Pengertian Shared dan Dedicated Memory

Pada semua unit Komputer, Notebook maupun Laptop, memory memegang peranan yang sangat penting dalam hal performa, terutama saat menjalankan program-program yang berhubungan dengan grafis, baik itu video editing, desain grafis, ataupun permainan (Game). Menurut penggunaannya Memory di bagi menjadi 2 jenis yaitu Shared memory dan Dedicate memory:

1. Shared memory: Disebut begitu jika video memory disatukan penggunaannya dengan system memory (RAM). Jadi secara fisik hanya ada 1 modul memory yang dipakai bersama oleh video graphics array (VGA) dan sistem.
2. Dedicated memory: Sesuai namanya, Ada 1 modul memori yang hanya didedikasikan untuk penggunaan 1 instansi, misalnya VGA card. Ini berarti ada 2 modul memory dalam 1 laptop, modul 1 sebagai RAM sedangkan modul 2 sebagai VRAM (video RAM/video memory)

Lalu, manakah yang lebih bagus ? 
tentu saja, dapat dipastikan bahwa yang terbaik adalah tipe 2. Karena masing-masing proses dapat ditangani secara independen. Karena 2 proses berjalan pada waktu yang sama, maka bisa dibayangkan jika proses 2 perangkat itu (sistem dan VGA) digabung dalam 1 memory, maka akan terjadi kesibukan transfer data yang akan menurunkan kecepatan memory. Ujung-ujungnya, performance laptop terimbas.

Bagaimana caranya kita tau bahwa suatu unit pc menggunakan shared atau dedicated memory ? 
Jika hal ini di tanyakan pada kebanyakan penjual, biasanya mereka bingung atau memberi jawaban ragu-ragu. Namun anda bisa mengecek sendiri yaitu dengan cara hidupkan windowsnya dan masuk ke system properties (terserah mau gimana masuknya) Asumsikan bahwa RAM laptop sebesar 1GB. Disana akan ada info prosesor dan besar memori yang terpasang. Nah, jika besar memori hanya tampil disekitar 700an MB, berarti tipe memorinya adalah shared (256 MB di potong video memory), akan tetapi jika yang tampil 0.99 GB (dibulatkan jadi 1GB) berarti termasuk tipe dedicated memory.

 

Sumber

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s