Hal yang HARUS Kita Lakukan Sebelum Oprek Android

Standard

Akhir-akhir ini banyak sekali keluhan-keluhan yang masuk ke blog saya ini. Keluhan mulai dari “koq begini?” “koq begitu” dan banyak hal lainnya. Oleh sebab itu, saya akan membuat artikel mengenai hal DASAR tentang oprek Android! Cekidooottt…Sebelum melakukan oprek android, ada hal-hal prinsipil yang harus kita lakukan, supaya setiap masalah yang timbul dapat kita atasi sendiri tanpa mengandalkan bantuan dari orang lain. Bantuan perlu juga APABILA KITA BENAR-BENAR STUCK gak bisa mengatasinya. Maka dari itu, mari kita simak DASAR-DASARnya dulu  SEBELUM KITA OPREK HH KITA:

  1. Root
    iya, Root! Mengapa? Karena ini adalah kunci utama kita sebelum kita bisa lebih lanjut lagi mengoprek HH kita, jadi dalam root ini ada berbagai macam cara. Kita tinggal cari aja mana yang cocok untuk HH kita.
  2. Custom Recovery
    Kedua yang terpenting setelah kita ROOT HH kita adalah memasang Custom Recovery, baik itu CWM, TWRP, Philz, MIUI Recovery atau yang lainnya. Mengapa? Karena hal inilah yang paling penting sebelum kita lebih jauh lagi mengutak-atik HH kita. Apa saja sih yang bisa kita lakukan di Custom Recovery? BANYAK! Mulai flashing ROM, Backup, Restore, Wipe Data, dll.
  3. Backup via Custom Recovery
    Ini dia yang sering DILUPAKAN para orang yang sering oprek. Kalau ada backup via CWM/TWRP ini, maka 90% dari masalah kita selesai. Misalnya, kita bootloop karena mengganti font / ganti ROM, kita tinggal restore aja, sudah cukup! gak perlu lagi merengek-rengek di grup / blog sana-sini, “tolong dong HH saya bootloop!” atau yang lain.
  4. Full Backup ROM
    Full backup ROM ini untuk Qualcomm bisa pakai QPST dan untuk MediaTek bisa menggunakan MTKDroidTool! Metode ini lebih mujarab sebenarnya ketimbang Backup via custom recovery. Mengapa? Karena Full ROM Backup bisa menyembuhkan BRICK bukan hanya Bootloop. Jadi fungsinya lebih maksimal.
  5. Download StockROM
    Bila males backup, cari saja StockROM untuk masing-masing HH kita. Download aja, googling pasti ada. Jadi bilamana nanti terjadi sesuatu, kita tinggal flash ulang saja, gak perlu merengek-rengek minta tolong sana-sini untuk benerin HH tercinta kita!
  6. Memahami Artikel
    Seorang oprekers pasti sering membaca-baca artikel tentang hal-hal berhubungan dengan HH-nya, misalnya cara root, cara instal CWM, cara ganti ROM, cara tweak, dll. Nah, ini dia yang sering kita lupakan adalah memahami isi dari artikelnya. Usahakan baca baik-baik dari awal hingga akhir, kalau perlu baca 2-3 kali supaya benar-benar mengerti isinya. Hal ini penting agar kita tidak salah eksekusi yang menyebabkan HH kita mengapa-mengapa.
  7. Mencari Bugs
    Hal yang sering dilupakan adalah adanya bugs dalam suatu ROM atau Tweak. Hal ini yang sering kita abaikan jadi asal main flash aja. Misalnya dituliskan di artikel : “bugs : camera”! Itu artinya camera tidak bisa digunakan, jadi kita mengerti konsekuensi kita saat menggunakan ROM / tweak tersebut.
  8. Membaca Review / Komentar
    Nah, ini dia yang PASTI DILUPAKAN oleh para oprekers! Dulu saat saya masih awal-awal belajar, justru komentar atau review dari user lain yang saya baca. Dari komentar tersebut kita bisa mengetahui hal-hal apa saja yang menjadi masalah dalam artikel tersebut. Misalnya ada bugs atau yang lain. Selain masalah, kita terkadang juga mengetahui solusi-solusi dari berbagai macam bugs dari komentar. Karena terkadang pembuat artikel malas mengupdate artikelnya (termasuk saya :p) makanya sering baca komentar / review.Hal inilah yang kadang membuat saya jarang menjawab komentar-komentar, karena sebenarnya yang ditanyakan adalah hal-hal itu saja dan jawabannya sebenarnya sudah saya jelaskan kepada user lain di komentar-komentar sebelumnya. So tidak ada yang didapatkan instan, janganlah malas untuk membaca, karena membaca itu tidak ada ruginya.

Nah, itu dia Hal yang HARUS Kita Lakukan Sebelum Oprek Android. Semoga membantu, bila ada yang ingin menambahkan silakan, disini kita sama-sama sedang belajar. Terima kasih. Happy Oprek!

 

 

Advertisements

8 thoughts on “Hal yang HARUS Kita Lakukan Sebelum Oprek Android

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s