Solusi Brick Smartfren Andromax U LE (Quadcore)

Standard

HANYA BISA DITERAPKAN UNTUK Andromax U LE !!!

Pertanyaan seputar cara pemakaian Tool / File yang dipakai tidak akan
dijawab bahkan mungkin di delete. Mohon dicari terlebih dahulu dengan
search engine.

apabila kurang jelas bisa
melihat langsung gambar proses di link berikut :
https://www.dropbox.com/s/50pup081kohliev/Unbrick%205-ULE.docx

credit untuk agan Barjani yang telah membantu melengkapi dengan gambar.

Setelah berkutat beberapa lama mencari cara dan metode yang pas untuk
mengembalikan Andromax U LE yang mengalami brick ( Mati Total ) dengan
ciri-ciri sbb :

1. Ketika ditekan tombol power, device bergetar tapi tidak bisa ke sistem.
2. Masuk ke Boot screen saja, tidak bisa masuk ke sistem. Masuk ke sistem
    recovery juga sudah tidak bisa lagi.
3. Device tidak bereaksi apa-apa ketika tombol ditekan, tetapi ketika masuk
    menu download ( device off, baterai dilepas, volume + dan volume – ditekan
    bersamaan dan ditahan, disambungkan ke kabel yang terhubung ke PC,
    dilepaskan kedua tombol tombol volume ) masih terdeteksi melalui device
    manager mode 9006, 9008, 9025 dll )

Ternyata dari vendor Innos / JSR, Andromax U LE ini sudah di desain sangat
ampuh dan sangat kecil sekali kemungkinannya mengalami Total Brick. Bahkan
kondisi tersebut diatas masih dianggap sebagai fake brick saja.

Kendala di atas selama masih bisa terbaca di PC tidak akan berpengaruh dan
bisa di un-brick.

Tool dan bahan ( Wajib di download ) :

Baterai terisi 75% lebih.
Driver Windows x86 dan X64 Andromax U LE
https://docs.google.com/file/d/0B5NPL7QCoRTkYnZINXdnM2F0R00/edit?usp=sharing
RAW backup Stock Andromax U LE 1.0.g ( HDD RawCopy )  343 Mb
https://docs.google.com/file/d/0B5NPL7QCoRTkS2dRMFpMand6MXM/edit?usp=sharing
md5 : eeda14b777bfd8c1584ff5348c3db9c2

HDD RawCopy 516 Kb
https://docs.google.com/file/d/0B5NPL7QCoRTkQUtfZmgtZHE3SkU/edit?usp=sharing

Langkah-Langkah un-Brick ( Under Windows ) :

PERSIAPAN

1. Backup dulu semua data yang penting di SD Card ke tempat lain.
    Pergunakan card reader untuk proses tersebut.
2. Lepas cover belakang, baterai, semua SIM card dan SD Card di device.

LANGKAH A

1. Hubungkan terlebih dahulu kabel data ke PC/Notebook.
2. Masuk ke menu download mode dengan jalan :  
    Tekan dan tahan kedua tombol volume – dan + bersamaan.
    Hubungkan kabel data ke device.
    Lepas kedua tombol volume – dan + bersamaan.
3. Port akan terdeteksi, Kalau driver belum terinstall, install terlebih dahulu
    secara baik dan benar dengan diarahkan lokasi driver ke folder hasil ekstrak
    driver.
4. Salah satu tanda berhasil masuk ke menu download mode adalah ada notifikasi
    mau mengformat hard disk yang barusan di kenali. Pilih saja No.    Dalam mode download ketika dibuka “device manager” dari sistem properties
    di bagian ports ( Com&LPT) sudah terinstall driver untuk “Qualcomm HS-USB
    Diagnostic 9006”
6. Apabila sudah terdeteksi mode “Qualcomm HS-USB Diagnostic 9006” lanjutkan
    ke langkah C.
7. Ulangi langkah A kalau belum terdeteksi sama sekali. Kalau terdeteksi
    lain misal “Qualcomm HS-USB Diagnostic 9008” atau “Qualcomm HS-USB
    Diagnostic 9025” lanjutkan ke langkah B.

LANGKAH B

========================================
Tool dan bahan ( Download sesuai kebutuhan ) :
QPST Tool versi 2.7.399 yang di tes running dengan baik di Andromax U LE
https://docs.google.com/file/d/0B5NPL7QCoRTkQkpSWTNranZtWVk/edit?usp=sharing
8X25Q_msimage.mbn ( Bukan punya Andromax U LE, tapi bisa digunakan untuk membantu kembali ke diagnostic mode 9006 ) # credit for Agan Barjani
https://docs.google.com/file/d/0B5NPL7QCoRTkMDBuZzhseGR6dUE/edit?usp=sharing
MPRG8X25Q.hex  ( Bukan punya Andromax U LE, tapi bisa digunakan untuk membantu kembali ke diagnostic mode 9006 ) # credit for Agan Barjani
https://docs.google.com/file/d/0B5NPL7QCoRTkZEpYUU11YWJvZVk/edit?usp=sharing

1. Letakkan kedua file yaitu : 8X25Q_msimage.mbn dan MPRG8X25Q.hex
    di satu folder PC, misal : C:/repair9006
2. Jalankan “EMMC software download” dari qpst. Kalau belum terpasang di
    install terlebih dahulu QPST Tool.
2. Dari menu utama “EMMC software download” pastikan port sudah terkoneksi
    dengan cara ketika   tombol browse ditekan dengan muncul list port, dan
    dapat dipilih.
3. Isikan data berikut :
    “Flash programmer file name” diisi : MPRG8X25Q.hex
    “Boot image” di isi : 8X25Q_msimage.mbn
4. Check box “Program MMC device” tidak di centang
5. Check box “search path2” di centang, lalu di isi : C:/repair9006
6. Tekan tombol download
7. Tunggu proses selesai.
8. Lepas kabel ulangi Langkah A.

# File 8X25Q_msimage.mbn dan MPRG8X25Q.hex tersebut diambil dari ROM lain, dipakai hanya untuk memaksa agar kembali ke mode 9006

=================================

LANGKAH C

1. Extract file RAW Backup stock ROM dengan Winrar ke PC, akan didapatkan
    file RAW_Smartfren-ULE_1.0.g.img berukuran 3.7 Gb. Lewati langkah ini
    kalau sudah ter-extract.
2. Jalankan HDD RawCopy, Install terlebih dahulu apabila belum dipasang.
3. Pada Layar Pertama (Select SOURCE) Pilih Bus file –> double click –> Pilih
    file hasil extract tadi RAW_Smartfren-ULE_1.0.g.img
4. Klik di Continue.
5. Pada Layar Kedua (Select TARGET), pastikan yang disorot Qualcomm MMC
    Storage –> click tombol continue
6. Pastikan Antara Source dan Target sudah sesuai.
7. Kalau sudah klik tombol Start tunggu proses sampai selesai.
8. Lepas Kabel Data
8. Masukkan kembali baterai.
7. Tekan tombol power.
8. Device un Brick.

Special credit :

Agan Abdul Aziz Amar yang telah membantu membikin dan mengupload  RAW Image Andromax U LE ketika mengalami brick. Dengan ukuran 400 Mb penulis mengucapkan banyak terimakasih atas bantuannya yang tidak sedikit, sehingga tidak perlu diinapkan ke service center.

Agan M Barjani Was’an yang telah membantu kedua file file yang sangat dicari  pemakai qpst untuk Andromax U LE yaitu : 8X25Q_msimage.mbn dan MPRG8X25Q.hex.

# Bila dirasa berguna, mohon di share dengan credit Apreciated. – s3lotip –

# Mirror Link : https://www.dropbox.com/sh/qijmjo8p37petan/c4fa9zqaXU

Source

78 thoughts on “Solusi Brick Smartfren Andromax U LE (Quadcore)

  1. aji

    tutorialnya success gan..! 😀
    5 hari amule ku mati total, akhirnya ketemu postingan agan rendy yg sangat berguna ini, aku ikutin step by step, akhirnya Andromax U LE ku bisa nyala lagi..

  2. lian

    bos kok port usbnya jd tidak terbaca yah awalnya terbaca Qualcomm HS-USB Diagnostic 9008 terus jd tidak terdeteksi sama sekali…

  3. Hantian

    Gan, alamak… kabel data saya yang soak tersentuh saat saya melakukan langkah C, dan HH saya jadi nggak kebaca di EEMC Software Download. Tapi di notification waktu port terhubung masih terditeksi. Thats shit moment! apakah masih ada jalan unbrick maxule yang kondisinya saat di tekan power hh tidak bergetar sama-sekali? atau maxule saya sudah tinggal mayat saja. 😦

  4. gan bisa bantu mati total ni
    skalian install cwm, fastboot
    biaya’a brp gan??? cod dmn? andromax u,
    kl bisa blz email

  5. adhi

    agan rendy,saya punya 2 hp andro u le.tutorial di atas berhasil semua ke hp saya dua duanya,tpi kenapa ya kedua hp tersebut tdk bisa saling singkron.misal tukar data lewat bluetoth tdk bisa.wifi tetering juga tdk bisa.apa gara2 alamatnya ip nya sama?solusinya gmn ya gan?mohon pencerahanya

      • adhi

        iyha gan ga’bisa.udah coba aku ulangi terus ga’bisa.apa itu hanya untuk satu hh??kedua hp yg sudah di unbrick tidak bisa saling ngirim file lewat bluetoth dan tethering wifi.

  6. Gan tolong saya lupa malah main format aja pas ketemu drive barunya, akhirnya pada saat pakai software Emmc “image download failed (cookie if present) not received”, andromax u saya matot

  7. teknisi

    Gan mohon pencerahannya andromax ule ane matot gak isa kedetek di PC. Bila di tekan tombol power on+ volume +- lamp led berwarna merah adakah solusi untuk bisa bangkit kembali. Makasi sebelumnya.

    • rose

      klik kanan properties emmc software
      compability cek list run this program pilih windows yg agan pake ok

  8. Trsitan

    Gan Rendy, tutorialnya bisa dipake di andromax t tdk? Kondisi mati total tapi saat dicolok ke PC masih ke detect 9006 di port. Apakah agan punya bahan-bahan buat andromax t?

  9. haryono

    gan kalo d max gue terdeteksi qualcomm 9006 tp gue properties d windows 7 ukurannya tinggal 0 byte..
    saya coba cara di atas tidak bisa….

    apakah ada cara laen gan? mohon pencerahanny….

  10. sam abrar

    Gan ane punya hp andromax i yg brick, bisa tdk ane pke tutorial diatas tp bedanya ane nyari sndri file raw andromax i.?

  11. heri

    Bang rendy andromax ule saya udah berhasil idup setelah ngikutin langkah di atas tapi selang beberapa jam hapenya panas hang lalu restar trus kadang mati trus kalau mau di hidupkan lagi mesti cabut batrai baru bisa nyala tapi suka restar juga .nah skrng pas mau di nyalain cuma tampil logo smartfren aja skrng nasibnya malah jadi mati total ga ada tanda2 kehidupan tapi di colok ke pc masih ke deteck port 9006nya ..saya ikutin langkah2 di atas lagi tetep aja tidak mau nyala walaupun selesai di instal..itu rusak mesinya atau hanya softwarenya aja ya bang ?

  12. bang rendy ,..kok port usbnya jd tidak terbaca yah awalnya terbaca Qualcomm HS-USB Diagnostic 9006 terus jd tidak terdeteksi sama sekali…
    Mohon pencerahannya

  13. robbey leeming

    bang rendy MAX ULE pertama bootloop ane benerin dan lancar abis ane terus install root maxule setelah itu ane install spalsh screen yg ternyata buat MAX C yg akhirnya si MAX ULE matot Blank item ga ke detect PC mohon pencerahan nya mastah

  14. imamdkv

    bang, ane udh berhasil, tapi terkadang hh masih sering restart sendiri, dan kalo mau diidupin lagi ga bisa, sampe mesti ngulang langkah unbrick kayak gini lagi.. tolong pencerahan bang, makasih

  15. um rendy pala ane uda mau pecah muter2 google
    ane mau nanya ni um kenapa pas anne masuk tahap B pas proses download gagal keluar bacaan image not received padahal ane uda ikutin tutor dengan benar uda ane ulang berkali2 gagal ters tolong pencerahan nya um….

  16. mumu

    mas rendy andromax u le ku mati total dan pas aku nyalain hpnya malah yg hidup sensornya tok dan aku pasang usb ke pc, qualcomm kluar trus aq hpus dan aq g tw klo qualcomnya berguna. sekrang hpku g bisa pa2 gy dan g bisa nyambung ke pc. solusi giman menurut mas rendy? klo diserviskna biayanya sekitar brp?

  17. JMars

    jadi gini gan rendy HH ane kan brick kira2 ada yang tau gak pas ane copy file u le.img ke partisi pake HDD raw copy kok error begini “Write Error occurred at offset 65,536 (21)
    Cannot write to target, aborting…
    Average speed: 4.1 MB/s
    Operation terminated at offset 65,536 LBA 128(21)”
    nih gan SS nya..

  18. JMars

    gan sy mau tanya, apa yg terjai kalo misalkan yg di “langkah A no. 4” kita pencet format atau gak sengaja lah kepencet, jadinya gimana gan dan reaksi yg terjadi kayak gimana?!

  19. romy

    gan mau tanya nih klo di tahap b proses downloadnya koq lama banget ya…..
    kira2 brp menit normalnya cz ane udh tungguin hampir 1 jam. tks

  20. agan rendy. hp ane andromax u le. ngbrick. mau benerin di windows, ane gak pake windows. kalo buat mac bisa gak? sekalian ane minta bantuan panduannya gan. thanks

  21. Rifki

    gan … saya uda ikutin step step nya.. sudah sempat nyala ULe nya .. ga sampe 5 menit.. device brick lagi … itu gimana gan..??

  22. arif

    gan ane mau tnya..koq anromax ule ane kaga bisa msuk recovery mode y??
    trus pas dtancepin usb k pc gerak2 sndri…bngung ane..tp masih normal klo bwt shari2..
    da solusi g?

  23. LANGKAH C yang nomor 5. Pada Layar Kedua (Select TARGET), pastikan yang disorot Qualcomm MMC Storage –> click tombol continue. itu maksudnya gimana ya? saya pilih targetnya di sembarang drive (folder) gpp ya..

  24. edi

    proses downloadnya lama apa sebentar om.. krn diliat dr progresnya ga ada yg jln. ini msh proses apa gagal ya

  25. dan bukan 9006 tapi 9008 yang kedeteksi drivernya.. trus pas pake eMMC software, ga bisa download, ada pemeberitahuan “could not find yg file MPRG8X25Q.hex on any search path” itu knpa ya? padahal udh di taruh dalam folder file yg (……hex) sama (…..mbn) nya.

  26. luther

    Gan saya udah coba berkali kali, tapi kenapa hp tetap di logo saja ya ? Mohon solusinya, makasi.

  27. gan max ule saya pas brick tak colokin pc terus ada pemberitahuan format disk tapi sama saya tak format gan gmna solusinya jd ga ada respon apa apa
    .. tolong bantuannya bos

  28. rika

    ‘There is no phone to the selected port’ maksud nya apa ya mas??
    kenapa port nya gak bisa koneksi ke phone?

Leave a Reply

