Blackberry “BUKANLAH” Smartphone!

Standard

Dari judulnya mungkin sedikit kontra dengan kenyataan mengenai blackberry. Siapa yang tidak tau blackberry? Pengguna blackberry sudah jutaan orang di Indonesia..
Menjadi sebuah tren atau bahkan dianggap sebagai handphone yang bergengsi pada jaman sekarang ini. Jika bertemu dengan kenalan baru, yang ditanyakan bukanlah nomer HP, melainkan PIN BBmu berapa?. Mungkin itulah yang dijadikan gengsi dari sebuah blackberry.

Sebelum kita ulas kenapa saya menganggap blackberry bukan smartphone, mari kita bahas dulu mengenai golongan manusia-manusia pengguna blackberry itu seperti apa :

1. Orang-orang ALAY atau ABABIL.

Sebagian besar pengguna blackberry adalah kalangan anak muda yang ALAY,. penggila facebook, penggila twitter, penggila chatting yang sering memposting aktivitas sehari-harinya di media-media sosial tersebut. Menjadi suatu kebanggaan ketika bisa update status di facebook maupun twitter dengan tulisan via Blackberry Smartphone App bagi jenis pengguna yang alay ini dgn Glittter2 NORAK!

2. Pengusaha.

Menjadi sebuah tren (khususnya di Indonesia) bahwa pengusaha wajib memiliki Blackberry untuk kelancaran bisnisnya. Entah itu sebuah tren ataukah kewajiban sebagai pengusaha untuk memiliki blackberry. Ketika memberikan kontak person nomer HP dan PIN BB, pasti yang di invite adalah PIN BB, bukan SMS ataupun menelfon, oleh karena itu, memang sebuah kebutuhan sebagai pengusaha untuk memiliki blackberry.

Dari kedua golongan pengguna blackberry tersebut, ada satu hal yang sama, yaitu untuk kemudahan berkomunikasi atau bersosial. Itulah salah satu alasan kenapa saya menganggap bahwa blackberry itu sebagai socialphone.

Kenapa saya menanggap bahwa blackberry bukanlah smartphone?

Sebuah smartphone harus memiliki aplikasi untuk meningkatkan produktivitas dalam aktivitas penggunanya, misalnya :
aplikasi untuk kebutuhan word, spreadsheets, dan presentasi yang hampir menyamai kegunaan microsoft office.

Pada blackberry memang ada aplikasi untuk kegunaan itu seperti Word to Go, Sheet to Go, Slideshow to Go.

Akan tetapi dalam aplikasi tersebut, “TIDAK BISA” digunakan untuk membuat file baru dan “HANYA BISA” membuka file.

Aplikasi Word to Go, Sheet to Go, dan Slideshow to Go TIDAK memliki fitur Bold, Italic, Underline, Perbesar tulisan, bullet and numbering, dan lain-lain seperti yang dimiliki aplikasi office pada umumnya.

Dari sisi Game, TIDAK ADA permainan yang atraktif.
Permainan yang tersedia seperti game ponsel biasa. Visualisasinya KURANG CANGGIH.

“TIDAK BISA” membuka file Archive (ZIP dan RAR).

TIDAK ADA sinkronisasi secara cloud computing,
padahal di jaman sekarang ini, cloud computing menjadi suatu kebutuhan dalam smartphone.

TIDAK BISA mengakses google doc, google spreadsheet, google presentation yang menjadi layanan cloud computing dokumen.

Dan Kenapa saya menganggap blackberry sebagai socialphone :

Banyak aplikasi yang tersedia hanya aplikasi jaringan sosial seperti : facebook, twitter, foursquare, uber social, yahoo messenger, gtalk, blackberry messenger.

Dan semua aplikasi itu hanya untuk kebutuhan sosial media.

Pengusaha pun yang dibutuhkan adalah BBM untuk chatting dan group untuk bisnisnya. Dan itu juga untuk kebutuhan sosial media.
Chatting YM, Gtalk, skype bisa dengan blackberry, lagi-lagi untuk kebutuhan bersosial.
Sinkronisasi push-mail ini juga untuk kebutuhan bersosial.

Apakah kegunaan itu semua tidak bisa dilakukan dengan featurephone yang sudah bisa membuka email, chatting ym, chatting gtalk, facebook, twitter?
Kebutuhan paling utama dalam blackberry sendiri adalah aplikasi Blackberry Messenger, yang menjadi tren saat ini dengan pengguna jutaan orang, yang telah mengubah pola masyarakat Indonesia dari SMS ke BBM. Dan karena itulah para pengusaha pun memanfaatkan Blackberry untuk komunikasi dengan konsumen melalui BBM.

Pengguna blackberry terbanyak se-Asia Pasifik adalah did Indonesia, seperti kutipan dari KOMPAS.com Indonesia sejak lama dinobatkan sebagai negara dengan pengguna BlackBerry terbanyak di dunia. Hingga Agustus 2012, gelar itu masih disandang Indonesia, setidaknya di kawasan Asia Pasifik.

Adakah yang salah dengan pola masyarakat Indonesia?

Sebenarnya apa sih yang dicari dari blackberry sendiri?

untuk gengsi dan tren kah?

Written by Miftahul Huda

23 thoughts on “Blackberry “BUKANLAH” Smartphone!

  1. CEO BlackBerry, Thorsten Heins, mengatakan, BBM untuk platform lain akan tersedia pertengahan tahun ini untuk perangkat iPhone (iOS 6 ke atas) dan Android (Ice Cream Sandwich). Kalo BBm masuk android dan Ios apa yang bisa dibanggakan buat blackberry. software dan hardware pas-pasan harganya mahal. mang orng alay doang yg pake blackberry hihihih….

  2. Dodo

    jujur saya DULU pengguna setia BB karena Social network-nya (BBM terutama..), tappiii…setelah lama pake BB, koq ya gitu2 aja fiturnya…
    Perttama pake android pas beli laptop dapet bonus tablet Android..eeehhh…koq lebih enak ya… ya walau masih pake BB, karena relasi dan teman2 msh pake buat BBM, ya pake dua gadget… AKHIRNYAAA,,,,setelah SADAR, saya jual BB saya ada 2 biji.. beli dah Andro U… MANTAAABBB!!!

    tapi kata teman saya yg sampe skrg masih pake BB, katanya kalo BB bisa Push Email…
    gak seribet Android…

    Entah, apa karena saya suka yang RIBET dan KOMPLEX ya… Hahahahaha…
    HIDUP ANDROID! HIDUP ANDROMAX U!!

    thx.

  3. itu temen si dodo ajah yang aneh…
    push email kan di android lebih canggih…. mo “Gmail” ada mo “Yahoo” mo yang lain jg banyak app nya yg ngedukung email2an di android…
    dan 1 lagi… andoid itu gak ribet… kalo ada yg bilang riber,, itumah IQ dia ajah yg jongkok…
    wkwkwkwkw….

  4. je pe

    Siapa suruh milih salah satunya ? Klo aku mah pilih dua duanya….. kelebihan Dan kekurangannya sailing menutupi…..yang printing Osama Rama Smartfren… muraaahhhhh coyyyy……

  5. malikha

    ENAKAN PKE HAPE JAVA JADUL MAS MAS GA RIBET TINGGAL ISI PULSA TELPON SMS NGACIR WAHAHHAHAHAAAAAAAA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s