7 Tips Mengatasi Android Biar Gak Lemot

Standard

Sekarang ini jamannya semarphon, semua setuju kan. Emangsih kalau pakek semarphon semuanya jadi terasa mudah, banyak hal yang bisa kita selesaikan dari genggaman kita.

Nah, kalau udah ngomongin semarphon, di Indonesia dan bahkan di Dunia Android jadi OS paling banyak yang make. Oleh karena itu sepertinya menarik untuk ngebahas beberapa trik menggunakan android.

shutterstock_48072823

Meskipun namanya semarphon tapi kadang android juga gak pinter-pinter amat, kadang bisa lemot juga. Bisa jadi itu karena emang OSnya, Hapenya atau perilaku penggunanya, maka dari itu berikut adalah beberapa cara gimana supaya android gak terasa lemot.

1. Uninstall Aplikasi yang Gak Kepake

Berapa banyak aplikasi yang ada di Androidmu? Apakah semuanya kamu pake, kalo enggak kamu musti melakukan efisiensi, salah satunya dengan bersih-bersih aplikasi yang jarang sekali dipakai. Karena makin banyak aplikasi makin banyak pula storage yang kamu pakek. Kalau udah gitu lama-lama bisa jadi lemot, apalagi banyak juga aplikasi yang meskipun gak dipake tapi bekerja background yang secara otomatis memperberat kerja RAM.

2. Membersihkan Cache secara Berkala

Sebagai OS, sebenarnya android masih banyak kelemahan. Salah satunya adalah cache atau bisa dibilang sampah dihital. Jadi semakin lama android digunakan semakin banyak pula cache yang ditinggalin. Lama-lama jadi menuhin hardisk. Untungnya sistem sendiri udah nyediain tool buat clear cache ini, atau kamu juga bisa menginstall aplikasi tambahan.

3. Perhatikan Widget sama Live Wallpaper

Punya android dengan tampilan yahud emang bikin seneng, apalagi android emang banyak nyediain live wallpaper sama widget buat mempercantik lockscreen kamu. Tapi, kamu musti ngitung-itung juga sama kemampuan HP, kalau terlalu banyak menggunakan widget juga gak cantik lagi justru malah bikin lemot. Live wallpaper emang bagus sih, tapi sama kayak widget, bikin lemot dan boros baterai.

4. Disable Animation

Cara ini juga lumayan efektif. Caranya gini masuk ke Settings, About Phone, scroll down to Build number, and tap tujuh kali. kamu sekarang dapet akses untuk developer options. Nah kamu bisa mendisable semua animasi kayak yang ada digambar.

Android_Developer_Options

5. Donlot Update Software

Jangan lupa secara berkala kamu melakukan check untuk update software, karena bisa jadi androidmu jadi lemot karena belum di update.  Kalau untuk update aplikasi kamu bisa lihat changelog-nya dulu atau lihat review-reviewnya. Kebanyakan sih update aplikasi android biar jadi lebih bagus, tapi gak semuanya juga.

6. Root Android

Ini juga merupakan cara efektif buat mempercepat kinerja android. Ini memberikan kamu akses super user yang berguna untuk berbagai hal, seperti overclock kinerja processor, menginstall kostum room dsb. Tapi ingat dengan mengeroot artinya kamu gak lagi dapet garansi resmi, resiko tanggung sendiri.

7. Beli android yang lebih bagus

Kalau cara-cara tersebut udah kamu lakuin dan ternyata hasilnya masih lemot juga. Ada baiknya kamu memperhatikan hal ini, Mulai sekarang bekerja lebih rajin kemudian mulai nabung, nah kalau udah kekumpul duitnya kamu tukar tambah deh hape kamu sama yang lebih bagus. Ini adalah cara paling efektif dan rekomendet sejauh ini… :D

 

Selamat mencoba dan jangan lupa makan.. :’)

Source

Advertisements

2 thoughts on “7 Tips Mengatasi Android Biar Gak Lemot

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s