Solusi Brick Smartfren Andromax U LE (Quadcore)

Standard

HANYA BISA DITERAPKAN UNTUK Andromax U LE !!!

Pertanyaan seputar cara pemakaian Tool / File yang dipakai tidak akan
dijawab bahkan mungkin di delete. Mohon dicari terlebih dahulu dengan
search engine.

apabila kurang jelas bisa
melihat langsung gambar proses di link berikut :
https://www.dropbox.com/s/50pup081kohliev/Unbrick%205-ULE.docx

credit untuk agan Barjani yang telah membantu melengkapi dengan gambar.

Setelah berkutat beberapa lama mencari cara dan metode yang pas untuk
mengembalikan Andromax U LE yang mengalami brick ( Mati Total ) dengan
ciri-ciri sbb :

1. Ketika ditekan tombol power, device bergetar tapi tidak bisa ke sistem.
2. Masuk ke Boot screen saja, tidak bisa masuk ke sistem. Masuk ke sistem
    recovery juga sudah tidak bisa lagi.
3. Device tidak bereaksi apa-apa ketika tombol ditekan, tetapi ketika masuk
    menu download ( device off, baterai dilepas, volume + dan volume – ditekan
    bersamaan dan ditahan, disambungkan ke kabel yang terhubung ke PC,
    dilepaskan kedua tombol tombol volume ) masih terdeteksi melalui device
    manager mode 9006, 9008, 9025 dll )

Ternyata dari vendor Innos / JSR, Andromax U LE ini sudah di desain sangat
ampuh dan sangat kecil sekali kemungkinannya mengalami Total Brick. Bahkan
kondisi tersebut diatas masih dianggap sebagai fake brick saja.

Kendala di atas selama masih bisa terbaca di PC tidak akan berpengaruh dan
bisa di un-brick.

Tool dan bahan ( Wajib di download ) :

Baterai terisi 75% lebih.
Driver Windows x86 dan X64 Andromax U LE
https://docs.google.com/file/d/0B5NPL7QCoRTkYnZINXdnM2F0R00/edit?usp=sharing
RAW backup Stock Andromax U LE 1.0.g ( HDD RawCopy )  343 Mb
https://docs.google.com/file/d/0B5NPL7QCoRTkS2dRMFpMand6MXM/edit?usp=sharing
md5 : eeda14b777bfd8c1584ff5348c3db9c2

HDD RawCopy 516 Kb
https://docs.google.com/file/d/0B5NPL7QCoRTkQUtfZmgtZHE3SkU/edit?usp=sharing

Langkah-Langkah un-Brick ( Under Windows ) :

PERSIAPAN

1. Backup dulu semua data yang penting di SD Card ke tempat lain.
    Pergunakan card reader untuk proses tersebut.
2. Lepas cover belakang, baterai, semua SIM card dan SD Card di device.

LANGKAH A

1. Hubungkan terlebih dahulu kabel data ke PC/Notebook.
2. Masuk ke menu download mode dengan jalan :  
    Tekan dan tahan kedua tombol volume – dan + bersamaan.
    Hubungkan kabel data ke device.
    Lepas kedua tombol volume – dan + bersamaan.
3. Port akan terdeteksi, Kalau driver belum terinstall, install terlebih dahulu
    secara baik dan benar dengan diarahkan lokasi driver ke folder hasil ekstrak
    driver.
4. Salah satu tanda berhasil masuk ke menu download mode adalah ada notifikasi
    mau mengformat hard disk yang barusan di kenali. Pilih saja No.    Dalam mode download ketika dibuka “device manager” dari sistem properties
    di bagian ports ( Com&LPT) sudah terinstall driver untuk “Qualcomm HS-USB
    Diagnostic 9006”
6. Apabila sudah terdeteksi mode “Qualcomm HS-USB Diagnostic 9006” lanjutkan
    ke langkah C.
7. Ulangi langkah A kalau belum terdeteksi sama sekali. Kalau terdeteksi
    lain misal “Qualcomm HS-USB Diagnostic 9008” atau “Qualcomm HS-USB
    Diagnostic 9025” lanjutkan ke langkah B.

LANGKAH B

========================================
Tool dan bahan ( Download sesuai kebutuhan ) :
QPST Tool versi 2.7.399 yang di tes running dengan baik di Andromax U LE
https://docs.google.com/file/d/0B5NPL7QCoRTkQkpSWTNranZtWVk/edit?usp=sharing
8X25Q_msimage.mbn ( Bukan punya Andromax U LE, tapi bisa digunakan untuk membantu kembali ke diagnostic mode 9006 ) # credit for Agan Barjani
https://docs.google.com/file/d/0B5NPL7QCoRTkMDBuZzhseGR6dUE/edit?usp=sharing
MPRG8X25Q.hex  ( Bukan punya Andromax U LE, tapi bisa digunakan untuk membantu kembali ke diagnostic mode 9006 ) # credit for Agan Barjani
https://docs.google.com/file/d/0B5NPL7QCoRTkZEpYUU11YWJvZVk/edit?usp=sharing

1. Letakkan kedua file yaitu : 8X25Q_msimage.mbn dan MPRG8X25Q.hex
    di satu folder PC, misal : C:/repair9006
2. Jalankan “EMMC software download” dari qpst. Kalau belum terpasang di
    install terlebih dahulu QPST Tool.
2. Dari menu utama “EMMC software download” pastikan port sudah terkoneksi
    dengan cara ketika   tombol browse ditekan dengan muncul list port, dan
    dapat dipilih.
3. Isikan data berikut :
    “Flash programmer file name” diisi : MPRG8X25Q.hex
    “Boot image” di isi : 8X25Q_msimage.mbn
4. Check box “Program MMC device” tidak di centang
5. Check box “search path2” di centang, lalu di isi : C:/repair9006
6. Tekan tombol download
7. Tunggu proses selesai.
8. Lepas kabel ulangi Langkah A.

# File 8X25Q_msimage.mbn dan MPRG8X25Q.hex tersebut diambil dari ROM lain, dipakai hanya untuk memaksa agar kembali ke mode 9006

=================================

LANGKAH C

1. Extract file RAW Backup stock ROM dengan Winrar ke PC, akan didapatkan
    file RAW_Smartfren-ULE_1.0.g.img berukuran 3.7 Gb. Lewati langkah ini
    kalau sudah ter-extract.
2. Jalankan HDD RawCopy, Install terlebih dahulu apabila belum dipasang.
3. Pada Layar Pertama (Select SOURCE) Pilih Bus file –> double click –> Pilih
    file hasil extract tadi RAW_Smartfren-ULE_1.0.g.img
4. Klik di Continue.
5. Pada Layar Kedua (Select TARGET), pastikan yang disorot Qualcomm MMC
    Storage –> click tombol continue
6. Pastikan Antara Source dan Target sudah sesuai.
7. Kalau sudah klik tombol Start tunggu proses sampai selesai.
8. Lepas Kabel Data
8. Masukkan kembali baterai.
7. Tekan tombol power.
8. Device un Brick.

Special credit :

Agan Abdul Aziz Amar yang telah membantu membikin dan mengupload  RAW Image Andromax U LE ketika mengalami brick. Dengan ukuran 400 Mb penulis mengucapkan banyak terimakasih atas bantuannya yang tidak sedikit, sehingga tidak perlu diinapkan ke service center.

Agan M Barjani Was’an yang telah membantu kedua file file yang sangat dicari  pemakai qpst untuk Andromax U LE yaitu : 8X25Q_msimage.mbn dan MPRG8X25Q.hex.

# Bila dirasa berguna, mohon di share dengan credit Apreciated. – s3lotip –

# Mirror Link : https://www.dropbox.com/sh/qijmjo8p37petan/c4fa9zqaXU

Source

Advertisements

32 thoughts on “Solusi Brick Smartfren Andromax U LE (Quadcore)

  1. zyad

    agan rendy, maxule ane bisa masuk recovery, udh d restore, tapi tetep ga bisa masuk system, udah coba ganti sd card, ganti file backupnya, tapi tetep ga bisa, apa pake cara ini bisa gan ?

  2. apriana

    gan Rendy caranya agan Abdul create RAW stockrom gimana? plis hh max c ane bricked. terima kasih

  3. Dian keep Smile

    gan maxule ane Portnya tidak terdeteksi, padahal driver udah terinstal, di device manager unknown Device.

  4. Anta_Sitepua

    GSM nya nggk bisa dipakek gan sinyalnya nggk ada padahal udah ada 30 menit ni setelah di Brick
    Ada triknya nggk gan ?

  5. upil

    gan ini ko gk ngefek apa2 ya padahal udh beres ntu langkah c,tp tetep aja gk mau nyala,tp d pc masi keditek 9006,gimana niih gan solusi nya?? 😀

  6. ane udah lakuin langkah2 semuanya dan lancar.
    tapi ttp tidak ada perubahan, stuck di logo smartfren.
    mohon pencerahanya agan rendy

  7. arsy

    bang rendy mAX U ane Bootloop stuck di logo coztum yg bagus supaya hidup lagi apa bang kasih link dong

  8. arsy

    kalo v2.0d berarti apa gan terus belikin ke andromax aslinya gimana gan?aku dah coba tapi gagal gak berubah….

  9. gilang

    gan kalo driver qualcom belom muncul di HDDRaw_copy gimana inih gan caraya biar muncul di hddraw copy

  10. obet

    klo uda dicek didevice manager kedetek 9008
    tapi cma sebentar aja kdeteknya
    abis itu ilang lagi gan
    g kedetek
    sebelumnya pas ane udah tau ni ngebrik, ane colokin ke pc trs g sengaja keformat
    solusinya gmn gan??

  11. noval

    Bos rendy mo tanya masalah Matot gara2 gagal flash.. trus sy coba flash ulang kkonter g ad yg bisa, proses flash hanya jalan separuh lalu berhenti.. sehingga g bisa diflash.. mungkin mas rendy ad solusi skligus bahan buat flash andromax Ule i6c. Trima kasih

  12. vhaiel

    gan rendy….punya saya image download failed waktu jalanin emmc software download itu kenapa ya??? udah berapa kali dlakuin sampe cabut pasang batere…..mohon dcerahin dong…trims

  13. alfian

    gan maaf nih ko saya cuman loading doang yah pas mau ngubah dari 9008 ke 9006, saya udah nunggu hampir 1 jam tapi tetep aja ngeloading. itu kenapa yah? makasih buat sebelumnya

  14. makasih banyak bang Rendy, tutorial B, berhasil untuk Andromax U3 saya.

    dulu gara-gara mo fullbackup rom, malah kepasang file zip bukanya file img, alhasih hh saya matot/hard brick, hh ga bisa nyala,tekan power ga ada getar,dicharger ga bisa. yg detek di pc cuman HS-USB QDLoader 9008. setelah ngikutin tutorial B, alhasil HS-USB diagnostic mode 9006 detek lagi,
    sekali lagi terimakasih banyak Bang atas tutorialnya. tinggal fullbackup rom aja lg, cihuyyyy!!!!!!

  15. Rifqi

    gan rendy ane udh kebaca 9008 tapi ga muncul yg minta format pdhl ane udh mencet vol + sama vol – barengan tp gada efeknya gmn tuh?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s