Tutorial Fix Layar Blank Saat Telepon di Android

Standard

Layar blank / hitam saat melakukan telepon di Android itu sebenarnya biasa, karena sensor Proximity berjalan dengan sempurna. Tapi lain halnya jika sensor tidak tertutup dan layar menghitam. Pasti ada sesuatu yang tidak beres! oke langsung aja ya ini solusinya.

  1. Kalibrasi ulang sensor Proximity kalian!
    Biasanya ada di Settings > Call Settings (tapi tidak semua Android ada)
    Ada juga yang di Settings > Display > Proximity Calibration
  2. Edit build.prop!
    Cara ini biasanya cukup ampuh, sudah saya tes di beberapa HH, seperti Andromax-i dan Himax Polimer Li.
    Caranya dengan menambahkan script di bawah ini:
    mot.proximity.delay=0
    ro.lge.proximity.delay=25
    Tambahkan saja di baris paling bawah dan reboot setelah itu 🙂
  3. Hapus Proximity Sensor di Permissions
    Kalau masih aja membandel, cara paling ampuh yaitu dengan menghapus script Sensor Proximity di system, caranya:
    hapus android.hardware.sensor.proximity.xml di system/etc/permissions

Jangan sampai ada yang salah langkahnya ya, nanti bukannya memperbaiki proximity eh malah jadi BOOTLOOP! Tapi tenang saja, Gak Bootloop, Gak Ganteng 🙂

Demikian tutorial untuk memperbaiki Sensor Proximity yang kadang false detect saat kita teleponan! Happy Oprek!

26 thoughts on “Tutorial Fix Layar Blank Saat Telepon di Android

  1. han

    bg rend, sorry pertanyaannya agak melenceng..
    HH ku andromax u dc, aku pke custom rom kitkatny bg rendy yg v1, kan ada tuh walkman yg bwaan dr rom nya, itu aku uninstall.. tapi stlh itu mau aku install lagi ko ga bisa yah ?? lwt titanium aku cob restore ga bisa, sllu “app not installed” gitu responny..pdhl uda aku taruh di system/app/ dan jug aku sett permissionnya, aku cob download walkman.apk yg lain pun ga bisa, pdhl yg aku ambil dr rom yg pernah aku pake, dan sblmnya work..tolong bg pencerahannya, apa ada file/chache yg harus aku hapus dlu biar bisa di install tu walkman, aku ga mau flash ulang..soalnya udaa aku oprek bnyak tampilannya.. tlong ya bg kasii solusinya, terimakasih

  2. Ryan

    Gan Rendy bisa bantu ane kaga?
    ini pertanyaan menyimpang dari judul, ane mau unlock SIM HH HTC J ISW13HT?
    Kaga bisa pake operator CDMA atau GSM Indonesia?
    ane minta tolong di bantu gan Rendy?

  3. Juni

    Saya memakai solusi yang kedua edit build.prop dan sekarang sudah normal… Sudah dicoba juga untuk lenovo dan sukses!

  4. Firdaus

    Mw tanya ni, saya pake xiaomi redmi s1, sebelum dipasang anti gores sensor berjalan dengan baik ketika terima telp, namun saat pasang anti gores sensor jadi ga beres..layar telp blank..walaupun ga ada penghalang di sensornya.. mohon bantuannya..coz punya temen ga masalah ketika di pasang anti gores..??

  5. dinda

    Hape saya xperia z ultra, kalo nelepon mati ngga bs nyala jd kalo nelepon hrs org yg ditelepon yg matiin… Udh saya otak atik sampe ngebuka stiker anti gores tetep ngga bisa. Kira2 diapain ya? Selebihnya kinerja hape saya ngga ada masalah. Mohon dijawab. Thnks

  6. ardi kristian

    pake aplikasi proximity aja.bisa dowload di playstore…punya ane jg gitu gan, stelah instal app tersebut HH ane normal lg.. cara paling mudah tanpa root HH. OK

  7. Fikri Agam

    Gan.. Aku pake redmi 1s. Tempred glass udah aku copot.. Tapi kok ttp blank ya pas dibuat tlfon? Solusinya dong gaan 😦

    • Untuk mengatasinya Anda harus melakukan kalibrasi pada proximity sensornya. Caranya:

      Ketik *#*#6484#*#* di phone dialer.Pilih opsi nomor 8.

      Selain dengan kalibrasi, Anda juga dapat mengakalinya dengan mematikan fitur proximity sensor tersebut. Caranya:

      Buka menu Settings.Pilih Call settings.Pilih incoming call settings.Matikan fitur proximity sensor.

  8. thx bgt gan hh gw dah normal kembali yang tadinya saat menerima dan menelpon layar blank setelah di Edit build.prop! kini kembali normal trims bgt tutorialnya sangat membantu

  9. postingannya sangat membantu gan..trims buat postingannya semoga kedepannya lebih banyak postingan yg bermanfaat salam sukses selalu

Leave a Reply

