Tips Fotografi dengan Kamera Ponsel

Standard

Belakangan marak sekali lomba fotografi melalui smartphone / ponsel, Maka hari ini saya ingin berbagi beberapa tips untuk bisa menghasilkan foto yang lebih baik.

 1. Perhatikan Komposisi

 Tips Fotografi dengan Kamera PonselFitur Guideline Pada Galaxy Note II Untuk Membantu Penyusunan Komposisi

Ada baiknya kita mengetahui sekilas tentang “Rule of Third”. Rule of Third adalah salah satu paham komposisi yang umum dan dipakai oleh para fotografer professional. Pada dasarnya Rule of third membagi satu gambar menjadi 9 kotak dan objek utama akan diletakan di titik atas atau bawah. Di beberapa ponsel fitur ini tersedia umumnya dalam nama Photo Grid atau Guide Line.

2. Cahaya

Ada yang mengatakan bahwa Fotografi adalah seni melukis dengan cahaya. Karena terbatasnya pengaturan kamera di ponsel (tidak semua ponsel memiliki kompensasi exposure) maka itu hindari tempat yang mempunyai perbedaan cahaya terlalu banyak, seperti membelakangi jendela kecuali jika anda yakin flash anda cukup kuat.

 Tips Fotografi dengan Kamera PonselFitur Kompensasi Exposure Pada Galaxy Note II Untuk Membantu Penyusunan Komposisi

Penggunaan flash pun tidak terlalu direkomendasikan karena umumnya flash cenderung terlalu kuat sehingga objek menjadi terlalu terang sedangkan latar belakang menjadi gelap karena kamera mengkompensasi cahaya dari flash secara otomatis. Namun jika ponsel anda memiliki fitur kompensasi exposure, sebaiknya pelajari dan gunakanlah fitur ini untuk membantu anda mendapatkan gambar yang lebih baik.

Akan lebih baik jika anda menggunakan bantuan flash dari smartphone lain (misalnya smartphone teman anda atau handphone kedua anda) untuk bantuan pencahayaan tambahan dari sisi lain.

3. Penggunaan Software Photo Editor

Dengan maraknya penggunaan ponsel, aplikasi photo editing pun semakin marak. Tidak hanya mengubah warna menjadi warna-warna khas foto jaman dahulu, beberapa aplikasi juga mengijinkan penggunanya untuk mengatur ulang exposure. Beberapa aplikasi juga bahkan menjadi media social untuk anda menunjukan foto-foto anda ke teman-teman anda. Saya menyarankan Instagram , Snapseed, dan VSCOCam untuk ditambahkan ke dalam koleksi App anda.

 Tips Fotografi dengan Kamera PonselTampilan Aplikasi Instagram

 

 Tips Fotografi dengan Kamera PonselTampilan Aplikasi Snapseed

Jika para gadgeteers mempunyai tips lain, mari kita berbagi di comment box icon smile Tips Fotografi dengan Kamera Ponsel

 

Source

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s