersedia di MIUI Theme Store, termasuk buatan anak negeri

Animasi

Tidak sekadar tampilan yang dipoles. MIUI 6 turut membawa animasi realistis yang terlihat sederhana namun menarik. Misalnya saat menghapus sebuah aplikasi. MIUI menampilkan animasi yang cukup menarik bagimana ikon aplikasi tersebut hancur menjadi debu.

Contoh lainnya, saat ingin berganti ke mode airplane. Saat ditekan, seketika ikon pesawat meluncur. Tak sampai di situ, saat berada di status bar, ikon pesawat tersebut bergerak seperti tengah mengudara.

Mail

MIUI mendesain ulang aplikasi Mail miliknya. Menempatkan email dengan satu subjek yang sama ke dalam satu folder sehingga dapat melihatnya dengan cepat. Email tersebut ditampilkan dalam bentuk bubble yang berulir.

Pengguna kini bisa menentukan email mana yang ingin dibaca lebih dulu. Selain itu tersedia opsi melihat lampiran email dan menyimpannya secara langsung. Menariknya, aplikasi Mail ini mendukung hingga 120 ribu email perhari. Pengguna cukup masukkan alamat email dan password saja.

Notifikasi

MIUI memperbarui notifikasi sehingga lebih informatif dan tidak mengganggu penggunanya. Saat dalam kondisi lock screen, notifikasi tidak memenuhi layar. Hanya ada ikon angka yang manampilkan seberapa banyak notifikasi yang ada. Barulah ketika ditekan, pengguna akan melihat semua notifikasi.

Saat berada di Home Screen atau saat membuka sebuah aplikasi, notifikasi pesan akan muncul di bagian atas layar dengan memberikan opsi untuk membalasnya. Tapi yang lebih menyenangkan adalah notifikasi panggilan telepon.

Tidak ada lagi cerita ketika tengah seru bermain game harus terhenti karena layar berganti dengan tampilan panggilan telpon masuk. Notifikasi panggilan telepon akan tampil di atas, tanpa memenuhi layar dan disertakan dua tombol menerima atau menolak.

Semua notifikasi yang muncul bisa dipilah sesuai skala perioritas. Jadi, notifikasi penting tidak akan tertimpa dengan pemberitahuan yang kurang mendesak.

Kamera

Meski secara spesifikasi hanya kamera depan yang mendapat meningkatan. Namun Xiaomi menjanjikan hasil foto yang lebih baik dari Redmi 1S. Apalagi terdapat penambahan fitur kamera di dalamnya yang membuat pengguna betah memakainya.

Salah satu fitur kamera yang baru adalah Beautify mengaplikasikan 36 smart filter berdasarkan jenis kelamin dan umur yang memperhalus kulit dan tampilan natural. Selain itu ada Selfie timer dimana fitur ini dapat membantu pengguna saat mengambil foto dengan kamera depan. Tidak ketinggalan cloud camera roll untuk menyimpan foto ke Mi Cloud.

Tools

MIUI 6 memungkinkan pengguna membatasi penggunaan data dengan cara mengontol aplikasi mana yang menggunakan data selular, WiFi ataupun data roaming internasional.

Untuk membantu pengguna pelapangkan ruang penyimpanan, tersedia fitur Cleaner yang melakukan pembersihan regular dan mendalam untuk menghapus file ataupun dokumen yang tidak penting. Tak ketinggalan Security yang menangkal dari virus ataupun malware.

Ketika ada panggilan telepon yang masuk, pengguna dimungkinkan untuk merekamnya dengan satu sentuhan saja. Nantinya akan tersimpan dalam format MP3.

Adapula fitur Flashlight yang dapat diakses cepat dari lock screen tanpa harus menekan tombol home. Tidak ketinggalan pengguna kini dapat mengontrol penuh terhadap aplikasi yang ada dalam perangkat.

Lollipop?

MIUI 6 masih berbasis Android KitKat 4.4.4. VP Internasional Xiaomi, Hugo Bara mengatakan pihaknya tengah fokus dengan MIUI 6. Namun ke depannya MIUI akan turut mengadopsi Android 5 Lollipop.

“Kami tengah fokus menghadirkan MIUI 6 semua perangkat Xiaomi. Setelah itu barulah pengembangan MIUI berbasis Lollipop,” pungkasnya.

Source: Detikinet credit by Adi Fida Rahman

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s