5 Mitos Teknologi yang Salah

Standard

Percaya terhadap mitos memang pilihan bagi masing-masing individu. Meskipun begitu mitos bukan hanya untuk dipercayai dan tidak dipecayai. Mitos harus dibuktikkan, khususnya mitos-mitos yang menyangkut dengan teknologi. Mitos-mitos pada teknologi terkadang dapat menyesatkan apabila diikuti. Sebagai contoh, mitos-mitos berikut sudah dibuktikan dan tidak terbukti kebenarannya.

1. Batere Harus Benar-benar Habis Sebelum Di-charge
Menurut mitos, ini harus dilakukan agar umur batere awet dan tidak gampang rusak. Mitos ini benar untuk batere berjenis Nickel-Cadmium. Namun tidak tepat untuk batere berjenis Lithium-Ion. Nickel-Cadmium akan kehilangan kemampuan menampung 100% daya apabila terlalu sering di-charge, berbeda dengan Lithium-Ion yang memiliki bahan lebih kuat. Lithium-Ion sendiri sudah dipakai oleh hampir semua perangkat yang ada saat ini.

2. Jailbreaking itu ilegal
Jailbreaking pada smartphone atau tablet tidaklah ilegal karena hanya membuka sistem keamanan dengan tujuan untuk memaksimalkan potensi perangkat tersebut. Yang ilegal adalah kegiatan unlocking. Unlocking memungkinkan pengguna untuk mengganti layanan telekomunikasi ke layanan lain selain yang standar pada suatu perangkat. Ini akan merugikan penyedia layanan utama sebelum perangkat tersebut di-unlock.

3. Semakin Banyak Sinyal Semakin Bagus Layanannya
Seringkali orang merasa senang apabila indikator sinyal di smartphone miliknya menunjukkan jumlah sinyal yang banyak. Sinyal yang kuat bukan berarti layanan yang bagus. Layanan yang bagus ditentukan oleh seberapa banyak orang yang memakai layanan yang sama dalam satu lokasi. Seperti untuk layanan data, sinyal yang kuat tidak selalu berarti lebih cepat daripada sinyal yang lemah.

4. Megapiksel Lebih Besar Berarti Gambar Yang Lebih Bagus
Kualitas sebuah foto tergantung pada banyak faktor, bukan hanya ditentukan oleh besarnya megapiksel. Seorang fotografer profesional dapat menghasilkan gambar lebih baik dengan megapiksel lebih kecil dibanding dengan fotografer amatir dengan megapiksel yang lebih besar. Jika hanya untuk mengambil gambar-gambar yang biasa, sejatinya tiga megapiksel pun sudah cukup.

5. Mengosongkan Recycle Bin Tidak Benar-benar Menghilangkan Data

Banyak yang percaya bahwa data yang telah dihapus dari Recycle Bin akan hilang secara permanen. Sebenarnya data-data ini masih ada di suatu tempat di dalam komputer yang dapat dikembalikan dengan cara tertentu. Dengan bantuan software-lah sebuah data dapat hilang secara permanen pada komputer.

Source

Advertisements

One thought on “5 Mitos Teknologi yang Salah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s