Tutorial Menjadikan Android Sebagai CCTV

Standard

pakah Smartphone Android bisa digunakan sebagai kamera CCTV? Ya, jawabannya bisa. kali ini saya akan memberikan tips tentang panduan Smartphone Android menjadi kamera CCTV yang bisa mengamati daerah sekeliling.

Cara mudah menggunakan ponsel Android sebagai CCTV sangat mudah untuk dilakukan. Aplikasi-aplikasi Android sangat banyak untuk diunduh di google play, termasuk juga aplikasi untuk CCTV ini. Untuk cara ini, Saya menggunakan Aplikasi yang bernama IP webcam. Cara kerja dari IP Webcam sendiri yaitu dengan menggunakan satu jaringan wifi antara Ponsel Android dengan komputer,PC/Laptop, dengan aplikasi IP Webcam ini berbagai cara yang dapat dilakukan dengan aplikasi ini. Dan sebagai Software pembantu yang harus di install dan dipasang di komputer,PC/ laptop untuk melihat video CCTV dari Smartphone Android adalah Video LAN-VLC.

Dan berikut langkah-langkah untuk memasang kamera CCTV dari Android dan cara setting Android CCTV untuk dilihat di Komputer,PC atau Netbook :

langkah pertama unduh dan install app yang digunakan android sebagai kamera CCTV dan sebagai contoh disini saya menggunakan aplikasi IP Webcam yang dapat di download di Google Play Store, unduh juga Video LAN-VLC untuk di komputer, PC atau Laptop.

 

Lalu selanjutnya Buka aplikasi Ip webcam yang sudah terpasang di Android atau tablet.

 

Kemudian setelah membuka aplikasinya, maka akan ada beberapa menu setting seperti resolution video, photo, quality orientation dan lain-lain, lalu Klik pada menu yang berada paling bawah pada aplikasi IP webcam di ponsel Anda. Dan perhatikan pada gambar.

 

Lihat pada screen ponsel Android, maka akan ada URL yang tertera di bagian bawah, seperti yang tertera pada gambar

 

Selanjutnya Anda buka software VLC Media Player yang telah Anda install pada PC/Laptop Anda, lalu klik pada menu Media –> Buka stream jaringan, untuk lebih jelasnya perhatikan gambar .

 

Lalu masukkanlah URL yang tadi, yaitu http://URL/videofeed, misalnya seperti punya saya http://192.168.43.83.8080/videofeed kemudian klik Play

 

Untuk mengatur mempercepat/menstabilkan gerakan video nya, klik pada menu Playback –> Speed –>Faster/lebih cepat

 

Selesai, dan ini adalah screenshot monitor Android CCTVdi laptop saya

Cara Android jadi CCTV yang dapat bermanfaat untuk keperluan Anda masing-masing. Dan ingat jangan menggunakan CCTV Android Anda untuk hal-hal negatif. Gunakanlah untuk hal yang positif yang lebih berguna.
Enjoy!!

 

Source

One thought on “Tutorial Menjadikan Android Sebagai CCTV

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s