TalkBack, ‘Asisten Pribadi’ di Android untuk Tunanetra

Standard

Salah satu sesi yang menarik perhatian dalam Google I/O beberapa waktu lalu adalah saat presentasi ‘Enabling Blind and Low-Vision Accessibility on Android’. Dimana sebelumnya, iOS sudah terlebih dahulu terjun pada isu yang sama.

Memang, Android sendiri telah membuat penambahan untuk platform tersebut. Sehingga diharapkan bisa membuat pengembang lebih mudah dalam membuat aplikasi yang lebih bersahabat bagi tunanetra atau orang dengan kemampuan melihat rendah (low vision).

Pada dasarnya, para teknisi di Google telah memangkas proses menjadi lima langkah bagi pengembang. Sehingga memungkinkan bagi Android untuk menggunakan fitur aksesibilitas yang memanfaatkan TalkBack atau mengaktifkan perangkat yang terhubung sehingga dapat memberikan gambaran yang dapat dibaca oleh tunanetra menggunakan emulator Braille (BrailleBack).

Bersama dengan dua orang dari timnya, Casey Burkhart dan Alan Viverette dalam penyelenggaraan Google I/O 2013, mereka menguraikan fungsi dan menjelaskan metode yang dapat digunakan pengembang untuk mengoptimalkan aplikasi ciptaan mereka menggunakan alat bantu aksebilitas Android.

TalkBack sendiri saat ini telah menjadi bagian dari OS Android. BrailleBack yang dilengkapi dengan pengaturan untuk aksebilitas pun sudah bisa didapatkan di Google Play Store.

Videonya bisa dilihat di

 

Jika TalkBack diaktifkan, Anda memiliki opsi untuk menggunakan fitur Jelajahi dengan Sentuhan. Jelajahi dengan Sentuhan memungkinkan Anda menyeret jari secara perlahan di atas layar dan mendeskripsikan setiap item yang disentuh jari Anda. Jika gerakan menggeser dilakukan dengan lebih cepat, gerakan ini dianggap sebagai isyarat.

Talkback harus diaktifkan agar Jelajahi dengan Sentuhan tersedia. Saat mengaktifkan TalkBack untuk pertama kalinya, Anda akan diminta untuk mengaktifkan Jelajahi dengan Sentuhan.

Penting: Jika Anda memilih untuk tidak mengaktifkan Jelajahi dengan Sentuhan saat mengaktifkan TalkBack, Anda dapat mengaktifkannya nanti. Buka Setelan > Aksesibilitas > TalkBack > Setelan, lalu sentuh kotak centang di samping Jelajahi dengan sentuhan. Anda dapat mengikuti langkah ini untuk menonaktifkan Jelajahi dengan Sentuhan kapan saja.

Setiap tindakan yang dilakukan dengan jari selalu diikuti dengan masukan lisan, serta suara (jika diaktifkan).

Untuk menavigasikan ponsel Anda menggunakan Jelajahi dengan Sentuhan, Anda dapat:

  • Menjelajahi layar dengan satu jari untuk mendengarkan ikon dan tombol apa yang ada di layar dan dapat dipilih. Anda juga dapat melakukan isyarat, seperti menggesek.
  • Setelah menemukan ikon dan tombol, ketuk dua kali di mana saja pada layar untuk membuka aplikasi, menu, dan lainnya.

Tutorial yang disarankan: Untuk mempelajari lebih lanjut tentang Jelajahi dengan Sentuhan, buka Setelan > Aksesibilitas > TalkBack > Setelan > Luncurkan tutorial “Jelajahi dengan sentuhan”.

Atau bisa juga dengan cara :

1. Dari layar Utama atau Semua Apl, sentuhikon Setelan.

2. Buka Aksesibilitas > TalkBack.

3. Geser tombol TalkBack ke posisi Hidup atau Mati.

4. Sentuh OK.

 

Saat Anda menghidupkan Talkback, balikan lisan akan dimulai segera. Saat Anda menavigasikan ponsel, TalkBack akan menguraikan tindakan Anda dan memperingatkan aktivitas, seperti pemberitahuan dan panggilan masuk.

 

•  Untuk memodifikasi setelan TalkBack, buka Setelan > Aksesibilitas > TalkBack dan sentuh Setelan di bagian bawah layar.

Kapan mengucapkan

  Volume dering. Menentukan apakah balikan lisan terjadi dalam mode Senyap atau Getar.

  Ucapkan saat layar mati. Centang untuk menghidupkan balikan lisan saat layar mati.

  Ucapkan ID penelepon. Centang untuk mendengarkan informasi penelepon saat Anda menerima telepon.

  Gunakan sensor kedekatan. Centang untuk menghilangkan balikan lisan saat Anda meletakkan ponsel ke telinga atau menempatkan tangan Anda dekat di atasnya.

  Keluaran Bluetooth. Centang untuk menghidupkan sambungan otomatis ke headset Bluetooth mono.

Setelan balikan lisan

  Balikan getaran. Centang untuk menghidupkan balikan getaran untuk tindakan menggunakan Jelajahi dengan Sentuhan.

  Tentukan pola getaran. Tersedia saat Balikan getaran diaktifkan, sehingga memungkinkan Anda menetapkan pola getaran saat Anda mengarahkan ke atas atau mengambil tindakan pada item.

  Balikan suara. Centang untuk mengontrol suara navigasi.

  Volume suara. Tersedia saat Balikan suara dicentang. Pilih untuk mencocokkan volume ucapan atau setel ke 75% atau 50%.

Tentukan suara. Tersedia saat Balikan suara dicentang. Ini memungkinkan Anda menetapkan suara yang muncul saat Anda mengarahkan ke atas atau mengambil tindakan pada item tertentu.

Mengontrol kecepatan Text-to-Speech

Untuk mengontrol kecepatan ucapan TalkBack, buka Setelan dari layar Utama atau Apl dan pilih Bahasa & masukan > keluaran Text-to-speech > Kecepatan ucapan.

Mengelola volume TalkBack

Untuk mengubah setelan volume untuk TalkBack, buka Setelan dari layar Utama atau Apl dan pilih Suara > Volume. Gunakan penggeser untuk Musik, video, game, & media lainnya guna mengubah tingkat volume.

Anda juga dapat menggunakan kontrol volume di sisi kiri ponsel saat Anda mendengar balikan lisan.

 

Source 1 2 3

Advertisements

One thought on “TalkBack, ‘Asisten Pribadi’ di Android untuk Tunanetra

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s