Tutorial Atasi Smartfren Andromax U yang Sering Restart

Standard

Hh kita ini termasuk kompor gas, hahaha.. panas yg dihasilkan kadang suka berlebihan, untungnya ada mekanisme otomatis dari OS untuk proteksi yaitu restart!

HH akan melakukan restart secara otomatis bila panas sudah tidak bisa ditoleransi oleh system. Artinya ini semacam proteksi perlindungan yg membuat hh kita awet.
Berikut tip untuk mengatasi panas.

1. Gunakan SD-CARD kelas tinggi (Class 10), bahkan kalau bisa yg UHS.
Kelas rendah hanya akan membuat proses baca tulis jadi lambat akhirnya menggunakan arus listrik lebih banyak, yang berakibat pada panas yg ditimbulkan karena penggunaan listrik berlebihan tadi.

2. Buat yg menggunakan V-Gen coba mengganjal dengan kertas sd-cardnya.
Karena sd-card merk VGen ini tipis, sehingga tekanan ke plat jadi kurang kuat, solusi ganjal saja dengan kertas timah/bungkus rokok dalamnya, sampai dirasa cukup ketat. Tekanan yg kurang kuat mempengaruhi arus listrik dan data terhantar, sehingga terjadi fluke ketika posisi sedang tidak menempel dengan baik, walhasil penghasil panas dan kerusakan sd-card bermula dari sini. Juga kalau yg belum beli sebaiknya jangan pakai merk V-Gen kelas rendah kecuali Class 10.

3. Signal Lemah
Kelemahan utama CDMA adalah sistem bts yg berbeda dengan GSM, juga kerapatan yg tidak serapat GSM. Masalah waktu saja. CDMA merupakan pendatang baru, sehingga BTS belum terpenetrasi sebanyak GSM. Ketika sinyal jelek, apalagi ketika penggunaan EVDO yang menggunakan multi kanal buat mendukung data kecepatan tinggi, otomatis hh akan menaikkan terus daya penerimaan, agar koneksi dapat terjaga dengan baik. Bicara daya/arus, berarti bicara penghasil panas. Solusi pindahkan ke mode 1x saja.

4. Bila sudah root, pasang tweak yg ada di sini.
Untuk kestabilan system, optimasi dan membuat dziing dziing. Ikuti tutorial tweak/maximizing yang ada di sini. Ini akan membuat hh anda lebih dingin dan speedy. Karena system akan jauh lebih efisien, sehingga penggunaan arus menjadi minimal. Thus akan meminimalkan resiko restart.

5. Jangan main gim sambil charge.
Gim saja, sudah menghasilkan panas berlebih. Karena menggunakan utilitas cpu secara maksimal agar gim bisa berjalan mulus. Ditambah charge lagi sama saja seperti siram kompor dengan minyak, hahaha.. cara kerja charging adalah ‘membakar’ sel di battery agar kembali ‘restore’. Jadi membuat 2x panas sungguh suatu kebodohan, hahaha.. perlu diperhatikan juga ini hh bukan game device macam psp atau nintendo. Gunakanlah secara wajar sesuai kapasitas batere kita agar hidup jauh lebih indah.

Intinya, mengerti dulu apa penyebab panas, dan minimalkan. Dijamin tidak akan lagi ada restart.

Enjoy our precious HH.. πŸ™‚

credit to Pnormal Indo

 

73 thoughts on “Tutorial Atasi Smartfren Andromax U yang Sering Restart

  1. eka juli mahendra

    punya saya sering sekali malah restart sudah beberapa kali update firmware tetep aja kayak gitu… solusinya gimana?

  2. trinovianto

    gan ane pake os JB 1.1e gak bisa ke recovery terus restart mulu 😦 pusing gaaaannn bantu do dong gan plis

  3. young_gai

    Andromax u saya gan, kalo udah pake 5 menit, udah panas sekali. Terus restart terus, tiap dihidupin restart terus. Gimana memperbaikinya gan.? Mohon petunjuk

  4. lalu ferdian

    Gan saya udah pakai max u sekitar satu bulan tapi cuman Fb atau brosing biasa aja hh saya restart gan, apakah dengan root dan dan install tweak yg agan maksud bisa mengatasi masalah ini? soalna saya blm brani root takut gransi ilang gan. tapi kalo itu bisa mengatasi akan saya root gan, bahkan tanpa sdcard pun terkadang hh restart gan, mohon infonya gan, terimakasih….

    • untuk masalah restart itu pastikan sudah di upgrade ke Jelly Bean gan… saya sarankan ke 1.1c, karena menurut saya itu paling stabil…

      setelah itu, root aja (gak usah takut garansi ilang, kalau mau klaim garansi tinggal di unroot, gitu aja koq repot :p)

      setelah di root, instal BatteryGuru dan Greenify, jadi selain jarang restart, baterai pun lebih awet…

  5. djuwarso

    apakah JIKA sy ganti SD CARD ke Class 10 maka TERJAMIN Andromax sy NGGAK Restart lagi…knapa utk Amdromax i…tidak terjadi RESTART yaaa….bagaimana dgn versi Andromax U Limited Edition…apakah jg akan RESTART jg yaa..mogon pencerahannya Pak

  6. Ray

    HH saya restart kalo maen game doank…maen 30 mnt lgsung restart..kalo browsing dkk gk pernah…gmna tuh ya?? 😦

  7. chris

    Sya ikutin cara yg cusrom ke acrodex v3…pertama2 saya cba maen sejam gpp…trs saya cas dan maen lgi bru 12 mntan restart…uda pake smua tweak jga….gmna ya gan?apa batere bsa jadi masalahnya?

  8. Jeys

    Msalah sama…restart kalo maen game doank….Uda jadi cusrom acrodex V3 jga……tpi kdg2 doank…bsa kdg2 lama kd2 restart….Sdcard Vgen si blom cba yg laen…Apa benar kalo gnti sdcard bsa pengaruh bgt???

  9. ivann

    gan ane mw tanya neh,, sdcard sandisk class 10 nya yg kecepatan brp ya gan recommended ?? klo pke yg ultra biasa cukup ga ??

    lnjut ke mslh HH ane. pnya ane dh ane upgrade ke JB 1.1e. sdcard merk abal2 dan belum pasang tweek. klo utk sdcard dan tweek ane siap ganti. tp klo mslh JB1.1e apakah perlu di downgrade ke 1.1c ??

    maap nubie banyak tanya gan,.heheheee

  10. topcer

    Gan , ane sebagai salah satu user andro u ngucapin makasih banyak ya . Ente ngebantu banget bikin fix andro u ane (y)

  11. chris

    Sori ni nanya lgi..mo nanya aj cara set cpu clock turun gmna? Ane uda pake setcpu tpi abis kluar app ma reboot balik lgi ke awal..mau turunin ke 1008 tpi balik trs ke 1152…gmna ya?

  12. ipong waelah

    gimana ngatasi kontak yg slalu numpuk numpuk di max u gan?pake contact remover kurang sip gan…suwun

  13. benz

    andromax u punya saya restart sih nggak, cman klo ada sms masuk suka terus_terusan n ga brhenti2 sampai 24jam, bahkan sampe 70pesan yg sama itu-itu mulu..
    kenapa yahhhh ??

  14. yeny

    Gan. Mo nanya. Sy g ngerti mslh IT.. tlg trgin donk maksudnya custom rom acrodex v3 tu apa n gmn caranya.. sama punya link tutorial root andromax u gag ya?.. tq.. hh ane marmos tngkt dewa gan,, juraga restart.. hikz… help gan yaaa…

  15. ferdynamic

    gan,andromax U2 ane ga’ bsa kebuka gra2 di coba2 buka polan sma murid brkali-kali tnpa spengetahuan ane.dah coba buka lwt akun gmail dan paswords yg benar brkali-kali msh ga’ bsa juga,gmn caranya ya? please,ane dah bingung nih.rumah ane jauh dri counter resmina,mungkin ente bisa nolong.thank.

  16. ferdynamic

    ga’ bisa juga,barusan sharian bis dri counter resmina yg di cibubur mpe yg di depok pi mreka bilang ga’ bisa.krna ktna andromax U2 itu tdk bsa di restart lngsung lwt hp sprti pd hp2 smartphone pd umumna,itu rus pake software khusus katana.dan mreka lom punya downloadana.saya di suruh balik lagi hari kamis,krna mreka perlu waktu tuk mengambil sofrwarena ke pusat.huuuft…counter resmi aja ga’ bisa ngatasin,harusna kan mreka dah mempersiapkan solusi dri tiap2 prmasalahan software yg ada pd produk2 mreka.krna mreka counter resmi,dan saya blina juga di counter resmina.masa rus nunggu mpe hri kamis? dah abis ongkos banyak,pi ga’ da’ hasil.hadooooh….

  17. agus

    Bos mau tanya saya punya andromax u tp tahu saya sudah JB apa blm dari mana bos??trus JB versi berapanya juga dr mana ya??thx

    • oke begini bro Agus…
      pertama masuk settings / setelan / pengaturan
      terus slide ke bawah sendiri…
      nanti ada tulisan about phone / tentang telepon
      disitu nanti ada Versi Android / Android Version…
      di tekan beberapa kali, nanti akan muncul animasi…

  18. Raharji

    gan ane mw nanya nih gan,
    hh ane msih restart mulu nih gan, ane dah pke beberapa rom trmasuk rom yg ada di blog ini gan…. dan aneh nya lagi hh ane klo di cas malah gak pernah ngerestar walaupun hh ane panas bgt..
    tuh solusinya gmn gan?????

      • Raharji

        acr v2, acr v3, acr v5 cma bisa meminimalisir doank gan, sedangkan klo maxperiaz, sgs4, baidu os dan acr v6 itu cma kadang restar(klo udh restar skali, restar terus gan) kadng jg nggk (sekalinya nggk , kesononya jga nggk)
        iitu gan yg ane udh coba, yg blom di coba lewa os,acr v6, sma salthy fish gan, dan terus solusinya apaan tuh gan????
        oh ya gan maaf bru td pertma kali hh ane di cas ngerestar gan…

  19. Raharji

    udah gan, udah ane coba…
    tapi katat tmn ane, suruh pke lewa os gan (doi pke max u jga)
    kira-kira lewa os bagus gak gan???

  20. Jaka Saputra

    Waaahhh… makasih byk bwt tips nya gan… asal nya hp ane restart muluuuu ampe panas ke otak, tapi abis ngikutin tips agan, Alhamdulillah udh gak ada istilah restart. Gak perlu custom rom, ane cukup ganjel micro sd pake alumunium bungkus rokok. Hehehehehehe…. makasih banyak gan bwt tips nya….

  21. junadjah

    andromax i saya klo habis cash full ngerestart sendiri mulu ni gan nyalain ngeresrtart gy nyalain ngerestart gy gmn solusi nya ya gan mofon info

  22. rizal

    mas aku punya max u1
    sering restart klo maen game gak pake memory card sampai 3jam gak restart terus tak lanjutin y restatr
    klo buat internet 1jam langsung restatr terus gak mau hidup dan klo hidup layarnya gak respon klo dah begitu tak cabut batrenya
    g mana y solusinya

  23. gan, max u dc ane udh bnyak bnyak gonta ganti room , tapi restarnya gk ilang2 gan, ane udh pke acr2,3,5,6 rom mxzv, rom kitkat v1,v2 , udh coba pkai tweak yg ada di blog ini juga gan ,tp msh sring restart gan, gmna lgi solusinya gan..?

Leave a Reply

