Dasar-Dasar Ngoprek Android part 3

Standard

Sebuah custom ROM yang banyak beredar sekarang ini, adalah salah satu yang mengalami modifikasi dari source code Android yang diberikan oleh Google. Google membuat source code Android yang dengan bebas bisa digunakan oleh siapa saja baik untuk mengubah kode tersebut misalnya untuk penambahan fitur. Dengan adanya fitur baru tersebut, bisa dengan bebas untuk mendistribusikan ulang source code yang telah diubah.

Hal tersebut membuat Android begitu cepat berkembang, siapapun boleh mengembangkan sistem operasi ini. Google tidak pernah menganakemaskan sebuah vendor atau perusahaan yang tergabung di Open Handset Alliance (OHA) untuk memajukan Android. Sekedar informasi, Open Handset Alliance didirikan Google bersama lebih dari 80 perusahaan lebih yang di dalamnya terdapat HTC, SONY, Dell, Intel, Motorola, Samsung, LG untuk membuat mobile platform berbasis kernel Linux (open source).

Selain OHA, banyak juga Developer pihak ketiga baik secara perorangan maupun secara komunitas yang turut mengembangkan dan memodifikasi kode distribusi Google. Untuk mengenal lebih jauh berikut adalah ROM modifikasi tersebut:

Stock ROM
Stock ROM Adalah ROM bawaan pabrik, tapi ROM bawaan pabrik ini sendiri banyak dimodifikasi. Kelebihannya bagi Anda pecinta tampilan seperti Sense UI dari HTC, Motoblur dari Motorola, TouchWiz dari Samsung, LG UI dari LG dan Timescape dari SONY bisa tetap digunakan. Masing-masing memiliki kelebihan dari sisi tampilan dan fungsionalitas. Jika anda menggunakan custom ROM, maka ciri khas dari tampilan tersebut akan hilang.

Seperti yang saya katakan tadi, ROM bawaan pabrik pun banyak dimodifikasi. Mulai dari ketersediaan ROM bersifat deodexed. ROM bawaan pabrik bersifat odexed, perbedaannya jika anda menggunakan deodexed akan lebih mengguntungkan karena bisa dimodifikasi. ROM pabrik deodexed sangat cocok buat yang ingin mengganti tampilan. Misalnya mengganti ikon baterai, ikon sinyal hingga mengganti atau mengubah bar notifikasi untuk menambahkan power widgets.

CyanogenMod

CM-10.1-for-Galaxy-S2.png
ROM sesepuh dari custom ROM. CyanogenMod didirikan oleh Steve Kondik (Cyanogen). Custom ROM ini sangat terkenal, karena sudah mendukung  70 perangkat Android yang berbeda. Custom ROM ini menjadi salah satu distribusi firmware Android yang terkenal dan berkembang sangat cepat. Bahkan, tim CyanogenMod melaporkan pada tanggal 31 Desember 2012 terdapat sekitar 3,6 juta perangkat yang sudah menggunakan custom ROM ini. Sungguh angka yang bisa dibilang fantastis dan tentunya akan semakin terus bertambah seiring pertumbahan perangkat Android yang baru dan memberikan dukungan ke perangkat tersebut.

CyanogenMod bersifat gratis dan termasuk open source software. Sehingga tidak hanya perangkat yang didukung tim CyanogenMod yang bisa merasakan kemampuan custom ROM ini. Hampir di tiap perangkat Android terdapat porting-an agar bisa menjalankannya. Perbedaannya terletak pada dukungan. Rilis official didukung tim Cyannogen, sedangkan unofficial dibuat dari pihak ketiga (Developers) perorangan agar bisa digunakan. Hingga saat ini tim CyanogenMod sudah merilis sampai ke versi 10.1 yang berbasis Android Jelly Bean 4.2.

Keuntungannya menggunakan custom ROM ini, perangkat akan terasa cepat (jika dibandingkan dengan Stock ROM). Cyanogen juga termasuk custom ROM yang aman (tidak terinfeksi malware) serta tidak terdapat aplikasi yang menganggu dan tidak dibutuhkan biasa disebut Bloatware.
Unduh CyanogenMod
Unduh Google Aplikasi (gapps)

MIUI ROM

MIUI
MIUI memiliki keunggulan di banyaknya tema yang bisa diunduh. Pertama kali meng-install custom ROM ini pasti anda melihat tampilannya mirip iOS. Custom ROM ini buatan China yang sekarang diambil alih perusahaan Xiaomi. Dengan modifikasi dan banyaknya tema di MIUI Anda dengan mudah mengganti tampilan yang menarik. Tema MIUI bisa diunduh langsung dari server mereka.

Meski sudah dimiliki Xiaomi, dukungan terhadap perangkat Android juga termasuk banyak. Ditambahkan adanya dukungan dari komunitas MIUI dari 17 negara selain China. Dukungan tersebut agar ketersediaan bahasa pada custom ROM ini. Sehingga banyak team Developer untuk membantu menerjemahkan custom ROM ini.

Bahkan Xiaomi sudah merilis sebuah smartphone Android dengan dukungan update dari developers pihak ketiga secara langsung. Beberapa smartphone Xiaomi dengan MIUI ROM terdapat pada Xiaomi Mi-One dan baru-baru kemarin pada akhir tahun 2012 merilis Xiaomi Mi-Two dengan spesifikasi procesor Quad-core Snapdragon S4 1.5 Ghz.
Unduh MIUI ROM

AOKP (Android Open Kang Project)

AOKP
Custom ROM ini mirip seperti CyanogenMod jika dilihat sisi tampilan. Perbeadannya terletak pada adanya penambahan beberapa fitur dan tweak di pengaturan perangkat. Dukungan perangkat Android pada AOKP memang lebih sedikit dibandingkan CyanogenMod. Tetapi dengan beberapa tambahan yang tidak ada di CyanogenMod, rasanya tidak ada salahnya untuk dicoba.

Total sudah ada 22 perangkat dan terus bertambah yang didukung Kuda uniform ini, terakhir ditambahkan dukungan tujuh perangkat baru. Sama seperti Cyanogen, AOKP memiliki sifat Open Source Software. Jika di CyanogenMod terdapat versi nightly (update ROM setiap hari), stable, release candidate (RC) dan M snapshot, maka di AOKP hanya terdapat dua versi yaitu builds dan milestone.  Versi milestone merupakan versi stabil yang sudah bisa digunakan dan lebih sedikit bug dibandingkan versi Builds di AOKP.
Unduh AOKP ROM

Paranoid Android

Expanded-Desktop-Mode-paranoid-Android
Custom ROM ini memiliki kelebihan di mode tampilannya. Anda bisa mengganti menjadi tablet mode meski anda menggunakan smartphone. Hybrid mode dan Hybrid properties kedua fitur unggulan ini yang manjadikan custom ROM ini begitu cepat dikenal. Pada Hybrid properties anda bisa mengkustomisasi tampilan tablet/smartphone aplikasi satu persatu. Hal ini berlaku semua aplikasi baik yang di-install maupun sistem aplikasi. Contohnya jika menggunakan Chrome di smartphone maka New Tab akan muncul di jendela baru, jika menyetel menjadi tampilan tablet maka New Tab akan terdapat disamping tab yang lama. Selain itu rilis stabil custom ROM ini lebih cepat dari custom ROM lainnya.

Perangkat yang didukung Paranoid Android masih tergolong sedikit dibandingkan custom ROM lainnya seperti MIUI, AOKP dan CyanogenMod. Kabar baiknya, tim Paranoid Andoid baru saja merilis source code mereka. Dengan begitu para Developer bisa menggunakan kode distribusi tersebut untuk dukungan ke perangkat yang di mau.
Unduh Paranoid Android

Tentunya masih banyak custom ROM Android lainnya yang tidak bisa disebutkan di dalam artikel ini. Semua bisa di temukan di forum-forum seperti XDA Developers, Root Wiki, Modaco dan lainnya. Selamat menemukan pasangan yang cocok (baca: Custom ROM) untuk perangkat Anda. :D

Sebelumnya Part 2

Artikel ini diambil dari oprek-android.com

Advertisements

29 thoughts on “Dasar-Dasar Ngoprek Android part 3

      • Sumbernya ga terlalu keliatan tuh. Setidaknya jelas nulisnya…
        Sumber: oprek-android.com
        Kasian kalau begini sama penulisnya, dia nulisnya kan capek.

      • lah itu malah enak, ada backlink nya…
        daripada cuma oprek-android.com kan artikelnya banyak, tinggal klik di tulisan sumber/source, maka kita bisa langsung ke artikel yang kita copas…

        mohon pelajari dulu ilmu blogging, karena di perkuliahan saya dulu, blogging begini itu dibenarkan dan tidak bisa dipermasalahkan…

        terima kasih atas sarannya 🙂

  1. dadi

    sukses bwt master rendy….kira2 klokita pake custom ROM, garansi dri pbrik klo suatu saat da mslh msh brlku ga? trim ‘$….

  2. dadi

    maaf master msh nanya2 nih….
    1.utk max.u sya kan msh Ics, enaknya sya modif Rom dlu apa upgrade JB pake rom bwaan.msh agk bngung ni Boss, mklum bnr2 blm prnah ngoprek..
    Trim’$….

  3. dadi

    oooo…gitu ya master …pake ics kdg2 restart sndri + btre cpt pnas klo lg browsing/ main game.mnrut master vrsi jb mna yg paling ok(1.1e, 1.1c, ato 2.0a).trim’$ master

  4. dadi

    oooo…tu upgrade dri ics ke jb v 1.1c bisa tnpa Pc kn master?trus klo kita root sma ja dgn modif ROM jd CWM ga mster? mf byk nanya pngen tau&msh mentah…

  5. Husen Munazar

    Permisi gan ane mw nanya, ane baru root andromax u, trus ane hpus apk2 system yg g dpake, sekarang youtube nya mlah g bsa jlan, “ufortunately youtube has stopped”, gmn ya solusinya?
    trus ane mw nanya lg nih, klo hard reset, apk2 system yg udh dhapus bkalan balik lg k smula g?
    Trus klo ROM nya udah d custom, apa msih bisa update OS?
    Terima kasih !

  6. phipeace

    Sensor Accelerometer ku error, waktu aku test bola selalu ada di pojok kiri bawah terus padahal sudah aku bolak balik, ada solusinya gak? Mohon bantuannya

    • tri

      Gan rendy udh ad solusi g,,, masalah accelerometer yg error krna pas d tes pke apk mlh bola’n turun k pojok bagian bawah kanan Gan,,
      Mohon bantuan Gan rendy, jd g bisa main game mobil,,

  7. nurhuda

    gan rendy mw.nanya klo rom cynogenmod bisa di aplikasikan ke andromax u le ga gan??

    makasi gan…

  8. adipati

    sipp info ny …sobt♥
    mau nanya mas
    klu mau ganti custom rom
    dgn size cuma 7.58mb
    apakah bisa di guna pakai???
    soalny udah download 2 jenis custom rom
    (1) ukuran sizefile 357 an mb
    (2) cuma size file7.58mb
    mohon pencerahan ny mas
    dan sblum ny trim kasih bnget bt mas …

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s