Mengapa Terjadi Force Close di Android ?

Standard

Apakah smartphone Android kalian pernah mengalami Force Close? Mengapa bisa terjadi force close? Kali ini saya akan membahasnya, supaya kita tidak salah kaprah dalam menghadapi FC ini.
Begini pesan force close di Android OS :

“The application has stopped unexpectdly. please try again, Force Close”

Peristiwa ini tentu pernah dialami oleh seluruh pengguna Smartphone Android. Force close ini hampir serupa dengan :

Windows : “This program is not responding, End Now”
Symbian : “App Close main error/ Application Closed, close some applications and try again”

Ada beberapa penyebab smartphone Android force close. Penyebab-penyebab itu adalah :

MASALAH RAM

RAM merupakan salah satu komponen penting dalam Smartphone Android. RAM berfungsi untuk menampung aplikasi-aplikasi yang sedang dijalankan dan mengolah multitasking. RAM di bermacam-macam sp Android tersedia ukuran: 256 MB, 512 MB, 768 MB, 1 GB, 1.5 GB, 2 GB, dan yang terbesar saat ini adalah 3 GB.

Jika RAM hampir penuh, karena banyak aplikasi yang berjalan sekaligus, maka aplikasi/games yang tidak kebagian cukup tempat akan force close. Misalnya untuk menjalankan games HD X dibutuhkan RAM 100 MB, sedang sisa available/free RAM kita hanya 20MB, maka games itu akan force close.

Yang mengkonsumsi RAM di Android OS yakni sistem androidnya, UI Smartphone, service pack, aplikasi2 Google (Google Search, Google Play, Google Maps, GMail, dll), aplikasi2 chatting (WA, BBM, Line, Wechat, Kakaotalk, dll), aplikasi2 launcher, dan widget.

APLIKASI TIDAK COMPATIBLE

Penyebab munculnya Force Close selain masalah RAM, adalah aplikasi yang tidak compatible untuk dipasang di OS/Smartphone Android itu. Misalnya kita memasang aplikasi Nova Launcher di OS Android Froyo, nah ketika dibuka launchernya tentu akan muncul Forcle Close. Mengapa hal ini terjadi? Hal ini karena Nova Launcher hanya bisa dijalankan di OS Android ICS dan OS diatasnya.

BUGS APLIKASI

Bugs Aplikasi merupakan masalah/error yang muncul karena kesalahan bagian dari aplikasi itu sendiri / aplikasi belum sempurna / aplikasi masih tahap beta. Biasanya beberapa developer akan memberikan update di aplikasi itu untuk menghilangkan masalahnya.

KETIDAKCOCOKAN HARDWARE

Masalah Force Close dapat juga ditimbulkan karena ketidakcocokan/kekurangan fasilitas hardware. Contohnya :

  • Memasang game Asphalt 8 Airbone, tapi arsitektur processor kita jadul, ARMv6 (Asphalt 8 dapat dijalankan di processor minimal ARMv7)
  • Memasang aplikasi Flash Light, tapi kamera kita tidak mempunyai lampu flash

Hal yang paling sering mengalami Force Close adalah Games-games HD. Hal ini karena games-games HD memerlukan spesifikasi minimal tertentu (processor, gpu, dan resolusi layar)

KESALAHAN PENEMPATAN FILE / FOLDER

Mungkin diantara kalian melihat memori internal kita penuh, lalu kita memindahkan sebagian folder ke memory card, tanpa kita sadari folder tersebut dibutuhkan oleh aplikasi tertentu untuk berjalan. Maka ketika aplikasi dijalankan, yang harusnya membaca file-file yang ada di folder semula sebelum dipindahkan, tapi karena folder tersebut sudah tidak ada/dipindahkan maka aplikasi akan force close

Penyebab Lainnya :

  • System Crash
  • Kernel tidak mampu mengeksekusi perintah
  • Bentrok dengan aplikasi serupa yang lainnya
  • Kesalahan konfigurasi aplikasi
  • Masalah temporary file

Oke sementara itu dulu alasan mengapa smartphone Android kita mengalami Force Close. Bila ada yang ingin menambahkan, silahkan tambahkan di kolom komentar 🙂

Source

6 thoughts on “Mengapa Terjadi Force Close di Android ?

  1. dayu

    bang android saya kan max u dc…itu kok tak liat pakek aplikasi infidroid total ramnya 586 bukannya 756 ya? punya adek saya max c tak liat pakek app infodroid ramnya bener 512..
    plis bang pencerahannya…

  2. Rizky Pamungkas

    gan… kan ane pake advan s5j nih. tpi wktu ane maen BraveFrontier ane sering force close. stelah bca postingan ini ane liat apk BF ane trnyata di sd tpi datax di internal
    pertanyaan ane klo misalkan data yg ada d internal itu kita pindahin lwat rootex ke sd masih force close gak ya.. apa saran lain gan. thx gan

  3. Defry

    Saya pengguna xiomi mi 4i…..hampir semu aplikasi pada xiomi 4i yg sy jalankan terjadi force close….bahkan aplikasi bawaan seperti browser…..kapasitas ram 2gb….jadi kl hanya buka browser kan gak terlalu berpwngaruh…..kira2 masalahnya d mana ya

    Mohon bantuan nya…..terimakasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s