Tips Hemat Baterai Android

Standard

Berhubung ane liat banyak postingan” yang nanya cara hemat batere (baik di grup ini maupun di grup tetangga), maka ane bakal share cara penghematan yang BENAR” HEMAT versi ane…Ane menggunakan JB..

  • RULE 1: Matikan WiFi ketika tidak digunakan

WiFi dapat menyedot banyak batere ketika dia berusaha meng-scan network yang available. Kalau ada network yang open, sistem akan menotifikasi pengguna atau akan mengkoneksikan dirinya jika sudah pernah di remember. Disinilah borosnya batere, ketika terkoneksi, akan terjadi upload download terus menerus setiap beberapa menit (dalam rangka agar tetap terkoneksi dengan network / tidak idle).

  • RULE 2: Matikan 3G/HSDPA, ganti ke 2G atau matikan sekaligus

Tidak ada salahnya anda menyalakan paket data, namun dengan dinyalakan paket data 3G/HSDPA, anda akan merasakan baterai yang lebih cepat terkuras. Saran saya adalah mengganti koneksi cukup sebagai 2G (GPRS) atau matikan paket data sekaligus (karena kalau di Airplane Mode rasanya terlalu ekstrim :p )

Cara mengaktifkan 2G di ICS CM9 adalah dengan pergi ke Settings, di bagian Wireless & Networks pilih More.., pilih Mobile Networks, centang Use Only 2G Networks.

Untuk GB cukup ke Settings -> Wireless and Networks -> Mobile Networks -> Use Only 2G Networks

  • RULE 3: No Live Wallpaper

Live Wallpaper = Animasi, Animasi = Memaksa CPU untuk bekerja lebih keras… Jadi Live Wallpaper = Memaksa CPU untuk bekerja lebih keras. Saya mencoba untuk menyalakan LW di ICS CM9, alhasil, cepet panas. Oleh karena itu budidayakan Wallpaper static, malah kalau bisa gunakan wallpaper yang banyak hitam! Kenapa? Karena dengan warna hitam, berarti layar tidak perlu menggunakan intensitas warna yang besar untuk membuat warna tersebut.

  • RULE 4: Jangan Install aplikasi aneh” yang berjalan di background dan aplikasi yang berat memori.

Tersebutlah aplikasi” ga jelas yang memberikan iklan” aneh di notification bar ataupun aplikasi baterry management yang kerjanya nyala matiin network. Toh, kalau anda menggunakan itu, berarti anda sudah meminta aplikasi tersebut bermain di background, bahkan ketika HH anda idle. Alhasil, batere kekuras. Salah satu aplikasi yang berat memorinya adalah: Facebook for Android. Update-an terbaru menambahkan sampah memori yang cukup banyak.

  • RULE 5: Maen game HD dan Batere Panas

Yang ini sangat berhubungan sekali dengan kekurasnya baterai. Ketika CPU bekerja dengan sangat keras, Batere akan menjadi cepat panas, namun game akan sangat lancar. Jika ini sudah terjadi cepat lepas casing baterai agar sirkulasi udara menjadi lancar. Boleh dicoba juga, kipasi stand fan atau semacamnya ketika batere mulai panas (35 drajat celcius, dari normal 27 atau 30 drajat celcius). Jika baterai panas terus menerus akan menjadi cepet rusak dan bisa bocor!

  • RULE 6: Screen Brightness dibawah 20%

Sesuaikan Screen Brightness ane. Ketika di tempat gelap / tidak terkena sinar matahari, usahakan Screen Brightness dibawah 25%, maish tetep keliatan kok. Ketika berada dibawah sinar matahari, 20% tidak akan kelihatan. Minimal 80% baru bisa keliatan warnanya…

  • RULE 7: Jangan ada widget bertebaran di Homescreen

Widget bertebaran tidak amat cantik lahh… Buat apa pajang wallpaper kalo ga keliatan? wkwk…Intinya dengan adanya widget, anda menambahkan beban ke CPU dan Memory. Jadi no widget, no beban ke memori dan CPU. 🙂

  • RULE 8: Hapus aplikasi stock ROM yang tidak digunakan dan Freeze Aplikasi yang menurut anda ingin digunakan namun tidak sering

Coba baca post ini.. www*kaskus*co.id/showpost.php?p=653844420&postcount=3973

  • RULE 9: Matikan auto sync pada HH anda

Untuk GB, settingan ada pada : settings>account and sync.

Untuk ICS, anda cukup pergi ke Settings -> Accounts and Sync, dan geser ke off.

Direkomendasikan auto sync untuk mati. Percuma anda idle hh, koneksi 2g, tapi tiap 15 menit nyedot data kayak vakum kliner.

Selanjutnya silakan ditambah bila ada yang mempunyai opini lain…

Source

Advertisements

5 thoughts on “Tips Hemat Baterai Android

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s