Mengatasi Sinyal Roaming di Smartfren Andromax U

Standard

Buat pengguna MaxU yang mengalami kasus mendadak Roaming; itu adalah karena HH gagal menentukan ‘Subscription Type‘ buat CDMA’nya. Kalau dipelajari, ada 2 macam ‘Subscription Type‘ di MaxU yaitu: ‘NV‘ dan ‘RUIM/SIM‘.

Syarat:

  1. HH dalam kondisi Roaming.
  2. ROM ICS/Jelly Bean ROOTED!

Langkah-langkah perbaikan:

  1. Dalam kondisi HH On/Hidup; buka/Jalankan File Explorer yang memiliki akses ROOT (Pakai: ES File Explorer, Root Browser, dsb)
  2. Masuk ke direktori: /system
  3. Buka file: build.prop dan edit sebagai Text
  4. Cari properti: ril.subscription.types=NV,RUIM
  5. Ubah menjadi: ril.subscription.types=RUIM
  6. Restart HH, atau matikan HH kemudian lepas baterai, diamkan selama 5 detik dan pasang kembali baterai
  7. Nyalakan HH, dan lihat perubahan yang terjadi: Roaming Fixed!

NB: Kalau setelah diedit file build.prop‘nya tapi belum mau juga, coba edit file build.prop dan ubah propertinya menjadi seperti berikut ini:
# ril.subscription.types=NV,RUIM
[Kasih tanda pagar (#) di depan properti tersebut]

Yang berhasil dan yang tidak berhasil silahkan melapor, karena HH Saya kebetulan n juga tidak mengalami roaming; jadi laporan dari saudara-saudara sangat Saya perlukan di sini 🙂

Credits:
– MOVZX @ XDA

source

bagi yang belum berhasil pakai cara ini, bisa dilanjut dengan menggunakan cara ini.

24 thoughts on “Mengatasi Sinyal Roaming di Smartfren Andromax U

  1. mang dadang

    sy pakai max u dan udah update jelly bean 1.1e sampai sekarang lancar aja. cuman ni HH gak bisa di off. klo di off dia hidup lagi. pernah sy coba cdma di non aktif, eh… malah jadi roaming. sya coba restart ternyata balik lg ke semula. HH sy gak bisa di off, apa ini termasuk bug juga?
    trims atas infonya.

  2. Gan, mau nanya nih. bagaimana cara mengembalikan sinyal pada Andromax u. kemaren CDMAnya saya ganti jadi GSM buat internetan, sekarang sinyal CDMAnya jadi tidak ada. Terimakasih

  3. very

    Wduh sma bro tuh….pnya q malah gsm nya g aktif…..
    Tlong informasi nya bwt aktifin gsmn nya lg

  4. deni

    masalah sinyal gsmnya gk aktig pake LTE ON OFF… masih tetep gak bisa gan.. solusinya gimana ya

    makasih

  5. hi tanya donk, kalau hp saya bukan android tapi samsung SCH-E189 gimana cara menghilangkan tanda roaming (R) ini ya..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s