Jangan Terlalu Sering Gunakan Power Bank!

Standard

Semakin canggih gadget yang kamu miliki, tentunya semakin mudah pula kamu menjalani berbagai aktivitas yang menyibukkan. Namun, kebutuhan terhadap sumber energi agar gadget tetap aktif menjadi salah satu kebutuhan utama para pengguna gadget.

Kebanyakan pemilik gadget seringkali mencari tempat yang memungkinkan mereka untuk mencharge gadgetnya. Melihat hal ini, munculah power bank yang kini banyak dipakai oleh para pemilik gadget. Namun, apakah menggunakan charger dari gadget jenis lain dan menggunakan power bank adalah cara yang aman untuk mencharge gadget?

Setiap gadget pasti memiliki chargernya masing-masing . Memang pada beberapa jenis gadget memiliki charger port yang sama, namun ada beberapa hal selain charger port yang perlu diperhatikan. Setiap gadget memiliki kebutuhan voltase yang berbeda beda. Charger yang ada pada masing-masing gadget sudah diatur sedemikian rupa sehingga voltase yang masuk ke gadget pada saat proses charging tidak berlebihan ataupun kurang dari kebutuhannya.

Jika Gadgeteers menggunakan charger milik teman, pastikan sebelumnya bahwa jenis gadget yang digunakan sama. Jika jenis gadget yang digunakan berbeda, lebih baik jangan digunakan meskipun charger port dan merek gadgetnya sama. Misalnya kesamaan charger port pada iPhone 3GS dan iPad 3. Namun, jika kamu perhatikan pada masing-masing user’s guide, output chargernya pasti memiliki keterangan voltase yang berbeda.

Penggunaan power bank pun ternyata juga berpotensi memperpendek umur baterai. Tegangan yang dihasilkan oleh power bank belum tentu sesuai dengan tegangan yang dibutuhkan oleh gadget. Jika tegangan yang dihasilkan oleh power bank  ataupun charger gadget lain lebih rendah dari tegangan yang dibutuhkan gadgetmu, maka Gadgeteers akan kesulitan untuk membuat baterai gadget menjadi fully charge. Namun, jika tegangan yang dihasilkan power bank  atau charger dari gadget lain lebih besar dari tegangan yang seharusnya diterima, maka baterai gadget akan menjadi ‘stress’ dan panas. Hal inilah yang membuat masa pakai baterai pada gadget menjadi berkurang.

Setelah  penjelasan ini, apakah Gadgeteers masih ingin menggunakan charger lain dan power bank untuk mencharge baterai gadgetmu? Adakah solusi kreatif yang bisa kamu lakukan untuk menyiasati kebutuhan energi agar gadgetmu tetap aktif?

 

Source

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s