Mengenal Sensor Android

Standard

Sering kali ketika kita menggunakan android, kita tidak menyadari bahwa android merupakan smartphone yang canggih. Berbagai sensor terdapat pada smartphone android, namun apakah kegunaan sensor tersebut? Pada artikel ini mari kita berbagi bersama untuk mengenal sensor pada perangkat android. Dengan mengenalnya terlebih dahulu, diharapkan anda dapat lebih mengoptimalkan kinerja dari sensor tersebut.

Apakah anda mengetahui kegunaan dari setiap sensor yang dibenamkan pada android? Pada artikel ini kita akan mengenal berbagai sensor pada android sehingga perangkat anda menjadi smartphone yang sesungguhnya.
Kategori sensor android
Platform Android mendukung tiga kategori besar sensor, yaitu:
Sensor gerak

Sensor ini mengukur kekuatan akselerasi dan kekuatan rotasi sepanjang tiga sumbu. Kategori ini meliputi kecepatan, sensor gravitasi, giroskop, dan sensor vektor rotasi.

Sensor lingkungan

Sensor ini mengukur berbagai parameter lingkungan, seperti suhu udara, ambien dan tekanan, pencahayaan, dan kelembaban. Kategori ini meliputi barometer, fotometer, dan termometer.

Sensor posisi

Sensor ini mengukur posisi fisik perangkat. Kategori ini meliputi sensor orientasi dan magnetometer.

Macam sensor android
1.Accelerometer

Accelerometer adalah sebuah tranduser yang berfungsi untuk mengukur percepatan, mendeteksi dan mengukur getaran, ataupun untuk mengukur percepatan akibat gravitasi bumi.

Implementasi dan manfaat dari accelerometer salah satunya untuk mendeteksi pergerakan seperti shake dan tilt. Dapat untuk mengukur sudut untuk aplikasi teknik, pergerakan langkah untuk aplikasi medis, untuk mengetahui pergerakan ketika kita bermain game dan masih banyak lagi kegunaan dari accelerometer. Dalam penerapannya accelerometer biasa berkaitan dengan beberapa sensor lainnya.

Tipe sensor: Hardware

2.Ambient Temperature

Ambient temperature adalah sensor yang berfungsi menyerupai termometer, sebagai pengukur suhu ruangan sekitar dalam derajat Celcius / °C (dapat juga dikonversi dalam Fahrenheit / °F). Tidak semua perangkat android mempunyai sensor ini, hanya beberapa perangkat seperti contohnya galaxy s4 yang memiliki, namun jika anda ingin menggunakan sensor ambient temperature dan perangkat anda tidak memiliki sensor tersebut, anda harus menggunakan bantuan hardware dan smartphone anda hanya sebagai monitor saja.

Implementasi dan manfaat dari ambient temperature salah satunya adalah untuk mengetahui suhu ruangan kita berada sehingga anda dapat dengan mudah untuk beradaptasi, selain itu dapat juga dikembangkan untuk aplikasi teknik atau medis.

Tipe sensor: Hardware

3.Sensor Temperature

Sensor temperature adalah sensor yang berfungsi untuk mengukur temperature, fungsinya hampir sama dengan ambient temperature dan pada perangkat dengan versi ICS ke atas, sensor ini digantikan oleh sensor ambient temperature.

Implementasi dan manfaat dari sensor temperature hampir sama dengan ambient temperature.

Tipe sensor: Hardware

4.Sensor Gravitasi

Sensor gravitasi adalah sensor yang berkaitan dengan gaya gravitasi dalam m/s2 yang diterapkan ke perangkat pada tiga sumbu fisik (x, y, z).  Ini mengukur komponen vektor gravitasi saat perangkat tersebut ketika istirahat atau bergerak perlahan.

Implementasi dan manfaat dari sensor gravitasi dapat digunakan dengan kontrol game dengan menggunakan gerak miring dapat juga digunakan pada beberapa aplikasi lain. Sensor ini biasa berkaitan dengan sensor lain seperti contohnya accelerometer dan lainnya. Beberapa perbedaan antara accelerometer dan gravitasi adalah accelerometer memberikan kembali jumlah seluruh kekuatan diterapkan ke perangkat anda, sedangkan sensor gravitasi mengembalikan hanya pengaruh gravitasi. Jika anda ingin mengecualikan gravitasi dari percepatan, Anda dapat menggunakan filter high-pass atau hanya mengurangi nilai-nilai sensor gravitasi dari nilai-nilai sensor accelerometer namun tidak yakin metode mana yang memberikan presisi yang lebih baik.

Tipe sensor: Hardware, software

5.Gyroscope

Gryoscope adalah sensor menilai rotasi perangkat pada rad/s sekitar masing-masing dari tiga sumbu fisik (x, y, dan z). Gyro sensor mendeteksi kecepatan sudut, yang dihitung dengan menggunakan data pengukuran diambil dari 3-axis untuk mengukur atau mempertahankan orientasi, dengan prinsip ketetapan momentum sudut.

Implementasi dan manfaat dari gyroscope mekanismenya adalah sebuah roda berputar dengan piringan didalamya yang tetap stabil. Gyroscope Hanya dapat digunakan jika ada accelerometer dan dapat mendeteksi gerakan dari segala arah. Untuk penerapan, anda dapat menggunakan untuk menghitung sudut, bermain game dan masih banyak lagi. Gerakan yang dihasilkan dari gyroscope lebih halus dibanding sensor yang lain seperti accelerometer. Sensor gyro tidak terkait dengan gravitasi secara langsung karena sensor tersebut merupakan pendukung dari accelerometer yang telah melakukan perhitungan dengan perubahan gravitasi secara langsung.

Tipe sensor: Hardware

6.Sensor Cahaya

Sensor cahaya adalah sensor yang berguna untuk mengukur tingkat ambient cahaya (iluminasi atau pengukur tingkat kecerahan cahaya).

Implementasi dan manfaat dari light sensor biasa digunakan untuk control kecerahan layar ketika anda berada pada suatu tempat dengan tingkat cahaya yang berbeda atau pada aplikasi kamera sehingga anda tidak perlu repot mengatur tingkat kecerahan. Beberapa developer mulai mengembangkan sensor ini dan menggabungkan antara smartphone dengan kendaraan sehingga dapat menghemat bahan bakar kendaraan (lihat gambar di atas). Dapat juga dikombinasikan dengan proximity.

Tipe sensor: Hardware

7.Linear Acceleration

Linear acceleration adalah mengukur gaya percepatan dalam m/s2 yang diterapkan ke perangkat di semua tiga sumbu fisik (x, y, dan z), termasuk gaya gravitasi.

Implementasi dan manfaat dari linear acceleration untuk pemantauan percepatan sepanjang sumbu tunggal dan terkait dengan sensor lain seperti accelerometer contohnya.

Tipe sensor: Hardware, Software

8.Magnetic Field

Magnetic field adalah sensor untuk mengukur medan geomagnetik ambient di μT. Kadang-kadang disebut sebagai “magnetometer”. Hal ini juga dapat digunakan dalam menentukan orientasi. Sensor magnetik mengukur kekuatan medan magnet dan fluktuasi, dan membagi pengukuran ke X, Y, Z dan komponen.

Implementasi dan manfaat dari magnetic field beberapa aplikasi kompas, detektor logam, prediksi letak dan masih banyak lagi lainnya sebagai contoh aplikasi “fun” seperti ghost sensor yang menurut rumor adalah perbedaan gelombang elektromagnetic untuk deteksi.

Tipe sensor: Hardware

9.Sensor Orientasi

Sensor orientasi adalah sensor perangkat berasal dari sensor percepatan 3-axis. Berikut 3 sumbu rotasi menunjukkan sudut antara vektor gravitasi dan proyeksi vektor gravitasi (yaw, pitch, roll).

Implementasi dan manfaat dari sensor orientasi anda dapat memperoleh matriks kecenderungan dan rotasi matriks untuk perangkat dengan menggunakan sensor gravitasi dan sensor medan geomagnetik dalam hubungannya dengan metode getRotationMatrix(), sehingga anda akan memperoleh letak posisi perangkat anda.

Tipe sensor: Software

10.Sensor Tekanan
Sensor tekanan adalah sensor yang digunakan untuk mengukur tekanan udara ambien di hPa atau mbar. Sering kali sensor ini disebut sebagai barometric sensor.

Implementasi dan manfaat dari pressure sensor dapat anda gunakan untuk mengukur tekanan udara, bagi saya sensor ini sangat penting digunakan bagi anda yang bekerja sebagai team SAR atau pecinta alam, sensor ini dapat digunakan untuk menghitung ketinggian posisi anda (altimeter) dan masih banyak lagi kegunaannya. Selain itu banyak sekali pengembangan lain seperti contohnya untuk menghitung tekanan pada proyek percobaan anda atau dapat juga menghitung tekanan angin pada ban (bike tire pressure system). Namun tidak semua perangkat android memiliki sensor tersebut, hanya beberapa saja yang memiliki sebagai contoh: xperia active, nexus, galaxy s3, galaxy s4 dan beberapa lainnya.

Tipe sensor: Hardware

11.Proximity

Proxymity adalah sensor yang digunakan untuk mendeteksi keberadaan suatu object tanpa kontak fisik.

Implementasi dan manfaat dari proximity sensor salah satunya adalah mematikan layar secara otomatis saat kita menelpon, ini bertujuan untuk menghemat baterai, selain fungsi tersebut, anda dapat mengoptimalkan sensor tersebut untuk memutar musik, screen off atau masih banyak lagi yang dapat anda optimalkan terutama ketika anda sedang mengemudi atau memasak agar anda lebih fokus dan tetap dapat mengoperasikan perangkat tanpa harus melakukan kontak fisik terhadap perangkat.

Tipe sensor: Hardware

12.Sensor Humidity

Sensor humidity adalah sensor yang berguna untuk mengukur ambient relatif kelembaban dalam persen (%).

Implementasi dan manfaat dari sensor humidity biasa berkaitan dengan sensor temperature untuk menghitung tingkat kelembaban dimana anda berada. Sensor ini juga jarang dijumpai pada perangkat android, hanya beberapa yang menggunakan sensor ini sebagai contohnya galaxy s4. Jika perangkat anda mempunyai sensor kelembaban, anda dapat optimalkan untuk menghitung kelembaban rumah agar rumah anda lebih sehat atau dapat digunakan untuk menghitung kelembaban udara dan tanah yang cocok untuk tanaman jika anda berprofesi sebagai petani, mengatur kelembaban kandang peliharaan anda atau masih banyak lagi lainnya.

Tipe sensor: Hardware

13.Rotation Vector

Rotation vector adalah sensor untuk mengukur orientasi perangkat dengan menyediakan tiga unsur perangkat rotasi vektor.

Implementasi dan manfaat dari rotation vector hampir sama dengan sensor gerak, namun sensor ini lebih mengacu pada pergerakan rotasi perangkat anda.

Tipe sensor: Hardware, Software

14.Beberapa sensor tambahan lain seperti finger print (Contohnya pada motorola atrix) , sensor pengembangan dari hardware lain seperti facelock, smart stay, sensor suara) dan beberapa lainnya.

Versi android yang dapat menggunakan sensor

Sensor Android 4.0
(API Level 14)
Android 2.3
(API Level 9)
Android 2.2
(API Level 8)
Android 1.5
(API Level 3)
TYPE_ACCELEROMETER Yes Yes Yes Yes
TYPE_AMBIENT_TEMPERATURE Yes n/a n/a n/a
TYPE_GRAVITY Yes Yes n/a n/a
TYPE_GYROSCOPE Yes Yes n/a1 n/a1
TYPE_LIGHT Yes Yes Yes Yes
TYPE_LINEAR_ACCELERATION Yes Yes n/a n/a
TYPE_MAGNETIC_FIELD Yes Yes Yes Yes
TYPE_ORIENTATION Yes2 Yes2 Yes2 Yes
TYPE_PRESSURE Yes Yes n/a1 n/a1
TYPE_PROXIMITY Yes Yes Yes Yes
TYPE_RELATIVE_HUMIDITY Yes n/a n/a n/a
TYPE_ROTATION_VECTOR Yes Yes n/a n/a
TYPE_TEMPERATURE Yes2 Yes Yes Yes

Keterangan:
1.Tipe sensor ditambahkan di Android 1.5 (API Level 3), tapi itu tidak tersedia untuk digunakan sampai Android 2.3 (API Tingkat 9).

2.Sensor ini tersedia, tetapi telah usang.

Informasi lanjut dapat anda baca pada artikel sensor overview.

Diagnosis sensor android
Beberapa aplikasi dapat anda gunakan untuk mengetahui berapa banyak sensor yang terdapat pada perangkat anda, anda dapat mencoba download aplikasi tersebut.

Solusi ketika sensor pada perangkat anda tidak berfungsi
1.Carilah referensi tentang sensor yang tersedia pada perangkat anda dan jika anda yakin sensor tersebut ada gunakan aplikasi untuk diagnosis sensor anda.
2.Pastikan firmware / ROM anda tidak memiliki bug terhadap kinerja sensor, bacalah review terlebih dahulu sebelum anda flash ROM sehingga anda tahu sensor apa saja yang akan tidak berfungsi ketika anda mendapat bug.
3.Pastikan aplikasi yang anda gunakan tidak crash dan mendukung fitur sensor dari perangkat anda
4.Jika anda yakin ketiga langkah di atas, cobalah hubungi service center atau teknisi kepercayaan anda untuk melakukan pengecekan atau penggantian pada hardware / chip sensor dan software yang terkait dengan kinerja sensor pada perangkat anda.

 

Oiya, kalo mau tau sensor apa aja yang ada di device kamu, download aja Android Sensor di PlayStore…

Source

10 thoughts on “Mengenal Sensor Android

  1. ferbuz

    Gan Rendy, ane pernah instal aplikasi untuk charg menggunakan sinar matahari. Kalo itu apa memang berfungsi sensornya.. atau cuman aplikasi hoax aja? Ane mau pake tapi jadi ragu2 takut hhnya kanapa2. Hee..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s