Tutorial Menambah Kapasitas RAM untuk Gaming

Standard

Anda pengguna android sering kali merasa bahwa ram android kita tidak cukup untuk melakukan multi tasking secara berlebihan.Sebenarnya ada solusinya,yaitu menjadikan kartu memori kita (eksternal card) sebagai memori tambahan (virtual memory) untuk RAM.Tetapi ingat! untuk para developer harap melihat dulu perbedaan dari Swap Ram Partisi dan Swap Ram File,yang kita akan bahas adalah Swap Ram File 



Swap Ram File berguna jika kernel android anda tidak support Swap RAM Partisi,seperti android buatan cina Smartfren,Lenovo,Mito dll.Tetapi karena untuk Swap Ram Partisi sangat susah untuk dilakukan bagi para pemula karena kita harus mengedit kernel android yang tersimpan di root folder.Jadi beruntunglah android anda seperti galaxy,xperia,htc, dsb bisa juga memakai trik ini tanpa mengedit kernel android anda.

Aplikasi yang dibutuhkan adalah :
1. RAM Manager Pro
2. Android Root

Step-Stepnya :

  • Install aplikasi ram manager pro,setelah di install silahkan buka aplikasinya.Jika ada permintaan superuser maka silahkan pilih allow saja

 

  • Ketika aplikasi telah terbuka maka pilih Options bagian anda butuhkan seperti ScreenShoot diatas ada Balance,More Free Memory,More Multitasking,Hard Gaming,Hard Multi Tasking
  • Centang Set On Boot,selanjutnya pilih bagian Swap File
  • Silahkan pilih selera anda,maksimal 256 MB virtual RAM
  • Proses membuat file swap sedikit lama,sekitar 3-5 menit.Jadi harap bersabar.Ketika Applying Setting telah selesai,silahkan ada cek di file manager anda /sdcard/rammanager
  • Jika terdapat file dengan nama swapfile diatas dan ukurannya sama seperti anda buat pada aplikasi ram manager tadi berarti selamat,Anda telah berhasil menambahkan Virtual RAM di android anda!
Note : virtual ram bekerja di belakang layar,jadi tidak akan ditampilkan di aplikasi yang berjalan akan menambah ram anda.
46 thoughts on “Tutorial Menambah Kapasitas RAM untuk Gaming

  1. Khairul Akhyar

    makasih gan atas apk & tutorialnya, membantu banget!! 😀
    skrg hape Andromax-C ane jadi yahutt banget setelah di root & pake Ram Managernya…thx a lot

    #RECOMENDED!!

  2. Freedom

    gan mau tanya setelah saya instal dan saya check di sd card kok gg ad ya file swapnya? folder rammanagernya gg ad ??? HH saya andromax Ule thanks b4

  3. farid marsuki

    Gan numpang nanya. Kalo mau nambahin besarnya Swap ram filenya? Soalnya dikit amat kalo cma 256mb doang. Reply please.

  4. irfan

    Ane udah ikutin tutorial diatas,,dan sukses di Applying Setting telah selesai. tapi setelah di sdcard dicek, koq ga ada ya gan file dengan nama swapfile.

  5. yusman

    gann hapee ane andromax c jelly bean…..gx klr ni foldwr ram manager nyaa…..mhon bntuann
    nya gann

  6. dede

    Mantap gan tutorialnya……ane mw praktekin nih…..utk Max U ( Dual core ) bsa kn gan?…..mkasih gan….

  7. Arief Abdillah

    Mas Rendy, saya sudah coba cara di atas, dan sampe ada tulisan berhasil membuat swap filenya. Tetapi saya cek di file managernya kok gak ada ya swap filenya ??
    apakah cara saya ini sudah berhasil atau gagal.

    Ket : HH saya Andromax U (Dual Core)

  8. Gede Karma

    Salam kenal gan katanya kalo pake cara diatas bisa merusak sd card .kerusakannya seperti apa ya mohon pencersnya trims

  9. agku

    bang kl andromax g isa menggunakan trik diatas gak.soalnya saya bca d mbh google tdk smua kernel android bisa dilakukan swapfile.mhon pencerahannya

  10. sky

    gan sudah ada swapfile tapi di setting masih 512mb.
    yg ploblem auto kill lvlnya ikut. ram itu jadi swapnya tidak pernah pake
    mohon penjelasannya

  11. gan, mw nya nih. stu d jlsin lw hp buatan cina yg gk support hrus gnti kernelnya. hp ane andromax c jb. gmna cra ngdit kernelnya gan…
    mhon pncrhna gan. newbi nih..

    sblmnya slam knal gan

  12. nokentod123

    bro koq gw baru ngeroot ini . trus mau swap file mau naikin ram . koq malah crash ya? apa yg salah ya? crash sendiri tiba2

  13. aryo diswa

    gan, mau tanya nih. kalo buat maxULE bisa ga? terus memorynya mau pake internalnya aja. pake aplikasi nya apa ya. makasih .

  14. gan ane pake andromax c2 os jelly 4.3, ane cuma pake towelroot v3 n ram manager pro uda bisa mengatasi masalah ram kecil, game hd ato size gede ngaciir mantepp, thanks gan

  15. gan ane pke andromax c2 os jelly 4.3, cma pke towelroot v3 n ram manager pro uda bsa ngatasi mslah ram yg kcil, game hd lancar abis no force close, thanks gan

  16. ebeg

    gan.klo di smartfren andromax c2 bisa gk.? ane udh instal dan sukses. tapi klo pengen tau cara kerja nya gmna ? ane maen game tetep aja suka dc sendiri

  17. ebeg

    satu lagi bang pertanyaan saya . klo misal udh kepasang tuh swapfile nya. terus mau rubah lagi ukuran nya gmna .? klo misal di uninstal ada efek samping nya gk ?

  18. chintya

    coba liat pake terminal emulator itu swap ada hasilnya atau ngga ? cek ketik su abis itu ketik free nanti kluar swap filenya hasilnya 0 atau tidak klo 0 brarti sama aja boong

  19. julysaurus

    gan, ane udah coba swap ram evercoss a7t ane pake cara diatas, folder ram manager nya ga ada, tp file swapfile nya ada di sdcard, itu sukses apa ga? ane pake mmc 4Gb, kalo swap file di set ke 512mb ada dampaknya ga gan?

Leave a Reply

