Tips Merawat Baterai Smartphone

Standard

Apa yang paling sering kamu keluhkan pada saat menggunakan smartphone? Baterai boros? Cepet lowbatt? Baru di-charge 30 menit yang lalu eh udah berkurang drastis aja persentasenya? Ditambah lagi jika tidak ada colokan listrik terdekat dan lupa membawa power bank. Lengkap sudah, tinggal nunggu smartphone-nya mati sendiri karena kehabisan daya .

Jelas, kondisi yang kayak gini tentu saja bikin gak nyaman para pengguna smartphone, apalagi bagi mereka yang dulunya terbiasa menggunakan handphone biasa alias tak sekompleks smartphone dengan segudang hiburan didalamnya. Kehabisan baterai smartphone di waktu yang tidak tepat bikin galau maksimal, apalai ketika harus digunakan untuk kebutuhan darurat, seperti menelepon orang tua atau sebagai penunjuk jalan saat pengunanya tersesat entah dimana.

Yang harus kamu ketahui, baterai smartphone yang cepat habis bisa terjadi karena kesalahan cara saat nge-charge (mengisi ulang). Nah, agar baterai smarthone bisa tetap awet dan tahan lama , maka kamu harus mengetahui cara charging yang benar.

1. Perhatikan Waktu Pengisian

Baterai yang berbahan nikel sebaiknya baru di-charge setelah daya baterainya habis. Itu adaah tipe baterai jaman dahulu kala dan sekarang tidak ada satupun vendor smartphone yang menggunakan tipe baterai tersebt. Sementara untuk baterai berbahan lithium-ion, sebaiknya di-charge saat dayanya masih tersisa di atas 50% atau minimal 20%. Namun, sesekali baterai lithium-ion pun perlu “dikuras” habis, misalnya sekali dalam sebulan untuk keperluan kalibrasi. Apa itu kalibrasi? Singkat kata, menguras ulang daya baterainya. Gunakan baterai hingga kosong, habis dan smartphone mati dengan sendirinya. Lalu chrage ulang sampai full 100% tanpa interupsi (smartphone dalam keadaan OFF dan tidak dipakai sama sekali selama proses charging.

2. Jangan Charging Gadget Semalaman

Nah ini kebiasaan buruk yang paling sering dilakukan sekaligus disepelkan dampak negatifnya. Tahukah kamu, membiarkan baterai terhubung dengan charger semalaman bisa merusak kualitas baterai. Meski beberapa charger ada yang bisa memutus arus secara otomatis setelah baterai terisi penuh, tetap saja kamu sebaiknya tidak diperbolehkan untuk charging ponsel semalaman. Mengisi baterai sebentar saja hingga terisi penuh secara berkali-kali daripada dibiarkan dalam waktu lama itu lebih bijak.

3. Utamakan Charger Langsung, Minimalkan Penggunaan Power Bank

Power Bak sebagai charger portablle yang bisa dibawa kemana-mana memang praktis dan menjadi alternatif charger ketika pengguna smartphone sedang berda di luar rumah. Tapi, yang harus kamu tahu, terlalu sering mengunakan power bank untuk mengisi ulang daya baterai smartphone ternyata tidak baik karena bisa memberikan panas berlebih pada baterai. Tips yang lebh baik dan tentunya menjaga umur baterai smartphonemu adalah dengan charging melalui charger yang langsung ditancapkan ke stop kontak listrik.

4. Hindari Tempat Panas

Hindarkan smartphone Anda dari tempat-tempat yang panas, sekalipun smartphone dalam kondisi mati. Tempat yang panas ini bisa mempengaruhi kualitas baterai bahkan bisa menyebabkan kerusakan pada baterai. Sebagai informsi, baterai berbahan lithium-ion idealnya disimpan dalam suhu 15 derajat celsius. Kisaran suhu yang bisa ditangani baterai tersebut adalah antara -40 hingga 50 derajat celsius.

Kurang lebih seperti itulah tips-tips sederhana yang bisa kamu praktekkan dalam kehidupan sehari-hari untuk menjaga agar baterai smartphone tetap awet da tidak mudah ngedrop llagi. Selamat mencoba!

Source

4 thoughts on “Tips Merawat Baterai Smartphone

  1. kalo misalnya hp dicharge di mobil, lalu ketika belum penuh harus dicopot karena sudah tiba di tujuan. lalu disambung dicharge dengan charger biasa. apakah itu bikin batre boros?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s