Apa yang Harus Kita Lakukan setelah Rooting Android?

Bingung? habis ngurut eh nge root mau ngapain lagi ya? Hayo ngaku, hahaha.. wajar koq… soalnya saya dulu juga pernah merasakan hal yang sama, hahaha…

Artikel ini saya buat atas usulan dari gan iboy, salah satu pengunjung blog saya ini, terima kasih sarannya gan… :D

Untuk Install meng-install aplikasi sih sebenarnya sifatnya personal ya, artinya suka suka kalian aja, mau install aplikasi apa aja yang bermanfaat untuk keperluan sehari hari. Tapi disini saya cuma mau nyaranin aja kok aplikasi yang Wajib ada setelah HH kalian ter-Root, dan pastinya yang sudah pernah saya pake. kita saling share aja ya gan, gak ada paksaan koq :D

Instal Aplikasi-aplikasi yang membutuhkan hak akses root :
1. Root Explorer, fungsinya udah pada tau ya :p

2. BatteryGuru, biar baterai lebih irit

3. Greenify, biar baterai irit dan performa yahud

4. All-in-One Toolbox, fungsinya hampir sama kayak di PC yaitu msconfig, bisa hapus aplikasi yang jalan ketika booting… selain itu bisa juga untuk uninstal aplikasi, hapus cache, hapus memory card, dll… pokoknya lengkap banget..

5. Titanium Backup, penting banget nih, buat backup & restore aplikasi2, apalagi yang demen banget gonta-ganti ROM (kayak saya :D)

6. Lucky Patcher, buat menghapus lisensi dari aplikasi berbayar (sekali-kali gak apa2, bajak aplikasi, hehehe)

7. Adfree / Adaway, kalian pasti sering jengkel kan, dengan iklan-iklan yang bertebaran, nah, hapus aja pake ini, wkwkwk…

8. GPS Faster, nah ini dia, aplikasi untuk mempercepat kinerja GPS kita saat nge-lock lokasi kita.

9. SetCPU, aplikasi ini untuk over/underclock prosesor kita… tapi hati-hati ya, bahaya kalo coba2, resiko tanggung sendiri ya, negara gak mau nanggung :D

10. ROM Toolbox Pro, buat yang suka modding dan theming, pas banget nih,aplikasi ini buat gonta-ganti bootanimation, icon2, dll

11. iFont, buat kalian yang suka gonta-ganti font, aplikasi ini cocok banget buat kalian… cuma hati2 ya saudara2 sekalian, salah font bisa bootloop :D

12. ChainFire3D, buat kalian para gamers, biar performa lebih gahar, instal aja CF3D ini. PERHATIAN!!! ini khusus Ice Cream Sandwich ya saudara2… bila kalian pakai OS Jelly Bean, jangan diinstal… PASTI BOOTLOOP… WASPADALAH… WASPADALAH… :D

13. GameCih, aplikasi berguna banget buat para gamers… fungsinya untuk nge-cheat, hahaha… tidak semua game bisa ya… jadi kalo gak bisa ya gak usah kecewa… :D

Oke… setelah aplikasi-aplikasi terinstal, saatnya optimalisasi ROM kita, caranya :

1. Hapus Bloatware, bloatware adalah aplikasi bawaan yang jarang kita pakai, yang menuh2in drawer kita aja… misalnya Camera (saya biasanya hapus camera, karena biasa pakai Snap Camera), browser, dll yang tidak terpakai…
Bloatware ini biasanya berada di system/app, buka pakai RootExplorer ya…
HATI-HATI… salah hapus bisa2 bootloop… :D

2. Optimalkan baterai, pakai BatteryGuru dan Greenify
Hibernate aja aplikasi2 yang kira2 jarang digunakan dan tidak mempunyai notifikasi… misalnya game, browser, camera, dll. Jangan Greenify aplikasi yang membutuhkan notifikasi, contoh Whatsapp, WeChat, dan aplikasi sosial media lainnya, karena akan membuat notifikasi tidak keluar…

3. Backup ROM kamu, backup semua pakai TitaniumBackup… just in case aja, hehehe…

4. Modding & Theming, misalnya ganti bootanimation, ganti build.prop, ganti warna icon sinyal, ubek2 systemUI, framework-res dan lain2… dibutuhkan kemampuan khusus, jangan nekad ya, karena syaratnya harus DEODEX, kalau masih odex gak bisa… dan yang paling penting adalah tidak takut bootloop, karena gak bootloop, gak belajar, hahaha… setelah tau akibatnya bootloop, semoga nanti kalo bootloop jangan merengek2, karena resiko tanggung sendiri ya… hehehe…

5. Kalau itu semua dirasa kurang, silakan GANTI CUSTOM ROM… biasanya cara ini cukup mantap, karena biasanya custom ROM sudah disertai tweak2 yang membuat performa HH kita lebih maksimal dan user interface atau tampilan HH kita juga menarik…

Okelah, sekian dulu sharing saya tentang apa saja yang bisa kita lakukan setelah rooting HH kita… kalau ada yang kurang, bisa kita diskusikan di komen ya, saya tunggu masukan2 dari teman2 sekalian, misalnya ada yang kurang dari tips2 dari saya ini… thanks…

About these ads

110 thoughts on “Apa yang Harus Kita Lakukan setelah Rooting Android?

  1. Gan Rendy bisa tolong buatin Rom Miui untuk andromax u2,makasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s