Root Menghilangkan Garansi? TIDAK untuk Nexus!

Standard

Banyak yang ingin melakukan rooting pada perangkat Android miliknya namun terdengar bahwa pihak produsen perangkat tidak mengijinkan perangkatnya dilakukan perubahan seperti unlock bootloader, root, memasang custom recovery, custom rom dan custom kernel.

Beberapa orang sudah menanyakan di beberapa customer server/service center perangkatnya masing-masing namun sepertinya pihak produsen tidak membolehkan perangkatnya dalam keadaan root atau sedang menjalankan custom rom. Oleh karena itu tidak sedikit pengguna ponsel Android mengembalikan ke standart pabrik atau factory reset (kembali ke stock rom) sebelum melakukan klaim garansi.

Jadi apa benarkan root menghilangkan Garansi? Untuk ponsel branded sepertinya harus mengakui bahwa tindakan tersebut bisa menghilangkan garansi perangkat, tapi tidak untuk perangkat Google Nexus.

Karena salah satu pengguna Nexus sendiri telah bertanya langsung ke pada pihak Google melalui email mengenai perubahan pada perangkat Nexusnya. “Hey guys, apakah root akan menghilangkan garansi saya?”, tanya NotFromMountainView, salah satu member XDA Developers kepada Google.

Google sendiri mengungkapkan tidak ada masalah saat melakukan klaim garansi/RMA ketika perangkat dalam keadaan root. Ia tidak mencoba melarang pelanggan untuk melakukan unlocking bootloader dan menginstall sistem operasi baru yang membutuhkan hak akses root.

“Android ditujukan untuk memberikan pelanggan kemampuan dalam melakukan itu pada perangkat Nexus, dan mendorong perusahaan lain untuk melakukan hal yang sama. Jadi kami tidak mempermasalahkan ‘rooting’”, Jelas Google dalam email yang dikirim.

 

Source

6 thoughts on “Root Menghilangkan Garansi? TIDAK untuk Nexus!

  1. mydroid

    gan klo nexus sya sdh root dn ingin di kmbalikan ke pengturn awal apkh mnjdi unroot.. dn apkh tweak yg sya psang terhapus mhon bntuan nya trmksh

  2. mydroid

    cara hpus tweak itu gmna ya gan soalnya punyaku di bencmark mkin turun score nya stlh di psang tweakzv6 😦

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s