Mengapa Ponsel CDMA Cepat Panas?

Standard

Beberapa kali mengamati keluhan yang sering di sampaikan oleh pemakai HP CDMA adalah mereka mengalami kondisi devicenya mudah panas, bahkan beberapa diantaranya sangat panas. Beberapa pemakai Andromax U LE di grup inipun juga berkeluh kesah kenapa device-nya juga panas tidak normal.Untuk mengetahui beberapa kemungkinan penyebabnya, setelah googling ternyata ada beberapa kondisi pendukung kondisi tersebut terjadi, a.l :

1. Cara kerja HP CDMA membutuhkan proses yang lebih banyak dibandingkan tehnologi GSM

 

 

Prinsip kerja CDMA dapat dianalogikan dengan cara berkomunikasi dalam satu ruangan yang besar, dimana setiap pasangan dapat berkomunikasi secara bersama-sama tetapi dengan bahasa yang berbeda antara satu pasangan dengan pasangan yang lainnya. Pada saat proses pengiriman data ada proses enkrip dan pada saat penerimaan data ada proses dekrip Pada saat banyak yang berkomunikasi bersamaan dalam satu ruang, maka ruangan menjadi bising. Semakin banyak pemakai yang aktif dalam suatu ruangan, akan semakin banyak proses yang harus diproses sehingga menambah panas di device. Faktor jumlah pemakai dalam suatu area akan sangat berpengaruh terhadap suhu device tersebut.

 

Dalam sistem gsm, ketika ruangan besar sedang terpakai oleh salah satu pasangan, pasangan yang lain harus antri terlebih dahulu sampai ruangan kosong, karena bahasa yang dipergunakan sama. Tidak ada proses enkrip dan dekrip dalam sistem gsm. Agar beberapa pasangan dapat berkomunikasi, dibutuhkan adanya beberapa ruangan yang besar secara bersamaan.

 

2. Adanya aplikasi yang berjalan terus menerus atau aplikasi yang tetap terus mengirimkan / menerima data.

 

Panas yang dihasilkan device ketika dalam posisi standby adalah akibat dari aplikasi yang berjalan secara background terus-menerus mengupdate proses seperti terinstall program permainan “POU”, atau ada aplikasi yang berusaha mengirim data yang ukurannya besar atau mengalami kegagalan dalam proses mengirimkan data seperti “Whatsapp” atau “Ym”. Efek samping selain mengakibatkan panas berlebih, hal tersebut dapat menyebabkan baterai cepat habis terkuras.

 

 

Langkah-langkah untuk memperbaikinya adalah dengan cara mengidentifikasi aplikasi apa saja yang menyebabkan hal itu terjadi. Walaupun kadang-kadang bukan karena aplikasi yang menyebabkan hal tersebut terjadi, dapat di cek terlebih dahulu dengan memfreeze aplikasi tersebut, dan baru diaktifkan kembali aplikasi tersebut ketika kita butuhkan saja. Beberapa aplikasi game yang membutuhkan proses di prosesor yang sangat besar juga berpotensi membuat device mengalami panas berlebih.

 

3. Penangkapan Sinyal yang kurang.

 

Sinyal dalam sistem CDMA sangat berperan penting, karena sinkronisasi harus dilakukan secara terus menerus antara device dengan bts yang terdekat. Dalam kondisi device di penerimaan sinyal yang kurang baik, device akan terus berusaha agar dapat terus mendapatkan sinyal. Sinyal yang ditangkap oleh device CDMA dapat berupa sinyal Voice dan Sinyal Data bertipe 1x atau EVDO.

 

 

Mengingat daerah yang tercover EVDO saat ini masih terbatas, untuk mengantisipasi agar device tidak cepat panas di area yang kurang kuat sinyal EVDO-nya, jalankan device di mode 1x saja. Jangan memaksakan agar dapat menangkap sinyal EVDO, selain menambah panas device juga akan menguras sisa baterai yang tersisa.

 

Kondisi kurang kuatnya sinyal sangat berpengaruh sekali terhadap panas dari device. Untuk mencobanya dapat dilakukan dengan membungkus device mempergunakan aluminium foil, setelah didiamkan beberapa saat akan terasa panas sekali devicenya karena berusaha mencari sinyal terus menerus. Kondisi tersebut juga akan terjadi ketika HP CDMA berada di lokasi yang balnk sinyal dan tetap terus kita hidupkan, device akan menjadi bertambah panas karena terus menerus mencari sinyal.

 

4.  Defect dari perangkat

 

Secara umum perangkat cdma dari pabrikan tersebut sudah mengantisipasi panas berlebih tersebut dengan menggunakan komponen yang lebih tahan terhadap panas berlebih.

 

Tetapi walaupun sudah di desain sedemikian rupa, tetap ada faktor kemungkinan cacat produksi yang menyebabkan device tidak tahan ketika mengalami panas berlebih ditandai dengan suka restart sendiri atau mati secara tiba-tiba ketika mengalami kondisi panas berlebih.

 

Dalam kondisi mengalami cacat produksi tidak ada solusi lain selain minta pergantian perangkat selama masa garansi masih berlaku.

 

by Wathroni Indratno – s3lotip –

Advertisements

7 thoughts on “Mengapa Ponsel CDMA Cepat Panas?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s