Tablet Dapat Menggantikan PC

Standard

Kini pasar gadget di masyarakat cenderung meningkat dibanding dengan tahun -tahun sebelumnya. Tidak hanya smartphone, tablet kini juga mulai digemari oleh masyarakat. Namun sebagian besar memiliki tablet hanya untuk pemenuhan lifestyle


Sebenarnya fungsi tablet khususnya Android dapat digunakan sebagai pengganti PC (personal computer) seperti browsing, mengetik, main game, namun sayangnya masih sedikit orang yang menyadari fitur fitur tersebut dan hanya menjadikan Android Tablet sebagai media untuk bermain anak-anak, lifestyle ataupun sekedar browsing.

Lalu fitur -fitur apa saja yang sebenarnya ada pada Android yang dapat menggantikan tugas PC?

  1. Browsing
    Kebanyakan orang ketika browsing di internet selalu menggunakan browser bawaan dari Android. Namun sebenarnya di Android terdapat berbagai macam browser seperti halnya komputer biasa. Ada beberapa browser seperti Google Chrome yang bisa melakukan sinkronisasi bookmark yang ada di desktop, Mozilla Firefox , Opera Mobile dan Opera Mini, Dolphin, dan Maxthon. Namun safari masih belum tersedia di Android.

  2. Office
    Kebanyakan orang tidak menyadari bahwa Android Tablet tidak bisa digunakan atau tidak mempunyai fitur office untuk mengetik, presentasi bahkan untuk pehitungan excel sekalipun. Ada beberapa aplikasi android yang sengaja dibuat oleh para pengembang untuk menggantikan fungsi sama seperti microsoft office atau libre office namun tanpa adanya aplikasi untuk database designer seperti Microsoft Access. Contoh dari aplikasi tersebut adalah QuickOffice, Documents to Go, ThinkFree Office, Office Suite Pro. Namun beberapa dari versi office tersebut berbayar. Ada juga versi gratis namun hanya bisa melihat dan tidak bisa membuat atau mengubah isi dokumen.
    Ada juga Adobe Reader yang fungsinya membaca file PDF sama seperti di PC


  3. Design Grafis
    Dengan teknologi pada tablet yang diciptakan memiliki processor lebih dari 1 Ghz dan memory lebih dari 512MB, sangat memungkinkan bagi para pengembang aplikasi untuk membuat aplikasi image editor ataupun untuk keperluan design grafis. Pada Android juga tersedia aplikasi image editor seperti Adobe Photoshop Touch yang diperuntukkan untuk Tablet, Instagram dan masi banyak aplikasi sejenis yang biasa digunakan untuk mengedit gambar.
    *adobe photoshop yang memiliki fungsi yang sama dengan yang di PC

     
  4. Games
    Banyak para pengembang games di PC mulai merambah untuk membuat game di Android. Salah satu contohnya adalah EA yang merelease beberapa game PC seperti Need for Speed Shift, Need for Speed Undercover, Deadspace dan beberapa game lainnya yang dapat dimainkan di Tablet. Tidak hanya itu, di playstore kita bisa menemukan banyak sekali pilihan game yang disediakan oleh para pengembang baik yang gratis maupun berbayar.
    *salah satu contoh beberapa game PC versi EA yang kemudian ada di Android

    *salah satu game RPG berjudul Heroes Call yang dapat di download gratis dan menyerupai game Diablo pada PC
  5. Development
    Android OS tidak bisa membuat aplikasi Android? Keliahatannya tidak. Ada beberapa aplikasi yang diperuntukkan untuk melakukan pengembangan aplikasi Android dalam tablet. Salah satu contohnya adalah AIDE. AIDE ini diperuntukkan bagi pengembang aplikasi Android yang menggunakan device berbasis Android. Pada aplikasi ini kita bisa membuat aplikasi android layaknya ketika kita melakukan koding pada eclipse.
    *sumber gambar : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aide.ui&feature=search_result#?t=W251bGwsMSwxLDEsImNvbS5haWRlLnVpIl0.

  6. Remote
    Bagi para administrator jaringan atau server, pasti terbiasa dengan remote-meremote PC atau server. Di android juga terdapat aplikasi yang dapat melakukan remote salah satunya adalah Jump, yang dapat meremote Windows ataupun secara VNC. Ada juga TeamViewer untuk android, yang sama fungsinya sebagai remote PC. Namun sayangnya masih belum ada cara untuk melakukan remote pada device Android.
    *salah satu contoh penggunaan aplikasi Jump untuk meremote computer secara VNC atau RDP

  7. Multimedia
    Banyak kalangan meragukan untuk menggunakan Android sebagai media untuk urusan multimedia khususnya menonton Video atau movie. Namun dengan teknologi device yang ada sekarang, hal tersebut sangat dimungkinkan. Dengan adanya dukungan codec dan aplikasi yang ada seperti VLC dan port HDMI, dapat membantu pengguna dalam menonton video atau movie pada Android.
     
  8. Storage
    Storage yang dimaksud di sini adalah online storage seperti Google Drive dan Dropbox. Selain ada di PC, kedua online storage tersebut juga ada di Android dengan fungsi yang sama.
     
  9. Social Networking
    Fitur social networking di android ataupun gadget lain tentunya sudah bukan barang baru lagi. Termasuk Android, kita dapat menggunakan Yahoo Messenger, Whatsapp, Facebook, Twitter, Skype bahkan untuk melakukan video calling di beberapa aplikasi social media tersebut, namun bergantung pada spesifikasi dari tablet yang anda miliki, apakah memiliki kamera depan atau tidak.
    sumber gambar : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.skype.raider&feature=search_result

  10. Hardware Support
    Jika kita membeli sebuah tablet, maka kita akan diberi secara langsung kabel OTG (On the Go) untuk menerima inputan USB. Dan ternyata tablet yang memiliki OTG dapat menerima inputan keyboard, mouse, harddisk external atau flashdisk dan bahkan ethernet.

Semoga cerita saya kali ini bermanfaat :D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s