[REVIEW] Kelebihan & Kekurangan Xiaomi Redmi 1s

Standard

Kali ini saya akan share pengalaman saya saat menggunakan Xiaomi Redmi 1s selama beberapa hari ini. Dengan harga 1.499.000 dari Lazada, ponsel ini pantas koq untuk diperebutkan. Gak percaya? Cekibroootttt….

Kelebihan :

  • MIUI! Inilah kelebihan utama dari Redmi 1s. Jadi kita gak perlu repot-repot lagi porting OS modifikasi Android yang paling keren menurut saya. banyak fitur dan tampilan yang menarik membuat OS MIUI ini menjadi banyak peminatnya.
  • Redmi 1s memakai Snapdragon 400, dengan clock speed 1,6 Ghz, jadi untuk multitasking, gaming, browsing dll tidak menemui kendala.
  • Dual ON, GSM-GSM. Hari gini saya harus pakai Dual SIM, satu untuk internet (saja) dan satu untuk berkomunikasi.
  • Slot 1 sudah mendukung 3G, HSDPA, sehingga kecepatan dalam berinternet membuat nyaman.
  • Layarnya sudah IPS, jadi memberikan ketajaman dalam hal display, membuatnya nyaman untuk dipandang.
  • Layar 4,7 inch dengan resolusi HD yang ditawarkan 1280×720 dengan kerapatan pixel 312 ppi membuat kualitas gambar yang ditawarkan memukau dan HH pun enak saat di genggam.
  • Layarnya sudah dilapisi dengan Dragontrail, sehingga saat pertama datang sampai sekarang, anti-gores sudah tidak pernah saya sematkan lagi, sehingga layarpun lebih jelas dan terlihat mewah tanpa ada rasa takut untuk tergores atau scratch.
  • Menggunakan GPU Adreno 305, cukup untuk mengakomodir game-game HD. Saya sudah mencoba GTA San Andreas, Asphalt 8 dan Fifa 14 semua lancar, hanya saat saya mencoba MC5, langsung keluar 😀
  • Support USB-OTG. Ini dia, bagi saya fitur ini cukup penting, karena bisa colokkan data-data penting saya saat bekerja dan memindahkan ke HH.
  • Kamera depan 8MP. Inilah yang menjadi kekuatan Redmi 1s menurut saya. Kamera nya luar biasa, dalam keadaan low light pun masih bisa diatasi. Video pun kuat untuk merekam Full HD 1080p dan hasilnya luar biasa.
  • Kamera depan 1.3MP. Walaupun resolusi kecil, tapi hasilnya mencengangkan, hasil sangat tajam dan jelas, tidak seperti HH lain yang menawarkan resolusi besar, tetapi hasil agak buram / noise. Kalau di Redmi 1s hasilnya tidak mengecewakan. Selain itu bisa juga untuk merekam video HD 720p yang cukup bagus. Gak percaya? beli aja, terus cobain deh.
  • Dari segi speaker, saya cukup senang dengan suara yang dihasilkan. Karena menggunakan teknologi Dirac Sound yang membuat suara yang dikeluarkan mempunyai kualitas yang cukup baik.
  • Bluetooth versi 4. Sudah saya coba transfer dengan hTC One M8 teman saya, dan dalam kirim data sangat cepat.
  • Wifi Direct supported. Saat bertransfer menggunakan aplikasi Superbeam, kita akan lupa dengan teknologi bernama bluetooth :p
  • GPS! Ini dia juga menjadi primadona. GPS nya locked dengan sangat cepat.
  • Sensor-sensor di Redmi 1s pun cukup lengkap ya, jadi gak perlu kuatir

Kekurangan :

  • Belinya susah. Dengan hanya LAZADA yang menjadi tempat satu-satunya untuk membeli secara resmi, flagship ini menjadi sangat susah untuk didapatkan. Selain itu, flash-sale dari Lazada juga cukup saya keluhkan karena saat proses pembelian, beberapa kali web Lazada down dan susah untuk diakses, padahal saya tinggal konfirmasi pembayaran saja. Semoga ke depannya bisa lebih baik lagi.
  • RAM 1 GB. iya gak usah kaget, 1GB memang ukuran yang sudah baik untuk flagship harga 1.5 jutaan, tetapi ingat, Redmi 1s menggunakan user interface MIUI, yang memang menguras RAM. Tapi jangan kuatir, proses root dan pemasangan tweak akan membuat masalah ini sedikit teratasi.
  • Baterai 2050mAh. Secara angka memang besar ya. Tetapi lagi-lagi karena MIUI inilah, membuat Redmi 1s sering kekurangan daya. Tapi tenang saja, saya ada solusinya. Root saja Redmi 1s, lalu install All-in-One Toolbox untuk mengurangi boot speedup yang tidak penting, lalu install Greenify untuk meng-hibernate aplikasi yang tidak seharusnya berjalan di background. Sebelum di root, Redmi 1s ini mampu bertahan untuk pemakaian sehari-hari 5-6 jam, tetapi setelah root + oprek, bisa sampai 10-12 jam tergantung beratnya pemakaian. Kalau saya sih biasanya cuma untuk browsing, chatting, socmed, gaming jarang sih enakan pakai tablet, sms dan telpon aja.
  • Panas di sekitar kamera saat digunakan lebih dari 10 menit. Karena saat panas terjadi, kemampuan HH ini menurun dan agak terjadi lag. Ini cukup mengganggu ya, sampai sekarang saya belum bisa mengatasi secara tuntas masalah ini, tetapi ada solusi yang cukup ampuh untuk mengurangi panas berlebih, yaitu dengan menggunakan No-Frills CPU Control, bisa meminimalisir panas yang terjadi.
  • Kelemahan terakhir menurut saya adalah belum ada fitur HDMI, tetapi bagi sebagian orang mungkin fitur ini kurang penting sih, hehehe…

Demikian review saya terhadap Xiaomi Redmi 1s, ponsel yang sedang hits saat ini di pasaran.

11 thoughts on “[REVIEW] Kelebihan & Kekurangan Xiaomi Redmi 1s

  1. Mau nanya juga gan klo bli dilazada krm ke atm cimb niga confrmnya emang gtu aja ya. Gk pk mskn bukti struk gtu. Mskn nomor order trs da kalimat ” trima ksh tlh menggunakan virtual acount cimb niga. Anda tΐϑαK prlu konfirmsi krna otomts trdtksi. Itu apa udah ke konfr ya. Trs blzn konfrmnya lama yaa.

  2. passtiga

    mas bro…kalo setting menyimpan hasil foto langsung ke external gimana ya?
    sama kalo download aplikasai dari google play setring lansung simpan di external?

  3. Boy

    Kemarin sekali coba langsung dapet padahal internet agak lemot dan ternyata bisa juga pake voucher diskon jadinya cukup bayar 1449rb sangat value sekali..

  4. ichinaki

    Gan bisa minta tutorial rooting plus tweak2nya biar batere ga boros2 banget ga? kalo boleh kirim link ke ichinaki@gmail.com yaa..
    baru kemaren payment via lazada, wait the phone to come 😀
    maturnuwun

Leave a Reply

