Clue Menghilangkan mode roaming (R) di Andromax U

Banyak sekali para pengguna Andromax U yang mengeluh sinyal CDMA-nya error atau muncul tanda R (roaming), setelah upgrade ke Jelly Bean. Sebernarnya saya sudah membuat tutorial tentang R ini sebelumnya di sini, tetapi masih banyak juga yang belum berhasil. Semoga dengan cara ini, dapat membantu teman2 semua yang sedang membutuhkan bantuan, terutama dalam masalah roaming ini.

Pada dasarnya, mode R setelah update OS karena setting firmware Radio berubah dari RUIM ke NV (Inject) yang harus dilakukan sebenarnya simple, mengembalikan mode NV ke RUIM, yang jadi permasalahan adalah Diagnose Mode di Max U dilock.

1. Unlock Diagnose Mode
Jadi langkah pertama adalah melakukan unlock Diagnose mode, yang paling gampang adalah menggunakan setting.apk punya Innos i6c. Atau bisa juga didowngrade ke ICS, kemudian diinstall ROM XPeriaUrban, itu diagnose modenya unlock. Untuk Jellybean saya belum sempat buat custom romnya. Download ROM-nya http://d-h.st/Ta7, caranya sama aja, dari stock rom ICS, dipasang CWM, trus diinstall rom ini …
2. DFS

Jalankan DFS, dan hubungkan dengan perangkat yang mengalami gangguan, saya sarankan menggunakan Windows 32bit, jika menggunakan Windows 64bit silahkan matikan certificate checking.

Setelah terhubung, masuk menu programming, di bagian config akan keliatan ruim config, Tekan tombol read untuk melihat pengaturan yang aktif, ubah dari NV_Only menjadi RUIM Only, kemudian write.

Setelah itu reboot HH anda.

Catatan:

Trik ini bisa dipakai buat inject Max U untuk operator lain, bisa juga dipakai uji coba unlock WCDMAnya, untuk unlock operator via RUIM, masih harus dicari cara tambahannya, untuk unlock WCDMA kayanya masih perlu oprek kernelnya.

maaf saya ndak bisa kasih tutorial detail karena lagi karena Max U saya normal2 saja, dan tidak roaming. saya udah coba metode ini di 2 unit Max U dan sukses…

NB : baca dengan teliti, apabila kurang tau cara menggunakan DFS bisa googling, saya belum sempat membuatkan tutorialnya…

DWYOR (resiko tanggung penumpang) dapat menyebabkan bootloop, brick dan HH tidak bekerja dengan sempurna… baca dengan teliti sebelum praktek

 

Source

OurceWikipedia: The Ource is a long river in northeastern France, right tributary of the river Seine. OurceWikipedia: The Ource is a long river in northeastern France, right tributary of the river Seine.

37 thoughts on “Clue Menghilangkan mode roaming (R) di Andromax U

  1. Pingback: Mengatasi Sinyal Roaming di Smartfren Andromax U | Catatan Rendy

  2. Gan bikin rom yg bru Donk bwt c max-u:-)

  3. Gan ditunggu banget unlock WCDMA/3GGSM nya. sy dah punya DFS, sy pikir klo unlock utk CDMA bs kynya tapi GSmM belum nemu menunya.

  4. oke gan, ane berhasil ngilangin roamingnya, tapi gak pake custom rom sony.. hh ane ics(rooted).. setelah 3 hari mikirin hh ane.. wuuaaahhh leegaaa….

  5. prmisi gan, sy dah install xperia urbannya, cuma masih blom hilang sinyal roamingnya..cara mengkoneksikan max u dengan dfs gmn y..soalnya saya coba kok gk konek”…saya pke dfs 4.6.4.1,,mohon pencerahan agan rendy..

    • Jalankan DFS 4.6.4.1.exe dan ikuti petunjuk selanjutnya untuk menginstall

      2.Pada HH maxu,dari halaman awal, klik tombol paling kiri (Menu) –> pilih system settings –> scroll ke bawah sampai pilihan Developer options

      Centang USB debugging,akan ada konfirmasi:

      klik OK

      3.Hubungkan maxu ke komputer/laptop/netbook dll dengan kabel data dan cek tab notification

      Klik USB connection dan pilih Data Connection

      4. Pada komputer akan muncul kotak dialog : (Kalo belum install UI nya,kalo udah install gak akan muncul, kalau UI nya gak keluar meskipun belum di install berarti usbnya gak dikenal sama windows, instal dulu USB drivernya)

      Pilih Yes

      Ikuti langkah langkah selanjutnya untuk menginstall

      Setelah selesai diinstall langsung tutup atau minimize aplikasinya

      (HARUS diinstall, alasan dibawah↓)

      Install .net FW 4 untuk DFS versi berapa pun karena ane sendiri belum coba yang 4.6.4.1 alias tidak terkonfirmasi

      5.Jalankan DFS yang sudah diinstall tadi (akan ada countdown,cukup tunggu sampai selesai dan akan muncul 2 kotak ini

      Kotak DFS Log diamkan saja, yang dipakai disini adalah DFS CDMA Tool

      Klik Ports dan pilih Hisense Diagnostic Interface (COMxx):

      Setelah itu,tutup DFS Port Manager dan klik SPC yang ada di bawah Ports

      Akan muncul tulisan Device Unlocked di DFS Log

      Klik Pada Tab Programming kemudian NAM

      Klik Read (yang di tengah!)

      Tunggu sampai selesai dulu baru lanjut

      Atur Preferred setting sebagai berikut:

      Pref mode : CDMA_HDR

      Band pref : Automatic

      (settingan yang lain tidak perlu diubah)

      lalu klik write (yg di tengah juga, tunggu juga sampai selesai)

      Jangan Lupa cek kotak DFS Log, apabila ada tulisan FAILED di Log maka coba di klik ulang writenya (sampai ada tulisan SUCCESS.)

      Klik Reset di PKS (Pojok Kanan Atas)

      MaxU akan reboot dengan sendirinya.

      6.CDMA sudah aktif!

  6. Gan ane ko ga bsa balik ke ICS lg pas ganti ke custom rom sony?
    Mohon pencerahannya gan.

  7. ga bisa gan.
    stuck di logo aja.
    ane coba liat di settings>about phone, pilihan upgrade dri situ juga ilang.
    ya terpaksa ane ga pake hp ntu dl.
    klo ada yg bisa tolong share ya kawan.
    need bgt nih T.T

  8. gan sinyal evdo ku kok g bisa stabil ya ? bru beli maxu gan n uda pakai stock jb seumpama ane instal stock ics ,, kira2 sinyal bisa stabil g ya ?

    • kalo soal sinyal kurang tau gan… mungkin daerahnya juga yang kurang stabil, karena daerah saya sinyal Smartfren sangat kuat dan stabil… sudah dicoba di daerah lain gitu gan…

  9. iya gan maren ane baca di forum , jadi max u nya freekuensi di edit pakek dfs tu gmn gan ? 800hz sama 1900 tu gmn gan

  10. gan, CDMA ane nyala.
    ane rencana mau coba pake rom xperia urban, cuma itu linknya udah broken gan
    ane search di google sama aja, kagak nemu link lain selain dropbox yng udah broken.
    mungkin agan punya link download rom xperia urbannya gan?
    ane butuh banget. hehe
    makasih gan

  11. untuk tread ini apa gan rendy udah jadi buat rom yg bisa unlock 3G nya? buat andromax u.
    terima kasih

  12. gan..maxu jb ana mengalami hal yg sma mode roaming…apakah tutorial di atas bsa digunakan untk mengatasi nya??

  13. ko dfs ane dibagian spc g ada respon knpa ya gan…apa ada ad yg slh gan ???

  14. apa harus unlock diagnosa dlu soalnya ane langsung ke dfs gan.gmna cra nya unlonck diagnosa nya gan…thanx

  15. makasih gan…mode roaming di maxu ane dh ilang..tp skrang g bsa konek data interner gan….yg brmsalah apa ny gan??

Leave a Reply

