Cara Mengaktifkan USB Debugging Pada Android 4.2 Keatas

Standard
Kemarin salah seorang teman saya datang dan bertanya kepada saya tentang cara mengaktifkan pilihan USB Debugging pada perangkat Android yang baru dibelinya beberapa hari lalu. Saya dengan percaya diri langsung saja merebut perangkat itu dari tangannya (hahahaha) dan bertindak seolah mengguruinya sambil menunjukkan caranya dengan menggunakan perangkat miliknya. Namun apa yang terjadi? Ternyata saya juga tidak berhasil menemukan pilihan itu pada perangkatnya (malu yaa? Hahahahaha). Saya sempat heran kenapa opsi itu tidak bisa ditemukan pada perangkatnya?
Setelah saya mencoba beberapa kali, saya ingat saat memakai CustomROM CyanogenMod dan menemukan bahwa memang menu Developer Option pada perangkat dengan OS Android Jelly Bean versi  4.2 keatas sengaja disembunyikan oleh Google. Dan untuk mengaktifkannya, kita harus melakukan langkah tertentu agar kita dapat mengakses semua menu yang ada di dalam menu Developer Option. Nah untuk itu, pada posting kali ini saya memutuskan untuk membagikan langkah – langkah itu di blog agar bagi kamu yang juga mengalami kesulitan untuk menemukan menu Developer Option pada perangkatmu tidak lagi dibuat bingung. Oke, berikut langkah yang harus kamu lakukan :
  • Masuk ke menu Setting pada perangkatmu, scroll ke bagian bawah dan pilih menu About Phone / About tablet
  • Scroll kebawah, dan temukan menu Build Number
  • Sentuh beberapa kali menu Build Number (biasanya 7 kali), dan sekarang kamu telah membuka “kunci” dari menu Developer Option
Setelah menu Developer Option dimunculkan dengan cara diatas, maka sekarang kamu bisa menemukan pilihan USB Debugging dengan cara masuk ke Setting -> Developer Option -> Debugging -> dan centang USB Debugging. Langkah untuk memunculkan menu Developer Option hanya perlu kamu lakukan sekali, karena setelahnya menu tersebut akan terus ditampilkan pada setting perangkatmu.
Nah itulah langkah untuk mengaktifkan USB Debugging pada Android Jelly Bean versi 4.2 keatas. Silahkan jelajahi blog ini untuk menemukan artikel menarik lain yang berkaitan dengan Android. Semoga bermanfaat 😀
4 thoughts on “Cara Mengaktifkan USB Debugging Pada Android 4.2 Keatas

Leave a Reply

