Mengenal Istilah Google Play Edition

Standard

Belakangan kita sering mendengar ada istilah Google Play Edition (GPE) dari merk-merk ternama, misalnya hTC One Google Play Edition atau Samsung  Galaxy S4 Google Play Edition. Mau tau bedanya? Cekidot!

Smartphone Android awal, kebanyakan keluar dengan pure Google, atau sering orang menyebutnya plain Android/Vanilla OS alias OS Android apa adanya tanpa modifikasi. Demikian pula saat smartphone Android komersial pertama keluar yang dikenal dengan nama HTC Dream, semuanya standar, jauh dengan tampilan smartphone Android HTC yang kita kenal sekarang.

HTC, Samsung, Sony, LG, Lenovo dan brand-brand lainnya cenderung memodifikasi OS Android standar keluaran Google dengan tambahan kustomisasi User Interface (UI), sehingga walaupun sama menggunakan OS Android, namun memiliki tampilan dan fitur andalan masing-masing.

Untuk selalu kembali ke basic OS seperti yang dirilis Google — yang punya banyak penggemar tersendiri — Google akhirnya mengeluarkan program Nexus. Bekerjasama dengan vendor-vendor smartphone, maka muncul Nexus phone.

Dimulai dengan kerjasama dengan HTC, menelurkan Nexus One. Kemudian tahun berikutnya dilanjutkan dengan Samsung dan LG. Sedangkan pada tablet bekerjasama dengan Asus dan Samsung.

Semua smartphone dan tablet Nexus, berisi OS plain Android dari Google, dan karena berisi OS Android dasar, maka Nexus lebih mudah mendapat update OS terbaru.

Sementara brand-brand lain yang banyak dikustomisasi membutuhkan waktu lebih lama untuk update OS. Proyek Nexus ini didesain dan mengatasnamakan Google sebagai pemilik.

Seiring waktu, dan semakin hebatnya pertempuran smartphone premium, akhirnya Google tidak mungkin hanya bertahan dengan proyek Nexus, maka dibuatlah proyek GPE atau Google Phone Edition.

Misalnya untuk HTC M8, Samsung S4, Sony Z Ultra, Motorola Moto G dan lainnya. Selain bisa membeli versi asli dengan kustomisasi OS sesuai bawaan vendor, kita bisa membeli smartphone yang sama, tapi dengan OS plain Android milik google.

Jadi perbedaan smartphone Android GPE dan standar sebenarnya hanya di OS Androidnya. Dimana versi GPE menggunakan OS plain Android dari Google tanpa kustomisasi vendor asli pembuatnya.

Source credit to Lucky Sebastian

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s