Tutorial Menambah RAM Android dengan Aplikasi

Standard

Memori RAM memiliki peranan sangat penting pada perangkat menggunakan sistem operasi. Seperti PC atau laptop, membutuhkan RAM yang cukup untuk menjalankan sistem operasinya. Perangkat Android juga sama, agar sistem operasi Android berjalan lancar maka dibutuhkan memori RAM yang cukup pula.

 

Karena secara teknikal hardware di ponsel Android tersebut tidak dapat diganti atau ditambah maka saya punya solusi lain cara menambah RAM Android dengan bantuan Aplikasi. Untuk menambahkan RAM Android disini Android Gila menggunakan aplikasi yang sudah tersedia di Google Play Store. Tenang saja, aplikasi ini tidak begitu membebani Android kalian.

 

Menambah RAM Android dengan Aplikasi RAM Manager Pro

Aplikasi ini mengoptimalkan RAM dan meningkatkan performa atau kinerja semua perangkat Android. RAM Manager Pro akan mengelola memori RAM Android kalian, membuat sistem Android secepat mungkin dan menjaga kestabilan terbaik. Membuat agar sistem tetap terjaga saat Android nganggur atau menjalankan aplikasi. RAM Manager Pro diklaim sebagai solusi terbarik bagi semua orang yang mengalami masalah pada kekurangannya memori RAM yang kosong atau tidak terpakai, multitasking, berpindah antar aplikasi yang lambat atau performa yang rendah.

 

Cara Menambah RAM Android dengan Aplikasi RAM Manager Pro

Langkah 1 – Silahkan terlebih dahulu install aplikasi RAM Manager Pro di Android kalian. Di Google Play Store RAM Manager Pro dibandrol dengan harga US$5,04 atau sekitar Rp. 58 ribu rupiah.

 

Jika kalian ingin yang gratis dan mau menanggung apa yang terjadi dengan aplikasi di luar Google Play Store, silahkan ketik saja “RAM Manager Pro” di pencarian Google, Yahoo! atau Bing maka akan muncul banyak blog yang menyediakan RAM Manager Pro gratis.

Langkah 2 – Buka RAM Manager Pro, jika ada popup permintakaan hak akses superuser pilih “Allow” atau “Grant”.

RAM Manager Pro Superuser

Langkah 3 – Pilih pada tab “Extra” dan akan muncul beberapa menu pilihan, silahkan pilih “Swap file”.  Untuk lokasi Swap disarankan default aja seperti itu, sekarang pilih ukuran Swap file yang kalian inginkan, maksimal bisa sampai 20148 MB atau 2 GB.

Menambah RAM Android dengan Aplikasi RAM Manager Pro

RAM Manager Pro Menambah RAM Android

 

Langkah 4 – Berikan tanda centang pada bagian “Set On Boot”

Proses pembuatan Swap file memakan waktu agak lama, sekitar 3-5 menit (tergantung jenis sd card). Setelah proses selesai silahkan cek menggunakan file manager, letaknya di sdcard, apakah ada file bernama “swapfile”? Jika ada, berati kalian telah sukses membuat Swap file untuk menambah RAM Android.

 

Source credit to

Advertisements

17 thoughts on “Tutorial Menambah RAM Android dengan Aplikasi

  1. kurosudiro

    agan rendy maap nih,koreksi kalo saya salah, apa sebaiknya ga dikasi refrensi sd card mana aja yg cocok buat dikasi swap file, class 10 misalnya, karena tahan panas dan cocok buat android (bisa nyimpen program file di sd card

  2. Fungsiny emang bsa langsung mengatikan ram yang emang kcil. Ane coba kyany tetep ja ktauan ramny nambah gmn cranya. Trs ane smpt bca ktny klo swipe sd card gtu rskonya mengurangi msa hidup sd card. Mohon bangunya bang rendy

  3. rizki alfi

    Mas rendy saya bisa ram sya 2GB lebih tapi pas saya keluar kok saya cek jadi 5000 MB lgi sih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s