Xiaomi Memang dari Tiongkok tapi…

Standard

Entah sudah berapa ratus pertanyaan tentang Xiaomi yang sebulan terakhir penulis terima lewat. Penulis telah menjawabnya satu per satu. Kalau dirangkum, inilah lima pertanyaan tentang Xiaomi yang paling sering ditanyakan.

Ternyata Xiaomi berasal dari China. Saya jadi ragu. Bagaimana saran Anda?

Ya, Xiaomi adalah ponsel merek China alias Tiongkok yang dibuat di negara yang sama. Memangnya kenapa bila Xiaomi berasal dari Tiongkok? Produk merek Tiongkok buatan Tiongkok tidak selalu jelek lho. Kuncinya adalah niat baik produsen dan ketat tidaknya pengendalian kualitas. Merujuk kepada pengalaman penulis mencoba tiga tipe ponsel Xiaomi, merek itu tidak boleh dipandang sebelah mata.

Penulis justru menilai Xiaomi lebih patut diapresiasi ketimbang Oppo. Dua merek itu sama-sama berasal dari Tiongkok, tetapi memiliki kadar kejujuran yang berbeda. Penjual Xiaomi mengakui ponsel itu merek Tiongkok buatan Tiongkok. Sedangkan promotor Oppo biasanya akan mengatakan ponsel Oppo adalah produk lisensi Amerika yang dibuat di Tiongkok, sama dengan Apple iPhone. Kalau pun tidak mengucapkan Amerika, promotor Oppo biasanya menyebutkan negara-negara lain di Eropa. Padahal, Oppo sebenarnya merek Tiongkok buatan Tiongkok.

Apakah kualitas Xiaomi setara dengan Advan dan Mito?

Terlalu tega bila Anda mengadu Xiaomi dengan Advan, Mito, Evercoss, dan aneka merek lokal lain. Memang sama-sama buatan Tiongkok sih. Namun, kalau penulis harus mencoret satu demi satu merek yang sebaiknya dilupakan, Xiaomi pasti takkan dibuang lebih dulu. Anda paham dengan makna yang tersirat di dalam kalimat itu, bukan?

Setahu saya, yang beredar resmi di sini baru Xiaomi Redmi 1S. Kemarin di toko ponsel saya melihat Xiaomi Redmi Note dan Mi3 yang dibilang bergaransi resmi. Kok bisa?

Anda benar. Baru Redmi 1S yang beredar resmi di sini. Tipe lain yang beredar di pasar pasti bukan bergaransi resmi. Resmi 1S yang bukan bergaransi resmi juga dapat ditemukan di pasar. Jadi, berhati-hatilah saat membeli.

Redmi 1S bergaransi resmi apakah dilengkapi Play Store dan menu bahasa Indonesia?

Ya. Ada Play Store, ada pilihan bahasa Indonesia. Kalau Anda membeli ponsel Xiaomi yang seharusnya dijual di Tiongkok, barulah ponsel itu tanpa Play Store.

Saya tadi mengakses http://www.xiaomi.co.id, tetapi yang muncul justru situs ponsel Himax? Apakah Himax sama dengan Xiaomi?

Situs http://www.xiaomi.co.id bukan dimiliki oleh Xiaomi. Alamat situs resmi Xiaomi adalah http://www.mi.com. Sama sekali tidak ada hubungan antara Himax dan Xiaomi.

Source: Ponselmu

11 thoughts on “Xiaomi Memang dari Tiongkok tapi…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s